Vegetarian Adalah

Posted on

Vegetarian Adalah – Saat ini di kehidupan kita sudah terdapat banyak sekali jenis pola makan (diet) yang dapat Anda jalani. Salah satunya yang akan kita bahas kali ini, yaitu Vegetarian.

Vegetarian Adalah

Vegetarian sering diartikan sebagai salah satu pola makan yang hanya berisi sumber makanan nabati saja. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Namun, ada baiknya jika kita simak terlebih dahulu informasi lengkap yang ada di bawah ini.

Vegetarian Adalah?

Vegetarian merupakan salah satu pola makan yang hanya mengkonsumsi makanan dari tumbuh-tumbuhan saja atau sumber nabati seperti gandum, biji-bijian, kacang polong, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, jamur dan juga ragi.

Atau dengan kata lain, Vegetarian merupakan orang-orang yang setiap harinya tidak memakan semua daging hewan, baik itu daging sapi, ayam, ikan, kambing ataupun hewan lainnya dan juga telur.

Sejarah Istilah Vegetarian

Istilah dari vegetarian pertama kali dikeluarkan oleh Joseph Brotherton dan kawan-kawannya sekitar tahun 1847 di Northwood Villa, Kent, Inggris. Kemudian, pada tanggal 30 september 1847 istilah ini baru digunakan secara formal.

Pada waktu itu, tanggal tersebut merupakan sesi konstituen dari British Vegetarian Society. Walaupun begitu, istilah dari vegetarian ini sudah terkenal sejak zaman kuno.

Sebelum 1847, kelompok yang tidak makan daging umumnya dikenal sebagai Pythagorean atau yang mengikuti sistem Pythagoras. Ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Pythagoras, seorang vegetarian dari zaman Yunani kuno.

Hal ini juga diperkuat lagi oleh agama Hindu dan juga Budha yang melarang semua umatnya untuk membunuh binatang.

Jenis – Jenis Vegetarisch

Vegetarian Adalah

Terdapat beberapa jenis dari vegetarisch yang masih terkenal hingga saat ini, yaitu diantaranya sebagai berikut :

1. Vegan

Vegan sering diartikan sebagai orang yang menjalani pola makan tidak mengkonsumsi atau memakan produk yang berasal hewani ataupun produk sampingan hewan. Misalnya seperti daging yang sudah diolah, susu, madu, gelatin, albumin dan rennet.

Apabila seseorang melaksanakan gaya hidup vegan ini secara total, maka ia pun tidak akan mengkonsumsi produk yang diujicobakan kepada binatang, seperti gula yang diolah dengan memakai arang tulang hewan.

Manfaatnya :

  • Terhindar dari penyakit gagal jantung dan juga kanker.
  • Meningkatkan produktivitas air.
  • Membantu untuk mengembalikan lahan.
  • Untuk mengurangi polusi udara.

Baca Juga :
Piramida Makanan
Rantai Makanan
Daur Biogeokimia

2. Lacto Vegetarian

Lacto vegetarian sering diartikan sebagai orang yang tidak memakan daging berwarna merah ataupun putih. Misalnya seperti ikan, unggas, dan juga telur, namun tetap mengkonsumsi produk olahan susu.

Produk hewani yang umumnya dikonsumsi oleh mereka yang menerapkan pola makan ini misalnya seperti keju, susu sapi, dan juga yoghurt.

Manfaatnya :

  • Tekanan darah yang stabil
  • Minimnya risiko terjangkit penyakit tertentu.
  • Menyelamatkan banyak hewan per tahunnya.

3. Ovo Vegetarian

Ovo vegetarian sering diartikan sebagai orang yang benar-benar menghindari untuk tidak memakan daging berwarna merah, putih, ikan, unggas, dan juga produk dari olahan susu, namun mengkonsumsi produk yang berasal dari telur.

Manfaatnya :
Orang yang menerapkan gaya hidup ini akan memperoleh banyak manfaat bagi kesehatan, seperti :

  • Terhindar dari penyakit yang mematikan.
  • Mengurangi kolesterol jahat.
  • Menstabilkan tekanan darah.
  • Menyelamatkan binatang dan juga lingkungan.

4. Lacto-ovo Vegetarian

Pola hidup yang satu ini merupakan kombinasi antara lacto dan juga ovo vegetarian, yang mana merupakan gaya hidup vegetarian yang paling umum dilakukan.

Seorang Lacto-ovo vegetarian selalu menghindari untuk tidak mengkonsumsi daging, ikan, dan juga unggas, namun masih tetap mengkonsumsi produk olahan susu dan juga telur.

Manfaatnya :
Orang yang menerapkan pola hidup Lacto-ovo vegetarian memang mempunya kesehatan yang lebih baik dibandingkan dari orang yang mengkonsumsi daging. Namun, resiko dari tingkat terkena kolesterol lebih tinggi jika dibandingkan dengan lacto atau ovo vegetarian saja.

Manfaat Secara Umum Vegetarian

Secara umum, terdapat berbagai manfaat yang kita peroleh dalam tubuh jika kita menerapkan gaya hidup ini, yaitu antara lain :

  • Meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.
  • Menurunkan berat badan.
  • Membangun gaya hidup yang lebih sehat.
  • Membuat kulit tubuh menjadi lebih sehat dan segar.
  • Menambah hormon seksual.
  • Meminimalkan resiko terkena penyakit kanker.
  • Melindungi sistem pencernaan tubuh.

F.A.Q

Menurut etimologi, kata Vegetarian berasal dari?

Kata Vegetarian berasal dari bahasa Latin yaitu dari kata “Vegetus” yang berarti kuat, sehat, aktif, segar, bergairah ataupun hidup.

Hal-hal yang perlu diperhatikan jika menerapkan Vegetarian adalah?

1. Dapat mengalami kekurangan berbagai macam zat gizi yang sangat penting, yang umumnya hanya dapat diperoleh dari daging atau jumlahnya hanya sedikit dalam sumber makanan nabati.
2. Sebagian besar dari Vegetarian ditetapkan mengalami kekurangan zat besi, vitamin D, kalsium, vitamin B12, asam lemak omega-3 dan juga protein. 

Istilah Vegetarian pertama kali diperkenalkan oleh?

Istilah dari vegetarian pertama kali dikeluarkan oleh Joseph Brotherton dan kawan-kawannya sekitar tahun 1847 di Northwood Villa, Kent, Inggris.

Sekian ulasan dari pembahasan kali ini yang bisa saya berikan, semoga membantu dan menambah wawasan baru bagi para pembaca.