Tujuan Sosialisasi

Posted on

Tujuan Sosialisasi – Pada prinsipnya, kegiatan Sosialisasi ini bertujuan untuk membuat agar seseorang memiliki pribadi yang sejalan dengan nilai dan juga norma secara umum yang ada di lingkungan masyarakat.

Tujuan Sosialisasi

Sejalan dengan nilai serta norma memiliki makna bahwa setiap orang menyadari status sosial mereka di kalangan masyarakat sehingga mereka dapat melaksanakan peran sosial mereka sebagaimana mestinya.

Tidak hanya itu saja, dengan adanya kepribadian yang sejalan, setiap orang dianggap memiliki kemampuan untuk hidup bermasyarakat. Sebelum kita mengetahui, apa saja tujuan-tujuan dari kegiatan Sosialisasi, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari Sosialisasi.

Sosialisasi adalah proses pengajaran dan juga pembelajaran atau disebut juga sebagai transmisi nilai, kebiasaan serta peraturan saat bertindak dalam lingkungan masyarakat dari satu generasi ke generasi sesuai dengan peran serta status sosial masing-masing kelompok masyarakat.

Definisi Socialization Menurut Para Ahli

Selain penjelasan yang ada diatas, dibawah ini terdapat beberapa pengertian yang disampaikan oleh beberapa para ahli Sosiologi, diantaranya adalah :

1. Peter L. Berger

Menurut Peter L. Berger, Sosialisasi diartikan sebagai suatu proses pembelajaran yang dilakukan oleh seorang anak untuk menjadi anggota dan juga ikut berpartisipasi di dalam lingkungan masyarakat.

2. Greenberg

Menurut Greenberg, Sosialisasi diartikan sebagai proses mengubah seseorang menjadi subjek eksternal sehingga mereka dapat secara aktif berpartisipasi sebagai anggota dari suatu organisasi.

3. Gibson

Menurut Gibson, Sosialisasi diartikan sebagai aktivitas yang dilakukan oleh organisasi guna menciptakan dan juga mengintegrasikan tujuan dari sebuah organisasi maupun individu.

Sehingga dapat disimpulkan dari pengertian tersebut bahwa didalamnya terkandung dua keperluan yang berbeda-beda, yaitu keperluan individu dan juga keperluan dari suatu organisasi.

4. Robert M.Z. Lawang

Menurut Robert M.Z. Lawang, Sosialisasi diartikan sebagai proses untuk mempelajari nilai, norma, peran serta segala persyaratan lainnya yang dibutuhkan agar dapat berpartisipasi secara efektif di dalam lingkungan sosial.

5. Karel J.Veeger

Menurut Karel J. Veeger, Sosialisasi diartikan sebagai proses belajar mengajar. Seperti, ketika orang tua yang memberikan didikan kepada anaknya mengenai tata krama serta sopan santun.

6. Bruce J. Cohen

Menurut Bruce J. Cohen, Sosialisasi merupakan sebuah proses pembelajaran yang dilakukan oleh seorang individu terhadap nilai dan juga norma yang terkandung di dalam lingkungan masyarakat sehingga individu bisa menjadi bagian dari masyarakat itu sendiri.

Baca Juga :
Interaksi Sosial
Contoh Masalah Sosial
Kesenjangan Sosial

Tujuan Sosialisasi

Berikut ini merupakan tujuan-tujuan dari Socialization yang perlu kalian ketahui, diantaranya adalah :

  • Menyampaikan ilmu pengetahuan kepada setiap individu agar bisa menjalin hidup bermasyarakat.
  • Memberikan pelatihan guna meningkatkan keterampilan dari para individu agar dapat bertahan hidup.
  • Meningkatkan kemampuan dari setiap individu guna melakukan interaksi sosial.
  • Memberikan kesadaran terhadap individu akan hak dan juga kewajiban mendasar yang dimiliki oleh seseorang di dalam lingkungan masyarakat.
  • Bertujuan agar semua anggota dalam masyarakat dapat mengetahui berbagai macam nilai kehidupan dan norma.
  • Supaya seluruh anggota dalam masyarakat mampu memahami lingkungan sosial serta budaya, baik di dalam lingkungannya sendiri maupun lingkungan yang baru.
  • Guna melatih keterampilan dan juga pengetahuan dari para individu demi keberlangsungan hidup dari masyarakatnya.

Jenis – Jenis Beserta Tahapan Socialization

Secara umum, terdapat beberapa jenis dari Socialization beserta dengan tahapan proses terjadinya jenis-jenis Socialization. Berikut ini adalah penjelasannya, yaitu :

1. Primary Socialization

Sosialisasi primer didefinisikan sebagai proses sosialisasi yang dilakukan oleh individu untuk pertama kalinya sejak mereka masih kecil. Ini adalah fase pertama di mana semua anggota komunitas dapat bergabung dengan grup komunitas.

Sosialisasi utama ini dimulai di dalam keluarga, di mana individu akan mulai belajar membedakan diri dari orang lain yang ada di sekitar mereka. Di fase ini, seluruh anggota keluarga memainkan peranan penting bagi individu tersebut

Di sini, untuk pertama kalinya, seseorang mendapatkan pelajaran tentang budaya keluarga, baik dari segi agama, aturan, dan lainnya.

2. Secondary Socialization

Sosialisasi sekunder menjadi pelajaran selanjutnya yang akan diajarkan kepada individu. Pada fase ini, seseorang akan diajarkan untuk mengenali lingkungannya yang berada di luar lingkungan keluarga, baik itu norma maupun nilai yang terdapat di masyarakat.

Proses sosialisasi sekunder ini harus memungkinkan orang untuk menerima nilai dan norma yang berlaku. Secara umum, sosialisasi sekunder ini merupakan faktor penentu dari sikap seseorang sebab telah beradaptasi dengan lingkungan sosial yang berbeda.

F.A.Q

Apa itu Sosialisasi?

Sosialisasi adalah proses pengajaran dan juga pembelajaran atau disebut juga sebagai transmisi nilai, kebiasaan serta peraturan saat bertindak dalam lingkungan masyarakat dari satu generasi ke generasi sesuai dengan peran serta status sosial masing-masing kelompok masyarakat.

Media apa saja yang terdapat dalam Sosialisasi?

1. Keluarga
2. Sahabat
3. Media Massa
4. Teman
5. Sekolah atau Universitas

Fungsi dari Sosialisasi adalah?

Secara umum, sosialisasi berfungsi sebagai media untuk pelestarian individu, penyebarluasan serta pewarisan norma-norma dan juga nilai sosial.

Demikian ulasan singkat dalam artikel kali ini, semoga bisa membantu kalian untuk mempelajarinya.