Tugas PPKI

Posted on

Tugas PPKI – Terdapat banyak sekali hal yang harus dilalui oleh rakyat Indonesia sebelum mencapai kemerdekaannya saat ini. Hingga berbagai macam badan organisasi yang dibentuk baik oleh rakyat Indonesia ataupun oleh penjajah.

Organisasi tersebut digunakan sebagai alat untuk mewujudkan cita-cita Republik Indonesia yaitu untuk Merdeka. Salah satu badan organisasi adalah PPKI yang merupakan sebuah organisasi bentukan pemerintahan jepang.

Apakah kalian sudah pernah mendengar istilah atau singkatan dari PPKI? Agar kalian semua dapat lebih memahaminya, berikut ini penjelasan lengkap mengenai PPKI.

Definisi PPKI

PPKI merupakan singkatan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau didalam bahasa Jepang disebut sebagai Dokuritsu Zyunbi Inkai. Organisasi ini merupakan salah satu organisasi yang bertugas untuk mempersiapkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Tugas PPKI

Sejarah Pembentukan PPKI

PPKI adalah salah satu organisasi yang dibentuk pada tanggal 7 Agustus 1945 oleh pemerintahan Jepang yang bertugas menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan masalah ketatanegaraan dan juga untuk menerima penyerahan kekuasaan pemerintahan dari Jepang.

Anggota PPKI ini berjumlah 21 orang, yang diketuai oleh Soekarno dan juga diwakili oleh Moh. Hatta. Tidak hanya itu saja, didalam PPKI juga terdapat seseorang yang ditunjuk sebagai penasehat yaitu Mr. Ahmad Subardjo.

Namun, tanpa sepengetahuan dari pihak Jepang, PPKI telah menambahkan 6 anggotanya lagi yang terdiri dari Wiranatakusumah, Ki Hadjar Dewantara, Mr. Kasman Singodimedjo, Sayuti Melik, Iwa Kusumasumantri, dan juga Ahmad Soebardjo.

Organisasi ini dibuat bertujuan agar mendapatkan simpati dari berbagai golongan yang ada di Indonesia pada saat itu, agar mereka mau membantu Jepang didalam perang pasifik, dimana kedudukan Jepang sudah semakin terdesak.

Tak hanya itu saja, Jepang juga sudah berjanji untuk memberikan kemerdekaan yang sah kepada bangsa Indonesia dengan melalui sebuah Perjanjian Kyoto.

Baca Juga : Makna Sumpah Pemuda

Tugas – Tugas PPKI

Sejatinya, PPKI ini dibentuk untuk melanjutkan tugas-tugas BPUPKI yang masih belum selesai. Dibawah ini terdapat beberapa Tugas dari PPKI yang wajib kalian ketahui, yaitu :

1. Mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan Kemerdekaan Bangsa Indonesia

Tugas utama dari organisasi PPKI ini adalah untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan Kemerdekaan dari Bangsa Indonesia. Persiapan yang dimaksud disini adalah segala hal yang terkait pada Kemerdekaan.

Mulai dari waktu dan juga tempat pembacaan dari Teks Proklamasi Kemerdekaan, persiapan anggota hingga ke penyusunan dari struktur negara setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

2. Mengesahkan Undang-Undang Dasar Negara

Didalam suatu negara tentunya harus mempunyai sebuah konstitusi yang akan mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan negara. Dalam hal ini, PPKI memiliki tugas untuk membuat, menyusun dan juga mengesahkan Undang-Undang Dasar dari Negara Indonesia.

3. Memilih dan juga Mengangkat Presiden dan Wakil Presiden

Tidak hanya itu saja, PPKI juga memiliki tugas yang lainnya, seperti memilih dan juga mengangkat presiden dan wakil presiden Negara Indonesia pada saat itu.

Presiden yang dipilih nantinya akan bertugas sebagai kepala negara dan juga kepala pemerintahan. Sedangkan, wakilnya lah yang akan membantu semua pekerjaan yang dilakukan Presiden.

Pada saat itu, PPKI sudah menetapkan bahwa Soekarno sebagai Presiden pertama dari negara Indonesia dan Mohammad Hatta adalah wakil Presiden Indonesia.

4. Membuat Sebuah Komite Nasional Yang Membantu Tugas Presiden

Didalam menjalankan dan juga menyelesaikan segala macam tugas serta pekerjaannya, presiden akan dibantu oleh sebuah komite nasional yang dibentuk oleh PPKI. Pembentukan komite nasional ini dilakukan jauh sebelum MPR dan juga DPR terbentuk.

Baca Juga : Isi Piagam Jakarta

Sidang PPKI Pertama Hingga Ke Tiga

Sidang PPKI ini dilakukan sebanyak 3 kali pada tanggal 18, 19 dan juga 22 Agustus 1945. Didalam sidang tersebut menghasilkan beberapa keputusan-keputusan sebagai berikut ini :

1. Hasil dari Sidang PPKI yang pertama pada Tanggal 18 Agustus 1945

  • Mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945 Negara Indonesia.
  • Memilih Ir. Soekarno sebagai Presiden pertama dari Negara Indonesia dan Drs. Mohammad Hatta sebagai wakilnya.
  • Dibentuknya Komite Nasional yang bertugas untuk membantu segala macam tugas Presiden sementara, sebelum dibentuknya MPR dan juga DPR.

2. Hasil dari Sidang PPKI yang kedua pada Tanggal 19 Agustus 1945

  • Berhasil menentukan Pembagian wilayah Indonesia yang terdiri dari 8 Provinsi.
  • Membentuk sebuah Komite Nasional Daerah.
  • Menetapkan 12 departemen dengan menterinya sekaligus yang mengepalai departemen dan juga 4 menteri negara.

3. Hasil dari Sidang PPKI yang ketiga pada Tanggal 22 Agustus 1945

  • Pembentukan Komite Nasional.
  • Membentuk Partai Nasional Indonesia.
  • Pembentukan Badan Keamanan Rakyat.

Baca Juga : Isi Perjanjian Saragosa

Apa yang dimaksud dengan PPKI?

PPKI merupakan salah satu organisasi yang bertugas untuk mempersiapkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Apa tujuan dari pembentukan PPKI?

PPKI ini dibentuk umumnya untuk melanjutkan tugas-tugas dari BPUPKI yang masih belum selesai sebelum pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan.

PPKI ini dibentuk pada tanggal berapa dan diketuai oleh siapa?

PPKI ini dibentuk oleh pemerintah Jepang pada tanggal 7 Agustus 1945 dan diketuai oleh Ir. Soekarno dan diwakili oleh Moh. Hatta.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini mengenai Tugas PPKI, semoga membantu dan bermanfaat untuk para pembaca.