Cara Menghitung Rumus Volume Balok + Contoh Soal

Posted on

Rumus.co.id – Pada pertemuan kali ini akan dibahas tentang rumus volume balok beserta contoh soal volume balok disertai pembahasan soalnya. Balok sendiri merupakan salah satu jenis bangun ruang dari yang pada kesempatan sebelumnya juga telah dibahas macam – macam dari bangun ruang diantaranya yaitu balok.

Pengertian Balok

Pengertian dari balok sendiri adalah bangun ruang 3 dimensi yang dibentuk oleh tiga buah pasang persegi dan persegi panjang dengan pasang diantaranya saling berbeda satu sama lain dan memiliki 6 sisi , 12 buah rusuk dan 8 buah titik sudut lalu permukaan nya masing – masing berbentuk bujur sangkar. Sedangkan untuk Balok yang dibentuk oleh enam buah persegi sama dan sebangun disebut juga sebagai kubus. Baca juga rumus volume kubus

Lalu sebuah balok pasti memiliki 12 rusuk dan masing – masing dari rusuk dapat di anggap sebagai rusuk panjang , rusuk lebar , dan rusuk tinggi tergantung pada sudut pandang pengamat nya. Dan ada juga 4 rusuk yang sama panjang yang di sebut rusuk tinggi. Nah jika semua 12 rusuk pada balok memiliki panjang yang sama , maka balok itu di sebut kubus. Dan kubus adalah kotak yang istimewa  karna semua rusuk nya sama panjang dan semua bidang nya berbentuk bujursangkar.

Sedangkan rumus balok sendiri memiki 3 macam dalam rumus matematika antara lain rumus luas permukaan balok , rumus balok , dan rumus panjang diagonal balok. Nah ketiga rumus bangun ruang balok ini sangat penting untuk kalian semua pelajari dan di ingat karna banyak soal – soal menghitung luas , volume , dan balok

Lalu bagaimakah cara untuk mencari rumus volume sebuah balok ? Sabar ya kita akan membahas nya di ini cara nya mudah kok , silahkan saja kalian semua bisa melihat nya di bawah ini :

Rumus Volume Balok

Volume = panjang x lebar x tinggi

Dan jika di lihat dengan contoh bangun gambar balok sendiri seperti ini rumus volume balok adalah

Lalu rumus ini seringkali di tulis kan secara lebih di singkat sebagai V = P x L x T. Tapi perlu di perhatikan juga bahwa dalam menghitung volume sebuah balok menggunakan rumus di atas , dimensi panjang , lebar , dan tingginya harus dalam satuan yang sama. Lalu pengertian dari satuan volume adalah satuan panjang kubik misalnya milimeter kubik ( mm3 ) , centimeter kubik ( cm3 ) , dan lainnya juga.

Contoh Soal Volume Balok

  1. Bangun ruang sebuah balok telah di ketahui luas nya yaitu 128 cm2. Lalu hitunglah volume balok itu jika tinggi nya adalah 4 cm ?

V = luas alas x tinggi = 128 x 4 = 512 cm3

Jadi, volume dari balok tersebut adalah 512 cm3

  1. Di ketahui ada sebuah balok memiliki panjang 9 cm , lebar 7 cm , dan tinggi nya 3 cm , maka carilah berapa volume dari balok tersebut ?

V = p . l . t = 9 cm . 7 cm . 3 cm = 189 cm3

Jadi, volume dari balok tersebut adalah 189 cm3

  1. Doni mempunyai sebuah rumah yang di dalam nya memiliki sebuah kolam renang, kolam yang mula – mula berisi air sebanyak 300 liter. Lalu doni menguras air dari dalam kolam tersebut sampai volume air tersisa 1/3 dari sebelum nya. Maka carilah berapa kedalaman air yang tersisa di dalam kolam jika luas alas kolam tersebut sepanjang 2 m2 ?

Di ketahui :

Volume air mula – mula = 300 liter

Sisa air setelah di kuras = 1/3.300 = 100 liter lalu di jadikan m = 0,1 m3

Luas alas kolam 2 m2

Volume = luas alas . tinggi

0,1 m3 = 2 m2 . tinggi

Tinggi = 0,1 m3 : 2 m2 = 0,05 m = 5 cm

Jadi, kedalaman air kolam tersebut sekarang adalah sedalam 5 cm

Nah itulah tadi penjelasan singkat tentang tentang materi rumus cara menghitung volume balok dengan cepat dan mudah beserta contoh soal dari volume balok. Saran dari kami kerjakan lah kembali contoh – contoh soal yang lain agar cepat hafal, semoga bermanfaat …

Materi Terkait: