Urutan Presiden Indonesia

Posted on

Urutan Presiden Indonesia – Negara Indonesia sering dikatakan sebagai negara republik dan juga demokrasi, yang mana negara ini dipimpin oleh seorang presiden.

Urutan Presiden Indonesia

Pemilihan presiden Indonesia sekarang dapat dilakukan melalui pemilihan umum. Terhitung sudah 7 presiden Indonesia yang telah melayani dari masa lalu hingga hari ini. Posisi sebagai Presiden Indonesia yaitu sebagai kepala negara dan pemerintahan.

Soekarno sebagai seorang proklamator yang dipilih untuk menjadi Presiden pertama bangsa Indonesia di dalam pertemuan sidang PPKI pada 18 Agustus 1945 bersama dengan Mohammad Hatta sebagai wakil presiden pertama Indonesia.

Hingga saat ini, sudah tercatat bahwa terdapat 7 nama presiden yang sudah pernah memimpin bangsa Indonesia. Mereka memiliki kewajiban untuk melaksanakan tugas-tugas presiden sesuai dengan UU dan juga konstitusi yang ada di Indonesia sebagai dasar hukumnya.

Urutan Presiden Indonesia

Urutan Presiden Indonesia

Setelah melihat penjelasan yang ada diatas, dibawah ini terdapat beberapa daftar urutan presiden indonesia, yaitu sebagai berikut :

1. Ir. Soekarno

Ir. Soekarno merupakan presiden pertama yang memimpin Indonesia. Beliau lahir pada tanggal 6 Juni tahun 1901 di Surabaya, yang memiliki bernama asli Koesno Sosrodihardjo. Pada tanggal 21 Juni 1970 beliau meninggal dunia di Jakarta saat berusia ke-69 tahun.

Bersama dengan Mohammad Hatta, Ir. Soekarno juga dikenal sebagai pahlawan proklamator yang terus berjuang untuk memproklamirkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Masa jabatan dari presiden Ir. Soekarno ini tercatat dimulai sejak tanggal 18 Agustus 1945 sampai dengan tanggal 12 Maret 1967. Ir. Soekarno adalah presiden yang berasal dari Partai Politik Nasional Indonesia (PNI).

Beliau lah yang pertama kali mencetuskan teks Pancasila. Selama menjabat sebagai presiden, Mohammad Hatta merupakan wakil dari Soekarno sebagai Presiden pertama. Tetapi sejak tahun 1956, tidak ada yang berperan sebagai wakil presiden.

Baca Juga :
Isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959
Demokrasi Di Indonesia
Peran Indonesia Dalam ASEAN

2. Soeharto

Soeharto merupakan Presiden kedua yang pernah memimpin bangsa Indonesia. Beliau lahir pada tanggal 8 Juni tahun 1921 di Bantul, Yogyakarta. Kemudian pada tanggal 27 Januari 2008 beliau meninggal dunia saat berusia 86 tahun.

Sebelum Beliau menjadi seorang presiden, Soeharto pernah menjabat sebagai pimpinan di dunia militer. Soeharto merupakan presiden Indonesia yang menjabat paling lama di Indonesia yaitu selama 31 tahun.

Masa jabatan dari Presiden Soeharto ini tercatat mulai dari tanggal 12 Maret tahun 1967 hingga tanggal 21 Mei tahun 1998. Soeharto adalah Presiden Indonesia yang berasal dari Partai Golkar.

Selama periode jabatannya, Soeharto memiliki beberapa wakil presiden yang membantunya melaksanakan tugas-tugas kepresidenannya yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Adam Malik, Umar Wirahadikusumah, Sudharmono, Try Sutrisno dan yang terakhir adalah BJ Habibie (1998).

3. BJ Habibie

Bacharuddin Jusuf Habibie adalah presiden ketiga yang meneruskan jabatan dari Soeharto setelah beliau terjerat dengan berbagai kasus. Beliau lahir pada tanggal 25 Juni tahun 1936 di Parepare.

BJ Habibie adalah Presiden Indonesia yang memiliki masa jabatan paling singkat yaitu hanya selama 1,5 tahun saja. Periode jabatan dari Presiden BJ Habibie ini dimulai dari tanggal 21 Mei 1998 hingga 20 Oktober 1999. BJ Habibie ini presiden Indonesia yang berasal dari Partai Politik Golkar.

