Ukuran Bendera Merah Putih

Posted on

Ukuran Bendera Merah Putih Yang Benar – Bangsa Indonesia mempunyai bendera yang berwarna merah putih dan dijadikan sebagai simbol negara Indonesia.

Bendera tersebut untuk pertama kalinya, dikibarkan di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta pada tanggal 17 Agustus 1945 tepatnya setelah pelaksanaan dari pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Sang Saka Merah Putih merupakan sebuah gelar kehormatan yang diberikan kepada Bendera Merah Putih yang dikibarkan pada saat pelaksanaan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan.

Ukuran Bendera Merah Putih

Akan tetapi penggunaan julukan tersebut sudah difokuskan terhadap setiap bendera Merah Putih yang akan dikibarkan atau dinaikkan di setiap upacara bendera hari senin ataupun saat pelaksanaan peringatan-peringatan tertentu.

Sejarah Bendera Merah Putih

Bendera Pusaka Merah Putih pertama kali dibuat oleh Ibu Fatmawati pada tahun 1944, beliau merupakan istri dari Presiden RI yang pertama yaitu Ir. Soekarno.

Sang Saka Merah Putih terbuat dari bahan katun Jepang yang saat itu didapatkan dari seseorang berkebangsaan Jepang, namun ada juga yang mengatakan bahwa Bendera Merah Putih terbuat dari Kain Wool yang berasal dari London.

Bendera nasional Negara Indonesia merupakan sebuah bendera yang didesain secara sederhana dan memiliki dua warna yang dibagi menjadi dua bagian secara horizontal atau mendatar.

Bendera Merah Putih sudah digunakan sejak pada zaman kerajaan. pada abad ke-13 hingga ke abad 16 M Kerajaan Majapahit menjadikan bendera merah putih sebagai simbol kejayaannya.

Kemudian pada awal abad ke-20 yang saat itu berada di bawah kekuasaan Belanda, para pelajar dan kaum nasionalis menggunakan sebuah bendera yang di berinama sebagai Sang Merah Putih.

Kemudian setelah Perang Dunia II berakhir dan Bangsa Indonesia merdeka, Sang Saka Merah Putih akhirnya ditetapkan sebagai bendera Nasional. Untuk pertama kalinya Bendera Merah Putih dikibarkan pada tanggal 17 Agustus 1945 dan masih digunakan hingga saat ini.

Baca Juga : Lambang ASEAN

Ukuran Bendera Merah Putih

Ukuran Bendera Merah Putih

Bendera Merah Putih memiliki perbandingan antara 2 : 3, dengan perbandingan dua warna yang sama besar yaitu warna merah dibagian atas dan putih dibagian bawah.

Ukuran Bendera Merah Putih beserta aturan penggunaannya, yaitu sebagai berikut :

  • 200 Cm x 300 Cm adalah ukuran Sang Merah Putih yang digunakan untuk dilapangan Isatana Keperesidenan.
  • 120 Cm x 180 Cm adalah ukuran Sang Merah Putih yang digunakan untuk umum.
  • 100 Cm x 150 Cm adalah ukuran Sang Merah Putih yang digunakan untuk didalam ruangan tertentu.
  • 36 Cm x 54 Cm adalah ukuran Sang Merah Putih yang digunakan untuk diletakkan di Mobil Presiden dan Wakil Presiden.
  • 30 Cm x 45 Cm adalah ukuran Sang Merah Putih yang digunakan di mobil Para Pejabat Negara.
  • 20 Cm x 30 Cm adalah ukuran Sang Merah Putih yang digunakan untuk kendaraan umum, seperti angkutan umum dan mobil pribadi.
  • 10 Cm x 15 Cm adalah ukuran Sang Merah Putih yang digunakan untuk di meja-meja kantor.
  • 30 Cm x 45 Cm adalah ukuran Sang Merah Putih yang digunakan untuk di Pesawat Udara Indonesia.
  • 100 Cm x 150 Cm adalah ukuran Sang Merah Putih yang digunakan untuk Kapal Indonesia.
  • 100 Cm x 150 Cm adalah ukuran Sang Merah Putih yang digunakan untuk di Kreta Api Negara Indonesia.

Baca Juga : Isi Trikora

Selain itu, dalam kaitannya dalam penggunaan Bendera Merah Putih terdapat larangan yang tidak boleh dilakukan kepada Bendera Merah Putih yang sudah diatur dalam UU, yaitu :

  1. Merusak, menginjak-injak, merobek atau melakukan hal-hal yang lain dengan maksud untuk menghina, menodai serta merendahkan Kehormatan dari Bendera Negara.
  2. Tidak boleh menggunakan Bendera Merah Putih sebagai media Promosi Komersial ataupun di papan Reklame.
  3. Bendera Merah Putih yang rusak, luntur, pudar robek ataupun kusam tidak boleh dikibarkan.
  4. Tidak boleh menyulam, menulis huruf atau angka, gambar ataupun simbol lainnya pada Bendera Negara.
  5. Bendera Merah Putih tidak boleh digunakan sebagai penutup langit-langit, membungkus benda ataupun penutup barang yang dianggap sebagai menurunkan kehormatan Bendera Merah Putih.

Perbedaan Red and white flag Dengan Bendera Monako

Sang Saka Merah Putih dari Bangsa Indonesai memiliki kesamaan dengan Bendera dari Negara Monako. Meskipun memiliki warna yang sama, namun terdapat perbedaan yang dapat dilihat secara fisik dari kedua bendera tersebut yaitu dari dimensi rasionya.

Bendera Merah Putih bangsa Indonesia memiliki rasio panjang dan juga lebar yaitu 2 : 3, sedangkan untuk Bendera Negara Monako hanya memiliki rasio perbandingan 4 : 5. Makna bendera bagi kedua negara pun sangat berbeda.

Bendera Indonesia memiliki makna yaitu mencerminkan nilai-nilai positif seorang manusia, sementara itu untuk Bendera Monako sangat identik dengan House of Grimaldi.

Masalah ini telah menjadi bahan perdebatan karena Monako menyatakan bahwa negara Monako telah menggunakan bendera merah putih sejak tanggal 4 April 1881. Sedangkan, di Indonesia baru secara resmi digunakan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Baca Juga : Peristiwa Rengasdengklok

F.A.Q

Makna Filosofi dari warna Bendera Merah Putih adalah?

Makna filosofi dari Bendera Merah Putih Indonesia adalah merah yang melambangkan keberanian, sedangkan putih melambangkan kesucian.

Siapa yang menjahit Bendera Merah Putih?

Bendera Pusaka Merah Putih pertama kali dibuat oleh Ibu Fatmawati pada tahun 1944, beliau merupakan istri dari Presiden RI yang pertama yaitu Ir. Soekarno.

Siapa saja tokoh yang mengibarkan Bendera Merah Putih saat Proklamasi?

1. Abdul Latief Hendraningrat
2. Suhud Sastro Kusumo
3. SK. Trimurti

Baiklah, itu dia pembahasan dari ulasan kali ini mengenai Ukuran Bendera Merah Putih, semoga bermanfaat dan menjadi wawasan baru untuk kita semua.