Visi Dan Misi

Posted on

Visi Dan Misi – Ketika hendak membangun ataupun mendirikan sebuah perusahaan, organisasi, ataupun Universitas, maka pendirinya pasti akan mengungkapkan sebuah impian ataupun tujuan yang ingin diwujudkan.

Visi dan Misi

Untuk melakukan semua ini, maka diperlukannya sebuah ide tertulis di dalam sistem manajemen. Visi dan juga misi termasuk ke dalam ide atau pedoman tertulis. Kedua unsur ini harus disajikan ke dalam bentuk tulisan, agar semua pihak tahu apa tujuan dari perusahaan, organisasi, atau agensi.

Namun, sebenarnya apa itu Visi dan Misi? Apa yang menjadi pembeda antara Vision and Mission? Dalam pembahasan kali ini, kita akan menyimak penjabaran tentang kedua unsur tersebut.

Definisi Vision

Visi merupakan suatu pandangan jauh ke masa depan dari setiap individu ataupun organisasi, yang berhubungan dengan tujuan yang hendak dicapai serta apa yang harus dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut di masa depan.

Visi sering diartikan sebagai serangkaian kata yang di dalamnya menunjukkan cita-cita, impian ataupun tujuan yang hendak dicapai. Setiap organisasi atau instansi bisnis pasti mempunyai visi atau tujuan untuk di masa depan yang dikembangkan oleh para pendiri organisasi.

Vision biasanya mempunyai pandangan ke mana arah perusahaan atau organisasi tersebut akan di bawa. Jadi, secara singkat, makna atau arti dari vision yaitu di antaranya adalah :

  • Vision merupakan sebuah tujuan atau cita-cita dari suatu organisasi yang hendak dicapai di masa depan, yang dituang dalam bentuk tulisan.
  • Definisi vision merupakan suatu gagasan atau ide tertulis mengenai cita-cita ataupun tujuan utama dari para pendiri organisasi atau perusahaan.
  • Umumnya, Visi dibuat ke dalam bentuk tulisan ringkas, jelas, padat dan juga fokus, di mana didalamnya menjelaskan arah dari suatu organisasi.

Syarat – Syarat Sebuah Vision

Terdapat beberapa syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam pembuatan sebuah Visi, diantaranya adalah :

  • Harus berorientasi masa depan
  • Sebagai bentuk ekspresi dan kreativitas
  • Tidak didasarkan pada kondisi saat ini
  • Berdasarkan prinsip dan nilai-nilai yang mencakup penghargaan masyarakat

Baca Juga :
Cara Jualan Di Shopee
BUMN Adalah
Tugas Resepsionis

Definisi Mission

Apabila, Visi merupakan sebuah gagasan atau ide yang berisi tentang tujuan utama dari suatu organisasi. Maka, Misi sering diartikan sebagai tahapan atau langkah-langkah yang harus dilewati untuk mewujudkan Visi tersebut.

Tidak hanya itu, Mission juga merupakan deskripsi atau tujuan dari mengapa suatu perusahaan, organisasi ataupun agensi berada di tengah lingkungan masyarakat.

Mission juga sering digambarkan sebagai penjabaran dari sebuah Visi perusahaan, organisasi atau instansi. Apabila Vision hanya ditulis dalam kalimat singkat.

Hal ini tentunya sangat berbeda dengan Mission, sebab misi akan diterjemahkan ke dalam beberapa kalimat, namun mudah untuk dipahami oleh pembaca atau siapa pun yang melihatnya. Jadi, secara singkat, makna atau arti dari Mission, yaitu di antaranya adalah :

  • Misi adalah terjemahan dari tujuan organisasi, agensi atau perusahaan.
  • Definisi misi merupakan langkah atau fase yang harus dilalui oleh perusahaan, organisasi, atau agensi untuk mencapai visi tersebut.
  • Misi juga diartikan sebagai langkah yang dapat diambil untuk mempromosikan pencapaian visi utama.

