Workshop Adalah

Posted on

Assalamualaikum,,, Pada kesempatan ini rumus.co.id akan membahas artikel makalah tentang Workshop Adalah sebauah pelatihan, lengkap dengan, pengertian, fungsi, tujuan, kelibihan ciri ciri, manfaat dan contohnya supaya mudah di pahami.

Workshop Adalah – sebuah kegiatan yang di lakukan dengan kelompok dan dilakukan dalam tempat di mana begitu banyak orang dari latar belakang yang sama yang berkumpul untuk berbagi masalah dengan membuat saran / pendapat tentang masalah tersebut.

Langsung saja simak artikel di bawah ini…?

Pengertian Workshop

Workshop-Adalah

Workshop adalah sebuah pertemuan di mana sekelompok orang yang memiliki minat dalam keahlian dan profesi di bidang tertentu dan terlibat dalam diskusi dan kegiatan intensif pada topik atau proyek tertentu.

Workshop juga disebut sebagai perkumpulan dengan kata yang berasal dari kata “work”, yang bekerja dengan kata lain, dan “shop”, dengan kata lain adalah shop.

Dengan demikian sebuah titik pertemuan bagi orang-orang yang terkait dan berinteraksi satu sama lain dengan menjelaskan saran mereka sehingga mereka dapat memecahkan masalah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Workshop adalah sebuah kegiatan yang di lakukan dengan berkelompok pada profesi atau keterampilan yang sama harus dipertukarkan dan akan bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan akan menemukan solusi terbaik untuk masalah-masalah spesifik.

Pendapat lainjuga mejelaskan bahwa Workshop sebagai kegiatan yang di mana berkumpul dan berdiskusi dengan sekelompok orang dengan latar belakang profesional untuk membahas isu-isu spesifik.

Kegiatan tersebut cenderung berkonsentrasi pada solusi menyeluruh dari masalah-masalah tertentu yang disertai dengan pelatihan dengan pengetahuan yang akan digunakan sesuai aktivitas profesional mereka.

Baca Juga: Kegiatan Ekonomi

Tata Pelaksanaan Workshop

Dalam setiap kegiatan biasanya memimpin dengan tata letak sebagai langkah-langkah diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Penjelasan tujuan dari yang ingin dicapai
  • Perumusan sejumlah topik utama untuk dibahas dalam pembahasan
  • Tentukan prosedur pemecahan masalah teknis
  • Mengupas masalah dengan banyak speaker
  • Melakukan kegiatan diskusi
  • Penentuan masalah yang harus dipecahkan

Baca Juga: Proposal Kegiatan

Kelebihan Workshop

  • Dapat menerima informasi terperinci atau informasi teoretis tentang masalah tertentu
  • Dapat menerima berbagai instruksi praktis untuk melakukan tugas mereka
  • Dapat dilatih untuk berperilaku ilmiah dalam berpikir
  • Peserta dapat dilatih untuk bekerja dengan orang lain

Kekurangan Workshop

  • Membutuhkan persiapan yang relatif untuk menjalankan kegiatannya
  • Membutuhkan banyak energi dan biaya
  • Sebuah kegiatan diadakan di sekolah dan biasanya mengganggu kegiatan belajar mengajar guru
  • Dapat menyebabkan perbedaan pendapat

Baca Juga: Isi Trikora

Jenis Jenis Workshop

Workshop dapat dibagi menjadi beberapa tipe yang berdasarkan kategori tertentu.

Menurut pentingnya Workshop dan terdapat didalam nya adalah sebagai berikut:

Jenis berdasarkan sifatnya – adalah sebuah kegiatan yang dapat dibagi menjadi dua jenis, tergantung pada jenisnya:

  • Binding workshop adalah sebuah peranan yang dimana para peserta harus mengikuti hasil dari kegiatan standarisasi ISO.
  • Bidang tidak mengikat adalah sebuah peranan yang mana para peserta tidak diwajibkan untuk mengikuti hasil kegiatannya.

Jenis berdasarkan waktu – hal ini adalah salah satu jenisa yanbg berdasarkan waktu dengan kegiatan yang dapat dibagi menjadi dua jenis adalah:

  • Workshop yang berturutan adalah bagian dari kegiatan yang diadakan selama periode waktu tertentu
  • Kegiatan secara berkala adalah sebagai jenis yang diadakan secara teratur selama periode tertentu.

Baca Juga: Contoh Paper

Ciri Ciri Kegiatan Workshop

Secara umum Workshop dapat dibedakan dari suatu kegiatan diskusi lainnya dengan bentuk dan karakteristik nya adalah sebagai berikut:

  • Kegiatan workshop harus dihadiri oleh beberapa pakar atau pakar di bidang tertentu yang sesuai dengan topik yang akan dibahas.
  • Topik atau masalah yang akan dibahas biasanya sangat fokus dan berasal dari peserta itu sendiri.
  • Kegiatan biasanya dilakukan melalui komunikasi timbal balik (nasehat) antara pembicara dan peserta, sehingga suatu kegiatan akan diperlukan dan tidak menjadi membosankan.
  • Kegiatan menggunakan metode materi nara sumber sehingga peserta harus berpartisipasi aktif sehingga kegiatan akan mudah mencapai dengan hasil yang sangat baik.

Baca Juga: Teks Negosiasi Adalah

Tujuan dan Manfaat Workshop

Pada dasarnya hal ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan yang baru kepada para peserta yang melalui pelatihan sesuai pada bidang spesialis mereka.

Misalnya, diadakan dengan strategi pemasaran online tentang Iklan Google yang dapat digunakan pebisnis sebagai referensi untuk memasarkan produk mereka di Internet.

Workshop ini juga berguna untuk meningkatkan kualifikasi profesional yang sesuai pada bidang pekerjaan mereka dengan kegiatan yang dapat mengajarkan dan meningkatkan keterampilan yang kualitas.

Selain itu, kegiatan juga dapat bermanfaat sebagai forum untuk membangun kemitraan, kebersamaan, dan kolaborasi di antara para peserta dengan media yang efektif kepada para peserta.

Demikianlah sobat pembahasn yang ringkas dari kami , tentang workshop adalah, ciri-ciri, tujuan, manfaat, semoga apa yang sudah kami sampaikan pada artikel diatas dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Musikalisasi Puisi