Habibie merupakan satu-satunya Presiden bangsa Indonesia yang tidak berasal dari pulau jawa. Beliau merupakan seorang insinyur dan juga ilmuwan yang paling terkenal.

4. Abdurrahman Wahid

Abdurrahman Wahid atau yang lebih populer dengan nama Gus Dur adalah presiden ke empat yang pernah memimpin bangsa Indonesia. Beliau lahir pada tanggal 7 September tahun 1940 di Jombang, Jawa Timur.

Namun, pada tanggal 30 Desember tahun 2009 beliau meninggal di Jakarta yang saat itu sudah berusia 69 tahun. Beliau dikenal sebagai tokoh agama yang berasal dari organisasi NU (Nahdlatul Ulama).

Tercatat bahwa masa jabatan dari presiden Gus Dur ini dimulai dari 20 Oktober tahun 1999 hingga 23 Juli tahun 2001. Gus Dur adalah presiden Indonesia yang berasal dari PKB (Partai Kebangkitan Bangsa).

5. Megawati Seokarnoputri

Megawati adalah Presiden kelima yang pernah memimpin bangsa Indonesia. Beliau dilahirkan pada tanggal 23 Januari tahun 1947 di Yogyakarta. Presiden kelima ini bernama lengkap Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri.

Beliau adalah anak dari Ir. Soekarno yang pernah menjabat sebagai presiden pertama bangsa Indonesia. Megawati merupakan satu-satunya wanita yang menjadi Pemimpin Bangsa Indonesia hingga sekarang.

Megawati menjadi pemimpin bangsa Indonesia hanya selama 3 tahun, dimulai dari 23 Juli 2001 hingga 20 Oktober 2004.

6. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Susilo Bambang Yudhoyono atau yang lebih terkenal dengan SBY adalah presiden ke enam yang pernah memimpin bangsa Indonesia. Beliau lahir pada tanggal 9 September tahun 1949 di Pacitan.

SBY adalah presiden pertama bangsa Indonesia yang terpilih melalui pemilihan umum. Masa jabatan dari SBY ini selama dua periode yaitu dimulai dari 20 Oktober 2004 hingga 20 Oktober 2014. SBY adalah Presiden Indonesia yang berasal dari Partai Politik Demokrat.

Selama beliau memimpin bangsa Indonesia, SBY memiliki dua wakil yang membantu melaksanakan tugas-tugas kepresidenannya yaitu Jusuf Kalla pada periode pertama dan Boediono pada periode kedua.

7. Joko Widodo

Joko Widodo adalah presiden ke tujuh yang memimpin bangsa Indonesia hingga saat ini. Beliau dilahirkan pada tanggal 21 Juni tahun 1961 di Surakarta. Presiden ketujuh ini lebih akrab dengan nama depannya yaitu Jokowi.

Jokowi menjabat sebagai Presiden Indonesia selama dua Periode terhitung pada periode pertama dari 20 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 dan pada periode kedua dari tanggal 20 Oktober 2019 hingga sekarang.

Joko Widodo adalah Presiden Bangsa Indonesia yang berasal dari Partai Politik PDI-P. Selama dua periode menjabat sebagai Presiden Joko Widodo memiliki dua wakil yaitu Jusuf Kalla pada periode pertama dan Ma’ruf Amin pada periode kedua.

F.A.Q

Apa itu Presiden?

Presiden merupakan seseorang yang menjabat sebagai pimpinan dari pelaksanaan perundang-undangan di dalam negara Republik dan Demokrasi.

Tugas Seorang Presiden yaitu?

1. Sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dari TNI AD, AL dan juga AU.
2. Bertugas untuk mengangkat duta dan juga konsul.
3. Berperan untuk menerima penempatan duta yang berasal negara lain dengan terus memperhatikan pertimbangan dari DPR.

Tugas dari Wakil Presiden yaitu?

1. Bertugas untuk menemani Presiden saat sedang melakukan tugasnya di negara ini.
2. Memberi dukungan serta menggantikan tugas presiden di dalam bidang negara dan juga pemerintahan.
3. Bertugas untuk membantu Presiden di dalam upaya mengkoordinasikan, melaksanakan, serta mengevaluasi program-program kerja dari para kabinetnya.

Sekianlah informasi singkat mengenai Urutan Presiden beserta dengan masa jabatannya. Semoga ulasan ringkas ini bermanfaat.