Valuta Asing

Posted on

Valuta Asing (Valas) – Apa sebelumnya kamu sudah pernah mendengar kata Valuta Asing? Tetapi, bagi kalian yang ikut terlibat didalam kegiatan ekonomi seperti informasi pasar saham tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah ini.

Namun, tak sedikit juga orang awam yang masih belum mengetahui tentang istilah tersebut, sehingga bila mendengar kata tersebut sangat asing ditelinga mereka.

Valuta Asing

Sebenanrnya, apa sih itu Valuta Asing? Lalu kenapa istilah itu sangat terkenal di kegiatan Ekonomi? Seperti apa sih bentuk Valuta Asing itu? Untuk mengetahuinya, mari kita simak penjabaran yang ada dibawah ini.

Definisi Valuta Asing Secara Umum

Valas atau Valuta Asing merupakan sebuah mata uang asing yang dengan mudah untuk digunakan serta diterima di dalam dunia perdagangan internasional.

Mata uang ini tidak dianggap sebagai alat pembayaran yang sah untuk melakukan kegiatan transaksi internal, tetapi sering dipakai untuk transaksi serta pembiayaan internasional.

Valas yang paling sering digunakan saat ini yaitu dolar AS atau US dolar (US$). Pada dasarnya, valas juga termasuk bagian dari devisa dalam suatu negara.

Nilai tukar sudah ditentukan melalui berbagai proses penawaran serta permintaan yang terjadi dalam sebuah mekanisme pasar atau yang disebut sebagai nilai tukar (kurs).

Baca Juga : Bilyet Giro – Pengertian, Sifat, Bentuk, Syarat, Rekonsiliasi, dan Contohnya

Sistem Valas Yang Berlaku

Dibawah ini terdapat beberapa sistem dari valuta asing yang digunakan saat ini, yaitu sebagai berikut :

1. Free Exchange System

Free Exchange System ini berarti menciptakan sebuah nilai tukar terpisah yang digunakan untuk permintaan serta penawaran mata uang asing. Jadi, pemerintah tidak akan turun tangan dalam menentukan sebuah nilai tukar.

Sebagai contoh : Ketika kita sedang berada di salah satu negara, dan ingin berbelanja di tempat perbelanjaan tebesar di negara tersebut. Akan tetapi marketplace itu hanya mau melakukan transaksi dengan uang dolar saja.

Sehingga, kita yang memakai uang rupiah harus menukarkannya terlebih dahulu dengan menggunakan website dari market tersebut.

Penetapan dari Kurs tersebut, tidak adanya campur tangan yang dilakukan oleh pemerintah yang ada di negara tersebut. Ini lah yang menyebabkan mengapa kurs ini dikatakan sebagai kurs bebas.

2. Sistem Kurs Tetap

Sistem pertukaran tetap sudah mulai ada peran dari pemerintah yang ada di negara tempat tinggal kalian. Niilai tukar ini diciptakan oleh bank sentral, yang secara aktif ikut terlibat dalam transaksi mata uang asing.

Dengan pemerintah menetapkan nilai tukar tetap ini, maka kurs ini tidak akan berubah walaupun kita ingin menukar uang di satu bank dengan bank lainnya. Sehingga, pihak bank juga tidak dapat mengubah kurs tersebut karena terikat dengan pemerintah.

3. The Exchange Rate System

Untuk sistem yang ketiga ini, pemerintah atau pihak bank sama-sama memiliki kekuatan untuk menentukan nilai alokasi dari penggunaan nilai tukar yang tersedia.

Sehingga pasar mata uang asing akan tetap stabil serta inflasi tidak akan sering terjadi. Sistem ini sangat bermanfaat jika digunakan untuk memantau ketersediaan mata uang asing dalam transaksi ekspor dan juga impor.

Fungsi Dari Valuta Asing (Valas)

Foreign exchange (valuta asing) memiliki peran yang sangat penting dalam melakukan hubungan kerjasama luar negeri di masing-masing negara, terutama didalam hubungan perdagangan. Berikut ini terdapat beberapa fungsi dari Valas, yaitu :

  • Berfungsi sebagai uang yang digunakan dalam dunia perdagangan internasional sebagai alat untuk bertukar barang.
  • Ini dapat digunakan sebagai alat untuk mengontrol nilai tukar.
  • Ini berfungsi sebagai instrumen pembayaran yang sah dan telah diakui oleh kedua belah pihak (negara).
  • Sebagai alat untuk memfasilitasi perdagangan internasional.

