Zaman Mesolitikum

Posted on

Zaman Mesolitikum – Zaman Prasejarah merupakan sebuah era di mana manusia sudah hidup jauh sebelum kehidupan modern seperti saat ini. Secara umum, zaman prasejarah dibagi menjadi 4 periode, dan salah satunya adalah zaman Mesolitikum.

Zaman Mesolitikum

Apa itu Zaman Mesolitikum? Apa saja peninggalan dari masa ini? Bagaiman kehidupan yang dialami oleh manusia pada masa ini? Untuk mengetahui hal tersebut lebih jelas, mari kita simak penjabarannya dibawah ini.

Apa itu Zaman Mesolitikum?

Mesolitikum merupakan salah satu periode prasejarah, yaitu dimana manusia masih menggunakan batu sebagai bahan dasar dari alat yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Dalam bahasa Yunani, Kata Mesolitikum terdiri dari dua kata, yaitu “mesos” yang artinya “tengah”, dan “lithos”, yang artinya “batu”. Mengapa begitu? Sebab, zaman ini berada diantara dua zaman batu lainnya, yaitu Paleolitikum dan juga Neolitikum.

Masa ini juga disebut sebagai Zaman Batu Tengah atau Madya yang terjadi secara bersamaan dengan Masa Holocene sekitar 10.000 tahun lalu.

Baca Juga : Zaman Praaksara

Kehidupan Manusia Zaman Mesolitikum

Zaman Mesolitikum

Manusia yang hdiup di masa ini, tentunya lebih cerdas dibandingkan dengan zaman Paleolitikum. Sebab mereka sudah mempunyai hunian yang menetap, seperti rumah panggung atau gua.

Mereka juga melakukan kegiatan bercocok tanam meskipun masih menggunakan cara yang relatif lebih sederhana. Hasil dari tenaman yang mereka tanam akan dijadikan sebagai sumber makanan mereka, sehingga sudah tidak mengandalkan hasil buruan lagi.

Karena manusia yang hidup dizaman ini banyak yang tinggal di goa ataupun tepi pantai, sehingga banyak sekali bukti-bukti sejarah yang ditemukan di tempat-tempat tersebut.

Di zaman ini juga, mereka menggunakan berbagai macam peralatan yang terbuat dari tulang dan tanduk hewan yang digunakan untuk mencari makanan mereka sehari-hari.

Karakteristik dari Masa Mesolitik

Zaman mesolitikum ini memiliki beberapa ciri-ciri khusus yang dapat membedakannya dengan zaman-zaman lainnya. Masa ini juga disebut sebagai masa peralihan dari masa batu tua ke masa batu modren.

Dibawah ini terdapat beberapa karakteristik dari Zaman Mesolitikum, yaitu :

  • Mereka yang hidup di zaman ini sudah memiliki tempat tinggal yang sifatnya menetap, seperti di pesisir pantai dan gua-gua.
  • Sudah mampu untuk melakukan kegiatan bercocok tanam , meskipun menggunakan cara yang sederhana.
  • Sudah bisa membuat kerajinan tangan, contohnya membuat gerabah yang terbuat dari tanah liat.
  • Masih menggunakan sistem Food Gathering atau mengumpulkan makanan.
  • Adanya kjokenmondinger atau tumpukan sampah dapur yang terdiri dari kulit kerang dan siput setinggi 7 meter.
  • Terdapat peralatan kebudayaan yang digunakan di zaman ini seperti, Kapak Pendek, Flakes (alat serpiih), Kapak Genggam, Batu Giling, serta alat-alat yang terbuat dari tulang.
  • Sudah mengenal kesenian, seperti lukisan telapak yang terdapat didalam gua yang merupakan bagian dari ritual keagamaan, ilmu spiritual dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Zaman Paleolitikum

Peninggalan – Peninggalan Dari Masa Mesolitikum

Terdapat beberapa peninggalan dari Masa Mesolitikum ang dijadikan sebagai bukti sejarah dari masa ini, yaitu sebagai berikut :

1. Abis Sous Roche

Merupakan sebuah goa bekas tempat tinggal dari manusia purba yang hidup di zaman mesolitikum. Abis sous roche pertama kali ditemukan pada tahun 1928 hingga 1931 di goa Lawa yang ditemukan oleh Dr. Van Stein Callenfels.

Abis Sous Roche ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk melindungi diri dari sinar matahari dan hujan serta dari serangan binatang buas.

2. Kapak Genggam Sumatra

Kapak genggam atau disebut juga sebagai Pebble Sumatra pertama kali dijumpai oleh PV VAN Stein Callenfels yang saat itu sedang melakukan penelitian didaerah bukit kerang pada tahun 1925.

Alat ini dibuat dengan cara membentuk sebuah pecahan batu kali yang kemudain diperhalus.

3. Kapak Pendek Hachecourt

Kapak pendek atau bisa juga diksebut sebagai Hachecourt yang pertama kali ditemukan oleh PV VAN Stein Callenfels didaerah bukit kerang.

Namun nama dengan ukuran bentuk dari kapak ini tidak sama, sebab kapak ini memiliki ukuran yang sangat pendek dibandingkan dengan jenis kapak yang lainnya.

4. Pipisan

Pipisan merupakan sebuah alat yang digunakan oleh manusia di kehidupan mesolitikum yang berupa sebuah batu gilingan beserta dengan landasannya.

Biasanya alat ini digunakan oleh manusia mesolitikum untuk menggiling makanan serta menghaluskan bahan untuk menghasilkan cat merah yang digunakan dalam keperluan religious dan ilmu spiritual.

Baca Juga : Meganthropus Palaeojavanicus

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Zaman Mesolitkum?

Mesolitikum merupakan salah satu periode prasejarah, yaitu dimana manusia masih menggunakan batu sebagai bahan dasar dari alat yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Mengapa disebut sebagai Zaman Batu Madya atau Tengah?

Karena, masa ini bertepatan dengan periode Holocene sekitar 10.000 tahun yang lalu. Orang-orang yang hidup dimasa ini masih diyakini menggunakan batu untuk peralatan mereka sehari-hari.

Bagaimana cara Manusia yang Hidup di Zaman Mesolitikun untuk bertahan hidup?

Mereka melakukan kegiatan bercocok tanam meskipun masih menggunakan cara yang relatif lebih sederhana. Hasil dari tenaman yang mereka tanam akan dijadikan sebagai sumber makanan mereka, sehingga sudah tidak mengandalkan hasil buruan lagi.

Demikianlah penjabaran dari artikel pada kesempatan kali ini, semoga menjadi wawasan baru untuk para pembaca.