Perbedaan Antara Vision dan Mission

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Visi dan Misi merupakan sebuah satu kesatuan dalam suatu perusahaan atau organisasi. Akan tetapi, keduanya memiliki perbedaan satu sama lain, yaitu :

VisionMission
Sebuah tinjauan umum tentang sasaran utama atau sasaran spesifik perusahaan, organisasi atau agensi di masa depan.Sebuah fase yang dilakukan untuk mencapai cita-cita perusahaan atau organisasi.
Mewujudkan cita-cita jangka panjang dan berorientasi masa depan.Lebih kepada mengenai cita-cita jangka pendek, orientasinya terhadap masa kini.
Bersifat permanen, karena itu pantang bagi mereka untuk merubah isi visi suatu instansi.Dapat diubah, jika Mission yang sebelumnya gagal.
Sebuah tulisan ringkas, padat dan juga jelas, di mana didalamnya menjelaskan arah dari suatu organisasi.Terdiri dari beberapa kalimat sebagai penjabaran dari sebuah Vision.
Berisikan pernyataan yang bersifat umum.Berisikan sebuah pernyataan yang lebih rinci dan juga khusus.

Contoh Dari Vision dan Mission

Setelah memahami penjabaran yang ada diatas, berikut ini contoh dari visi dan misi, yaitu sebagai berikut :

1. Contoh Vision dan Mission Organisasi

A. Visi
Menciptakan generasi muda yang kuat, mandiri, kreatif dan juga memiliki akhlak yang mulia”

B. Misi
Sebagai upaya untuk mewujudkan Visi yang ada di atas. Maka Mission dari organisasi kami, yaitu :

  1. Menyelenggarakan aktivitas kepemudaan di lingkungan masyarakat.
  2. Melaksanakan berbagai pelatihan baik itu pelatihan bisnis, pertanian, perniagaan dan lain sebagainya.
  3. Memudahkan dalam pengabdian serta melestarikan lingkungan.
  4. Mengembangkan prestasi pemuda, baik itu di bidang olahraga atau bidang keilmuan lain.
  5. Menguatkan tali silaturahmi dan juga persaudaraan dengan mengadakan pertemuan-pertemuan secara rutin.

2. Contoh Vision dan Mission Bank

A. Visi
Menjadikan bank sebagai pilihan pertama dan andalan bagi masyarakat, yang berfungsi sebagai fondasi terpenting dalam sistem ekonomi Indonesia.

B. Misi
Sebagai upaya untuk mewujudkan Visi yang ada di atas. Maka Mission dari perusahaan kami, yaitu :

  • Membentuk lembaga yang unggul dalam bidang pemrosesan pembayaran dan solusi keuangan untuk pelanggan bisnis atau perorangan.
  • Memahami berbagai kebutuhan pelanggan serta menawarkan layanan keuangan yang sesuai guna mewujudkan kepuasan pelanggan yang optimal.
  • Mengembangkan nilai nilai franchise dan stakeholder BCA.

F.A.Q

Apa itu Visi dan Misi?

Visi adalah sebuah tinjauan umum tentang sasaran utama atau sasaran spesifik perusahaan, organisasi atau agensi di masa depan. Sedangkan, Misi adalah sebuah fase yang dilakukan untuk mencapai cita-cita perusahaan atau organisasi.

Tujuan internal dari Visi dan Misi?

1. Menginspirasi karyawan untuk bekerja lebih produktif dengan menetapkan fokus dan tujuan umum.
2. Sebagai panduan untuk keputusan karyawan.
3. Dukungan dalam membangun kerangka kerja untuk mewujudkan perilaku etis.

Fungsi dari Visi dan Misi adalah?

Visi memiliki fungsi sebagai gambaran dan juga rencana tentang masa depan suatu organisasi. Sementara itu, Misi bertindak sebagai jalan yang harus diikuti dengan tujuan mewujudkan visi.

Semoga penjelasan dari artikel kali ini tentang Visi dan Misi bermanfaat bagi pembaca setia. Terimakasih

Related posts: