Rumus Volume Silinder Tabung dan Contoh Soalnya

Posted on

Rumus.co.id – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang rumus volume silinder pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas rumus volume kerucut. Di dalam silinder terdapat beberapa unsur diantaranya radius, diameter, dan tinggi. Bentuk silinder sering kita jumpai juga pada mesin kendaraan motor dan mobil.

Pengertian Silinder

Pengertian dari silinder atau tabung sendiri iyalah sebuah bangun ruang tiga dimensi yang beraturan dan berbentuk batang dengan penampang nya berbentuk lingkaran dan memiliki ketinggian tertentu.

Lalu dimensi sebuah silinder atau tabung di nyatakan dengan suatu besaran radius atau diameter penampang tabung dan tinggi tabung nya. Maka diameter sebuah tabung bisa menjadi lebih pendek, sama atau lebih panjang dari tinggi tabung itu sendiri, jika dimensi tinggi silinder jauh lebih besar dari diameternya, maka dimensi ini akan di sebut dengan panjang silinder, kemudian jika dimensi tinggi silinder jauh lebih kecil dari diameter nya, maka dimensi tinggi ini di sebut dengan tebal silinder. Dan radius silinder juga terkadang biasa di sebut dengan jari – jari silinder.

silinder
Gambar Silinder

Unsur – Unsur Silinder

  1. Silinder mempunyai 2 sisi, yaitu sisi alas dan sisi atas yang bentuk nya sama dan ukuran serta sejajar, masing-masing alas nya berbentuk lingkaran yang berpusat di tengah lingkaran.
  2. Jarak alas dan tutup nya disebut dengan tinggi tabung. Dan tinggi tabung dinotasikan dengan huruf t.
  3. Jari-jari dari silinder iyalah setengah dari alas nya yang berbentuk lingkaran, sedangkan diameter nya adalah dari sudut kiri ke sudut kanan. Dan jari-jari tabung dinotasikan dengan huruf r, sedangkan diameter tabung dinotasikan dengan huruf d.
  4. Selimut tabung iyalah sebuah bidang lengkung yang berada di sisi kiri dan kanan yang menyelimuti silinder.

Lanjut lagi ke pembahasan soal sifat – sifat silinder.

Sifat – Sifat Silinder

  1. Bidang alas dan bidang atas nya berbentuk sebuah lingkaran dengan jari” nya yang sama.
  2. Tinggi tabung adalah jarak antara titik pusat lingkaran alas dengan titik pusat lingkaran atas.

Lanjut ke macam” benda yang berbentuk silinder dalam kehidupan kita sehari”.

Macam – Macam Benda Silinder

Gelas, kaleng susu, drum, botol, seruling, pipa, paralon, tabung gas, celengan, pejal, tangki, beton, dan yang lain nya.

Rumus Volume Silinder

Untuk mencari atau menghitung volume dari sebuah bangun ruang silinder sebenarnya tidak sulit karna hal pertama yang harus di ketahui iyalah dimensi radius nya atau diameter dari silinder tersebut. Jadi rumus volume silinder dinyatakan dengan rumus bisa kalian lihat di bawah ini :

Rumus Volume Silinder = π x r2 x t

Keterangan :

  • π = 22/7
  • r = jari – jari / radius (cm)
  • t = tinggi (cm)

Dan kita masuk pada pembahasan yang terakhir agar kalian semua bisa memahami tentang rumus volume ini maka saya akan memberikan contoh soal untuk kalian semua,silahkan lihat di bawah ini.

Contoh Soal Volume Silinder

  1. Doni memiliki sebuah kaleng yang berbentuk tabung dan berdiameter 28cm lalu panjang jari – jari nya 14cm dan tinggi nya 60cm,maka carilah berapakah volume dari kaleng doni tersebut?

Jawaban :

Di ketahui:

  • d = 28 cm
  • r = 14 cm
  • t = 60 cm

di tanya = volume kaleng doni?

volume = π x r2 x t

               = 22/7 x 14cm x 14cm x 60cm

               = 36.960 cm3

Jadi, volume dari kaleng doni tersebut iyalah 36.960 cm3

  1. Risti mempunyai celengan yang berbentuk silinder dengan panjang jari – jari nya iyalah sepanjang 7 cm dan tinggi nya 10 cm, maka carilah berapa volume dari celengan risti tersebut?

Jawaban :

Di ketahui:

  • r = 7 cm
  • t = 10 cm

ditanya = volume celengan risti?

volume = π  x r2 x t

                      = 22/7 x 7cm x 7cm x 10cm

       = 1.540 cm3

Jadi, volume dari celengan risti tersebut iyalah 1.540 cm3

Itulah penjelasan lengkap tentang rumus silinder beserta contoh soal dan cara menghitung volume silinder baik itu silinder horizontal maupun vertikal semoga bermanfaat…

Baca Juga : 

Materi Terkait: