Tugas Kepala Sekolah

Posted on

Tugas Kepala Sekolah – Kepala Sekolah adalah salah satu posisi atau jabatan yang memiliki peran cukup penting di dalam struktur komite sekolah pada suatu sekolah, baik itu dari tingkat dasar hingga menengah.

Tugas Kepala Sekolah

Dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atau sekolah kejuruan, kita tentunya sudah mengenal tentang istilah yang satu ini.

Ya, Kepala Sekolah merupakan seorang guru yang mendapatkan tugas serta amanah untuk menjadi pemimpin yang melaksanakan segala bentuk aktivitas sekolah, baik itu dalam aktivitas operasional atau non-operasional yang berkaitan dengan sekolah dan juga strukturnya.

Tugas Kepala Sekolah

Di dalam struktur komite sekolah, seorang Kepala Sekolah tentunya mempunyai fungsi, wewenang dan tugas yang banyak sekali. Dibawah ini merupakan beberapa tugas dari kepala sekolah berdasarkan dengan fungsinya, yaitu :

1. Fungsi Dalam Bidang Manajerial

Fungsi manajerial adalah salah satu fungsi yang cukup penting dari seorang kepala sekolah, sebab beliau harus mampu dan juga bisa diandalkan untuk mengelola setiap kegiatan serta perangkat yang ada di lingkungan sekolah yang dipimpinnya.

Sebagai salah satu bagian sekolah yang mempunyai fungsi manajerial, tentunya kepala sekolah ini mempunyai tugas penting yang harus mampu untuk dilaksanakan.

Dibawah ini terdapat beberapa tugas dari kepala sekolah apabila dilihat dari fungsi manajerialnya, yaitu diantaranya adalah :

  • Mengatur rencana sekolah dalam berbagai tingkat perencanaan.
  • Meningkatkan organisasi sekolah sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.
  • Memimpin sekolah dalam konteks penggunaan sumber daya sekolah secara maksimal.
  • Me-manajemen perubahan dan peningkatan menuju organisasi pembelajaran yang lebih efektif lagi.
  • Menciptakan budaya serta suasana sekolah yang lebih kondusif dan juga inovatif untuk kegiatan pembelajaran siswa.
  • Me-manajemen guru serta staf dalam konteks pemanfaatan sumber daya manusia yang optimal.
  • Mengelola fasilitas dan juga infrastruktur yang ada di sekolah sebagai bagian dari pemanfaatan yang efisien.
  • Menjalin hubungan antara sekolah dengan masyarakat terkait dalam rangka mencari dukungan baik itu berupa sebuah ide, sumber belajar serta pendanaan sekolah.
  • Mengelola siswa dalam konteks penerimaan siswa baru, magang serta peningkatan kapasitas siswa.

2. Fungsi Dalam Bidang Perencanaan

Fungsi perencanaan adalah dimana kepala sekolah harus dapat melaksanakan dan mengatur kegiatan perencanaan. Baik untuk kegiatan belajar mengajar atau kegiatan ekstrakurikuler, aktivitas pelatihan untuk guru dan staf serta rencana lain demi masa depan sekolah yang mereka kelola.

Terdapat beberapa tugas yang dimiliki oleh kepala sekolah terkait dengan fungsi perencanaan ini, yaitu diantaranya adalah :

  • Melaksanakan perencanaan keuangan dengan mengusulkan dan juga menyetujui anggaran belanja serta anggaran pendapatan sekolah.
  • Ikut berpartisipasi dalam rangka menetapkan jumlah biaya sekolah yang harus dibayarkan oleh siswa setiap bulannya.
  • Berperan aktif di dalam pertemuan bersama dengan dinas pendidikan serta pihak dari pemilik sekolah dalam rangka membahas perencanaan sekolah.
  • Menjalankan kurikulum yang diberlakukan di sekolah.
  • Menjalankan dan juga menerapkan visi serta misi sekolah yang dipimpinnya.
  • Melaksanakan perencanaan terhadap karyawannya, seperti meningkatkan karir dari setiap staff, mengevaluasi karyawan, menambahkan karyawan dan lainnya.
  • Mengatur tujuan kerja yang harus diwujudkan oleh semua pejabat sekolah, setidaknya untuk tahun ajaran berikutnya.
  • Mengembangkan serta mengoptimalkan fasilitas seperti sarana dan prasarana yang ada di sekolah.

