Ukhti Fillah Artinya

Posted on

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh sobat rumus.co.id kali ini akan menyampaikan artikel tentang Ukhti Fillah Artinya dalam islam lengkap dengan pengertian, makna, keutamaan dan kosakata supaya mudah di pahami.

Ukhti Fillah – Adalah salah satu ucapan dalam islam yang dimana ungkapan kepada sesama muslim terutama kepada saudara perempuan, dalam hal ini juga ukhti fillah sesuai dengan apa yang sudah diajarkan oleh Syakhul Islam Ibnu Taimiyah dengan kecintaan kepada yang dicintai dan berniat cintanya karna Allah swt, Langsung saja simak pembahasan di bawak ini.

Ukhti Fillah Adalah

Ukhti-Fillah-Artinya

Ukhti fillah adalah sebutan kepada saudara perempuan dan kata ini juga berasal dari bahasa arab, yang bermakna (saudari) sehingga hal ini juga berkaitan dengan prilaku dan memandang orang dalam segi agama.

Maka arti dari ukhti fillah juga berarti saudari seiman karena Allah, tentunya akan berlaku untuk sesama muslimah terutama kepada saudara kandung, Jadi ukhti fillah terdapat juga dalam kosakata diantaranya adalah.

  • Sebagai kata فِيِ ﷲ ke bahasa Indonesia adalah karena Allah
  • Sebagai ungkapan ukhti (اُخْتُخْيِ) ke Bahasa Indonesia adalah saudara perempuan saya
  • Sebagai ungkapan kata صَاحِبِ ke bahasa Indonesia adalah teman pria
  • Sebagai ungkapan dari kata صَاحِبِ dalam bahasa Indonesia adalah teman

Dalam riwayat Rasulullah saw bersabda:

“Barangsiapa mencintai karena Allah dan tidak membenci karena Allah maka Alloh akan memberikan kebaikan karna Alloh, dan akan sempurna Imannya.

Ukhti fillah sebagai ungkapan cinta yang paling tinggi dan bermanfaat dihadapan Allah Ta’ala semata sehingga akan terbentuknya sikap hanya menuhankan Allah Ta’ala saja.

Allah Ta’ala adalah hal yang wajib dicintai karena dia adalah Dzat-Nya sendiri, sebagai dari rasa cinta kepada Allah Ta’ala.

Baca Juga: Arti Syukron

Makna Yang Tercantum Dalam Ukhti Fillah

Dari pembahasan di atas maka ada juga beberapa makna tentang kecintaan Allah swt dalam Ukhti Fillah diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Sebagai ungkapan kata dan rasa cintai karena Allah Ta’ala dan Radhiallaahu saw telah berkata:

Jika ada di antara kamu yang mencintai temanmu, kamu harus pergi ke rumahnya dan mengatakan kepadanya bahwa kamu mencintainya karena Allah Ta’ala.” Baca Juga: Arti Syafakillah

2. Saling Memberi kepada sesama hamba Allah, dan Alloh berkata dalam kisah Abu Hurairah Radhiallaahu anhu “Memberi satu sama lain pasti kamu akan saling mencintai.”

Nama yang berkaitan dalam Ukhti Fillah
AkhtarYang terpilih
BakhtiarYang bahagia
IkhtiarUpaya dan usaha pilihan
IkhtiariPilihanku
IkhtiaruddinPilihan agama
MukhtarTerpilih
MuktiPemberani
FadlullahKelebihan Allah
FakhrullahKemegahan Allah
FathullahPembukaan, kejayaan Allah
FellahBunga melati

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan pembahasan tentang Ukhti Fillah Artinya, lengkap dengan makna dan kosakatanya, semoag apa yang sudah kami sampaikan diatas dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Arti Ar Rahman