Unsur – Unsur Seni Rupa

Posted on

Unsur – Unsur Seni Rupa – Seni Rupa dapat diartikan sebagai salah satu dari cabang seni yang menciptakan sebuah karya seni dengan menggunakan media yang dapat ditangkap oleg mata serta dirasakan oleh indera peraba.

Unsur - Unsur Seni Rupa

Secara umum, terdapat dua jenis dari Fine Arts yaitu Murni dan juga Terapan. Pada Pure arts ini hanya mengutamakan unsur estetika serta keindahan, sedangkan dalam Applied Arts lebih mengutamakan unsur fungsi dan juga kegunaannya.

Dalam seni rupa mengandung berbagai fungsi seperti untuk ekspresi, memberikan nilai-nilai budaya dan juga sebagai dekorasi atau hiasan.

Selain fungsi, Seni Rupa juga mengandung unsur-unsur yang bisa menciptakan satu kesatuan, sehingga karya seni bisa dinikmati secara keseluruhan.

Keberadaan dari unsur-unsur ini dapat menyebabkan seni bisa dinikmati, dilihat, dihargai serta diapresiasi oleh orang lain. Berikut ini merupakan unsur-unsur yang dimiliki oleh Seni Rupa.

Unsur – Unsur Seni Rupa

Berikut ini merupakan elemen-elemen dasar yang membentuk Seni Rupa agar cabang seni ini bisa dinikmati, dilihat dan juga diapresiasi, yaitu diantaranya adalah :

1. Point (Titik)

Titik (Point) menjadi salah satu unsur dari Fine Arts yang paling mendasar. Point atau titik adalah elemen yang menjadi wujud dari ide ataupun gagasan dimana dari titik inilah dapat menciptakan garis, bidang dan bentuk.

Atau bisa juga didefinisikan bahwa segala macam ide ataupun gagasan dari karya seni diawali dengan titik yang sangat kecil.

Secara umum, terdapat salah satu teknik untuk melukis yang didalamnya mengkombinasikan antara warna, titik serta ukuran yang dikenal dengan Pointilisme.

2. Line (Garis)

Garis merupakan salah satu unsur yang dihasilkan dari goresan dan juga titik yang dihubungkan antara titik yang satu dengan titik yang lainnya. Atau dengan kata lain, garis adalah sebuah goresan maupun batas limit yang berasal dari ruang, benda, bidang, tekstur, warna, dll.

3. Field (Bidang)

Bidang merupakan salah satu unsur dari pembentukan seni rupa yang diciptakan dari hasil menghubungkan beberapa garis sehingga dapat membentuk beberapa sisi. Field atau Bidang menjadi dimensi kedua yang mengandung unsur ukuran panjang dan juga lebar.

Contoh dari bidang misalnya seperti segitiga, persegi, trapesium, persegi panjang dan contoh lainnya.

4. Form (Bentuk)

Bentuk menjadi salah satu unsur dari seni rupa yang membuat sebuah seni rupa menjadi lebih hidup dan dapat diamati sebagai karya seni yang utuh. Secara umum, bentuk ini tersusun atas beberapa bidang.

Terdapat banyak sekali macam-macam bentuk seperti bentuk geometris yang terdiri dari balok, kubus, tabung maupun bentuk yang bersifat non-geometris seperti hewan, manusia dan juga alam.

Baca Juga :
Pengertian Seni Rupa, Unsur dan Macam-Macam Seni Rupa
Kritik Seni
Seni Rupa Terapan

5. Color (Warna)

Warna adalah elemen seni visual yang dapat membuat karya semakin hidup dan juga ekspresif. Secara umum, terdapat tujuh spektrum warna berdasarkan dengan teori warna terang.

Terdapat teori warna pigmen di dalam teori warna pada seni rupa murni, yaitu pengelompokan warna sebagai berikut :

  • Primary Color dapat diartikan sebagai warna dasar yang tidak dihasilkan dari penggabungan warna lain, seperti merah, biru dan juga kuning.
  • Secondary Color dapat diartikan sebagai warna yang dihasilkan dengan cara mencampurkan dua warna primer dalam ukuran tertentu, seperti hijau, oranye dan ungu.
  • Tertiary Color dapat diartikan sebagai warna yang diperoleh dengan cara mencampurkan warna sekunder.
  • Analog Color dapat diartikan sebagai urutan warna yang posisinya berdekatan dalam circle warna, seperti orange kemerah-merahan atau kuning kehijau-hijauan.
  • Complementary Color dapat diartikan sebagai warna kontras yang terletak berseberangan dalam roda warna, seperti merah dengan hijau, Kuning dengan ungu dan lain sebagainya.

6. Texture (Tekstur)

Tekstur merupakan salah satu sifat dan juga keadaan yang dimiliki oleh permukaan bidang dalam suatu karya seni. Tiap benda tentunya mempunyai tekstur yang berbeda, meskipun terdapat tekstur yang mirip. Secara umum, Tekstur dibedakan menjadi dua macam yaitu semu dan juga nyata.

7. Gelap Terang

Gelap terang adalah salah satu unsur seni yang muncul karena terdapat perbedaan yang dihasilkan oleh intensitas cahaya yang jatuh terhadap permukaan benda.

Dengan perbedaan ini, level warna yang berbeda dapat muncul. Di mana sisi yang terkena cahaya jauh lebih terang dibandingkan dengan sisi yang sedikit terkena cahaya.

8. Room (Ruang)

Ruang menjadi salah satu unsur dari seni rupa yang terdiri atas dua sifat yaitu semu dan juga nyata. Pada karya 2 dimensi, ruang umumnya memiliki sifat semu sebab hanya berupa sebuah penggambaran saja.

Sedangkan pada karya 3 dimensi, ruang umumnya memiliki sifat nyata serta bisa dirasakan dan diraba secara langsung oleh indera peraba.

F.A.Q

Seni Rupa adalah?

Seni Rupa dapat diartikan sebagai salah satu dari cabang seni yang menciptakan sebuah karya seni dengan menggunakan media yang dapat ditangkap oleg mata serta dirasakan oleh indera peraba.

Apa fungsi dari Seni Rupa?

1. Sebagai media untuk menuangkan ide atau gagasan.
2. Media untuk mendekatkan diri kepada tuhan.
3. Sarana komunikasi dan pendidikan kepada masyarakat.

Seni Rupa Terapan adalah?

Applied Fine Arts adalah salah satu jenis Seni Rupa yang lebih mengutamakan unsur fungsi dan juga kegunaannya.

Demikianlah ulasan dan informasi singkat dalam artikel kesempatan kali ini, semoga menjadi wawasan dan ilmu pengetahuan baru untuk kita semua.