Unsur – Unsur Seni Musik

Posted on

Unsur – Unsur Seni Musik – Siapa sih yang tidak kenal dengan musik. Bahkan hampir setiap hari Anda mendengarkan alunan musik favorit. Baik orang tua, remaja, hingga anak-anak pasti suka mendengarkan musik.

Unsur - Unsur Seni Musik

Salah satu alasan semua orang suka mendengarkan musik adalah dapat dilihat dari fungsi dan juga manfaatnya, bahwa musik dapat menimbulkan perasaan senang bagi para pendengarnya.

Untuk menciptakan sebuah musik yang indah, maka tentunya terdapat berbagai unsur yang mendasarinya. Namun, sebelum kita mengetahui apa saja unsur-unsur dari Seni Musik, maka ada baiknya jika kita mengetahui pengertian dari Seni Musik.

Ya, Seni Musik adalah salah satu cabang seni yang tersusun atas bunyi atau suara sehingga menghasilkan nada, irama, lagu serta harmoni yang tercipta dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Berikut adalah unsur Seni musik, yaitu :

Unsur – Unsur Seni Musik

Seperti yang sudah dikatakan diatas, bahwa terdapat beberapa unsur dari Seni Musik untuk menciptakan alunan musik yang sangat indah. Berikut adalah elemen dasar dari Musik, yaitu :

1. Irama

Irama ataupun lebih dikenal dengan ritme sering diartikan sebagai panjang, pendek serta tinggi rendahnya sebuah nada. Elemen ritme adalah elemen yang sangat penting di dalam seni musik, karena ritme sangat menentukan ketukan dalam musik.

2. Melodi

Melody adalah bentuk pengaturan suara yang tersusun secara berurutan misalnya dimulai dari nada tinggi ke nada yang rendah atau sebaliknya. Melody menjadi salah satu daya tarik bagi seni musik.

3. Harmony (Harmoni)

Harmoni sering diartikan sebagai kumpulan kombinasi yang terjadi antara suara dengan melodi yang teratur sehingga sangat enak ketika didengar. Harmony juga sering disebut sebagai akord yang berfungsi untuk mengiringi musik.

4. Birama

Birama merupakan salah satu unsur ketukan yang terkandung dalam musik dengan waktu dan juga tempo yang sangat teratur. Ketukan birama dapat ditulis dengan 2/4, 2/3, ¾ dan lain sebagainya. Anda juga akan sering menemukan penghitung “/”, yang menunjukkan jumlah ketukan.

Baca Juga :
Unsur – Unsur Seni Rupa
Seni Musik Adalah
Alat Musik Tradisional

5. Musical Scale (Tangga Nada)

Elemen dari seni musik ini umumnya dipakai untuk mengatur para musisi yang ada di dalam orkestra. Tangga Nada merupakan sebuah deret nada yang tersusun secara bertingkat.

Tangga nada dibedakan menjadi dua jenis yaitu Pentatonis dan Diatonis. Pada tangga Pentatonis tersusun dari  7 buah nada yang memiliki 2 jarak 1/2 dan 1, sedangkan untuk tangga pentatonis tersusun dari 5 buah nada yang memiliki jarak tertentu.

6. Tempo

Tempo sering diartikan sebagai ukuran dari kecepatan birama yang terdapat di dalam lagu. Misalnya seperti, semakin cepat lagu dimainkan, maka tempo di dalam biramapun dibawakan semakin cepat. Secara umum, Tempo terbagi lagi menjadi beberapa elemen musik seperti :

  • Largo (Sangat Lambat)
  • Lento (Cukup Lambat)
  • Adagio (Lambat)
  • Andate (Sedang)
  • Moderato (Agak Cepat)
  • Allegro (Cepat)
  • Vivace (Cukup Cepat)
  • Presto (Sangat Cepat)

7. Dynamics (Dinamika)

Dynamics adalah sinyal untuk memproduksi nada yang berhubungan dengan volume, untuk menghasilkan suara yang kuat dan merdu. Elemen dinamis ini menjadi elemen terpenting untuk menunjukkan ekspresi musikal yang lebih emosional seperti bahagia, sedih, terharu, dll.

8. Stamped (Timbre)

Timbre sering diartikan sebagai kualitas dari suara musikal. Misalnya seperti gitar yang mempunyai timbre berbeda dengan drum, bahkan kedua alat musik tersebut dimainkan pada skala yang sama.

Ini bisa terjadi sebab setiap alat musik tentunya mempunyai timbre yang berbeda-beda sehingga dapat mempengaruhi suara instrumen yang dihasilkan oleh sebuah alat musik.

9. Expression (Ekspresi)

Ekspresi juga menjadi salah satu unsur dari Seni Musik yang tidak kalah penting. Ekspresi merupakan sebuah perasaan yang datang dari hati seperti rasa sedih, kecewa, gembira, romantis, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, seorang penyanyi profesional harus bisa bernyanyi dengan menunjukkan ekspresi secara totalitas sehingga pesan atau isi lagu dapat tersampaikan kepada para pendengarnya.

F.A.Q

Apa itu Seni Musik?

Seni Musik adalah salah satu cabang seni yang tersusun atas bunyi atau suara sehingga menghasilkan nada, irama, lagu serta harmoni yang tercipta dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.

Apa saja fungsi dari Seni Musik?

1. Untuk menyampaikan ekspresi sedih, senang.
2. Membuat jiwa dan pikiran lebih tenang.
3. Sebagai sarana untuk berbisnis.
4. Sebagai sarana edukasi atau pendidikan.
5. Seni Musik juga sering digunakan sebagai sarana komunikasi.

Jenis-jenis genre Seni Musik, yaitu?

Seni Musik terdiri atas beberapa genre seperti Jazz, Dangdut, Pop, Blues, RnB, Gospel, Rock, Funk, Metal, Hip Hop dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sekian dari ulasan singkat yang Rumus.co.id sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga bisa menjadi informasi dan wawasan tambahan untuk kita semua.