Baca Juga : Pasar Bebas

Macam – Macam Valas

Macam-macam dari Valas dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu diantaranya sebagai berikut :

Foreign exchange Berdasarkan Sifatnya

  • Valas Fisik, merupakan mata uang asing dalam artian yang sesungguhnya, yaitu sebuah mata uang asing yang berbentuk logam ataupun kertas.
  • Valas Non Fisik, adalah mata uang asing dalam bentuk giral atau sekuritas lainnya, misalnya seperti cek, wesel, travelers, dan masih banyak lagi.

Foreign exchange Berdasarkan Bentuknya

  1. Mata Uang Asing, merupakan sebuah valas yang dengan mudah untuk digunakan serta diterima di dalam dunia perdagangan internasional. Contohnya seperti Euro Dollar, uang Yen Jepang, Dollar Amerika Serikat, dan masih banyak lagi.
  2. Saldo Kredit, merupakan sebuah saldo yang terdapat dalam suatu akun, yang mana total kreditnya lebih besar dari total debit akun. Misalnya seperti saldo Kredit sebuah bank devisa di dalam suatu negara.
  3. Wesel, adalah sebuah surat berharga yang dekeluarkan oleh kreditur yang akan diberikan kepada debitur untuk membayah sejumlah uang yang sudah ditentukan.
  4. Hak untuk menerima pembayaran, adalah sebuah moto yang berasal dari penduduk suatu negara dalam berbagai bentuk dengan tingkat likuiditas yang relatif tinggi..

Pelaku Dari Valuta Asing

Didalam praktiknya setidaknya terdapat enam ciri-ciri dari pelaku mata uang asing. Berikut ini merupakan enam pemain valas dengan penjelasannya :

1. Bank Sentral

Didalam hal ini, bank sentral memainkan peran yang sangat penting yaitu menstabilkan nilai tukar dari negara-negara yang dikenal atau terkait, dan bank sentral juga bertindak sebagai otoritas pengawas serta pengontrol dalam pengelolaan transaksi mata uang asing.

2. Pemerintah

Tujuan dari pemerintah didalam kegiatan transaksi mata uang asing adalah untuk melunasi hutang luar negeri serta sebagai penerima dari pendapatan asing, yang kemudian akan mengubahnya menjadi mata uang lokal.

3. Dealer (Market Maker)

Pedagang bertindak sebagai pihak yang membuat pasar uang semakin bergairah atau semangat. Dealer juga sering menentukan inventaris dalam mata uang tertentu.

4. Pialang

Pialang merupakan pihak yang berkewajiban untuk bertindak sebagai mediator ketika persediaan (penjual) dan permintaan (pembeli) bertemu atas harga dari mata uang tertentu.

5. Individu atau Perusahaan

Individu atau perusahaan merupakan entitas swasta yang terlibat didalam kegiatan perdagangan mata uang. Tak jarang, para pelaku ini memiliki tujuan untuk memulai bisnis mereka sebagai importir, eksportir, investor, dan masih banyak lainnya.

6. Arbitrator dan Spekulan

Secara umum, hal ini dapat dikatakan sebagai orang-orang yang mengeksploitasi perbedaan dalam nilai tukar mereka. Tidak jarang, mereka sering melakukannya sendiri, mereka tidak berkewajiban untuk melayani pembeli serta tidak menjamin terjadinya kelangsungan pasar.

Baca Juga : Bank Sentral

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Valuta Asing?

Valas atau Valuta Asing merupakan sebuah mata uang asing yang dengan mudah untuk digunakan serta diterima di dalam dunia perdagangan internasional.

Tujuan dari Valuta Asing adalah?

1. Sebagai transaksi pembayaran
2. Agar mendapatkan daya beli
3. Untuk mengirimkan uang ke luar negeri
4. Agar mendapatkan keuntungan yang besar.

Faktor-faktor yang mempengaruhi Valuta Asing, adalah?

1. Perubahan daya minat seseorang
2. Adanya perubahan harga barang yang diekspor
3. Terjadinya peningkatan harga umum (inflasi) secara signifikan
4. Adanya perubahan terhadap suku bunga
5. Terjadinya kemajuan sistem ekonomi

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru untuk kita semua.