Tumbuhan Yang Hampir Punah

Posted on

Hallo sobat kami dari rumus.co.id akan mengulas artikel materi tentang Tumbuhan Yang Hampir Punah – lengkap dengan pengertian, contoh, gambar, ciri – ciri, fungsi dan struktur, supaya mudah di pahami.

Tumbuhan Yang Hampir Punah – adalah sebuah peranan dari berbagai jenis tanaman yang memiliki fungsi dengan membetuk struktur benih dalam kelompok tanaman, sehingga dari berbagai jenis tanaman akan mudah bekembang dengan habitatnya langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Apa Itu Tumbuhan Yang Hampir Punah

Tumbuhan-Yang-Hampir-Punah

Dlam keanekaragaman hayati yang meluas dari Sabang ke Merauke dengan semua varietasnya yang telah ditemukan di dunia bahwa Indonesia sebagai negara terkaya dalam variasi ini.

Banyak tanaman telah diidentifikasi yang telah dimasukkan dalam penentuan tanaman yang terus tumbuh dan selalu memiliki cara menanam setiap tanaman di setiap jenis tanaman.

Dalam bentuk varietas baru melalui seleksi alam tanpa berburu dari tanaman yang memiliki sifat menarik dan rapi sehingga bisa memberi aneka yang memiliki warna yang sangat indah.

Tumbuhan Yang Hampir Punah akan menghancurkan habitat yang mengucapkan pada jenis tanaman yang bisa memprediksi dengan merawat dan melestarikan tanaman di daerah indonesia.

Baca Juga: Alat Pernapasan Manusia

12 Tumbuhan yang Hampir Punah 

Dari pembahasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa jenis Tumbuhan Yang Hampir Punah diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Rafflesia Arnoldi

Rafflesia Arnoldi adalah salah satu jenis tanaman parasit yang membutuhkan inang untuk bertahan hidup hal ini berada di Taman Nasional dengan tanaman yang langka karena saat ini ada banyak orang yang tidak bertanggung jawab yang memiliki hati untuk merusak ekosistem ini.

Ciri cirinya adalah.

  • Selama berbunga warna kelopak tampak
  • Mahkota bunga merah dengan rona ungu
  • Waktu berbunga selama 7 hari
  • Tanaman ini akan tumbuh kembali dalam waktu yang lama
  • Baunya sangat buruk seperti bau bangkai

2. Anggrek Hitam

Anggrek hitam adalah salah satu jenis tanamanan yang hampir punah karena tanaman langka ini memiliki kekhasan di sisi bunga yang memiliki labellum hitam yang sering disebut sebagai Black Orchid.

3. Pohon Damar

Pohon Damar adalah salah satu jenis tanaman yang termasuk kategori tanaman langka yang semakin terancam punah karena pengaruh eksploitasi.

Tumbuhan ini bisa mencapai ketinggian 60 meter yang akan digunakan untuk kayu dan getahnya sering digunakan untuk membuat kopal Pohon ini memiliki nama yang berbeda dengan cara yang unik.

Baca Juga: Batang Monokotil

4. Bunga semantik

Bunga semantik adalah salah satu tanaman yang memiliki kebiasaan makan serangga atau binatang kecil dengan membuka sel dan kemudian membiarkan sekelompok serangga masuk ke dalamnya.

Kemudian kantong tenaman ini akan melakukan proses pencernaan serangga yang sebelumnya dia tangkap.

5. Kayu Ulin

Kayu ulin merupakan salah satu tanaman khas Kalimantan yang memiliki pohon yang sering disebut kayu besi karena kekuatan kayu yang tangguh dan akan mencapai ketinggian 36m dan diameter 95cm.

Sayangnya pohon ini sangat sulit dan harus disesuaikan dengan vegetasi, iklim, dan cuaca dan beberapa hutan di Kalimantan dan Sumatra.

6. Pohon cendana

Cendana adalah pohon yang digunakan oleh orang Indonesia setiap hari sebagai kayu untuk kebutuhan dupa atau parfum dan aromaterapi.

7. Tongkat anggrek

Tongkat anggrek ini adalah jenis tanaman dengan kategori bunga yang besar dan memiliki berat lebih dari 1 ton dan panjangnya 3 meter sehigga tanaman disebut sebagai tanaman raksasa.

Dan memiliki warna kekuningan dengan kombinasi bintik-bintik merah coklat, merah dan gelap yang akan mengatur tanaman yang lainnya dan akan terancam punah.

Baca Juga: Akar Serabut

8. Bunga kantong semar

Tanaman Bunga kantong semar adalah pohon Semar Pouch yang dikenal di seluruh dunia karena keunikannya, yang terbesarnya terletak pada kemampuannya untuk serangga seperti lalat, lebah, dan kumbang.

9. Tengkawang

Tengkawang adalah salah satu nama pohon yang menghasilkan minyak nabati dan akan tumbuh di Kalimantan dan sebagian kecil Sumatera tanaman tengkawang ini dikenal sebagai maskot provinsi.

10. Pohon Enau

Pohon Enau adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak kegunaan sebagai pelindung untuk sapu dan alat untuk menyesuaikan diri dengan melindungi batang.

11. Pohon Durian

Pohon Durian adalah satu-satunya yang dapat bertahan hidup di daerah tropis dan pohon durian adalah sebuah pohon yang terkaya di wilayah Kalimantan dan memiliki plasma nutfah Durian ini.

12. Edelweiss Jawa (Anaphalis javanic)

Edelweiss Jawa adalah sebuah tanaman yang langka di Indonesia karena dengan kehidupan habitat yang terletak di pegunungan di wilayah Pulau Jawa dan memiliki keunikan dan memberikan manfaat untuk kebutuhan manusia.

Demikian beberapa pembahasn dari kami tentang Tumbuhan Yang Hampir Punah, yang ada di wilayah Indonesia lengkap dengan pengertiannya, semoga apa yang sudah kami ulas di atas dapat beguna dan bermanfaat, sekian dan teriam kasih.

Baca Juga: Fungsi Xilem