Baca Juga :
Tugas DPR
Tugas DPD
Prinsip Demokrasi Pancasila

3. Fungsi Dalam Bidang Dukungan Serta Sosial

Seorang kepala sekolah akan dituntut untuk mempunyai fungsi yang bersifat mendukung serta sosial bagi setiap anggotanya.

Hal ini dapat diartikan bahwa, setiap kepala sekolah mempunyai kewajiban untuk menyampaikan dukungan kepada setiap anggotanya serta dapat berlaku adil dan mempunyai jiwa sosial tinggi untuk menolong siapapun yang memerlukan pertolongan.

Terdapat beberapa tugas yang dimiliki oleh kepala sekolah terkait dengan fungsi dukungan dan sosial ini, yaitu diantaranya adalah :

  • Memberikan dukungan keuangan kepada sekolah yang berpartisipasi dalam kompetisi dan kontes.
  • Mendukung hasil inovasi yang dibuat oleh siswa.
  • Dukungan beasiswa untuk siswa berprestasi.
  • Membantu para siswa atau anggota sekolah yang sedang mengalami masalah dengan memberikan dukungan moral.
  • Memfasilitasi sekolah dengan pihak luar untuk menyelesaikan masalah atau mendiskusikan masalah tertentu.

4. Fungsi Dalam Bidang Pengawasan

Dalam hal ini, kepala sekolah mempunyai peran, fungsi serta wewenang dalam memastikan keadilan dan aturan yang ditetapkan di lingkungan sekolah.

Selain itu, kepala sekolah juga berkewajiban untuk memantau semua kegiatan yang dilakukan di sekolah, di lingkungan sekolah atau di luar lingkungan sekolah yang akan membawa nama baik sekolah.

Fungsi pengawasan ini terlihat sederhana, tetapi sangat sulit untuk dijalani. Karena fungsi pengawasan ini, kepala sekolah diharuskan menjadi individu yang lebih objektif serta adil dalam melakukan pengawasan baik dalam menyampaikan sanksi, hukuman atau hadiah untuk setiap anggota sekolah.

Terdapat beberapa tugas yang dimiliki oleh kepala sekolah terkait dengan fungsi pengawasan ini, yaitu diantaranya adalah :

  • Menyepakati aturan serta peraturan yang adil dan objektif untuk guru, staf, dan juga siswa.
  • Memberlakukan sanksi tegas serta nyata kepada semua peralatan sekolah yang melanggar peraturan.
  • Melindungi setiap anggota sekolah seperti guru, staf, dan juga siswa, bisa membawa nama baik serta martabat sekolah pada saat di luar lingkungan sekolah.
  • Kepala Sekolah berperan aktif untuk meningkatkan pengawasan terhadap siswa siswinya agar tidak terlibat di dalam berbagai macam hal serta aktivitas yang melanggar hukum serta norma.
  • Mendelegasikan peran pengawasan ke banyak guru yang berwenang, misalnya seperti wakil kepala sekolah atau pihak keamanan sekolah.
  • Bertugas untuk memastikan bahwa sekolah dapat dijadikan sebagai lingkungan yang aman dan juga nyaman untuk semua orang yang terlibat.

F.A.Q

Apa itu Kepala Sekolah?

Kepala Sekolah merupakan seorang guru yang mendapatkan tugas serta amanah untuk menjadi pemimpin yang melaksanakan segala bentuk aktivitas sekolah, baik itu dalam aktivitas operasional atau non-operasional yang berkaitan dengan sekolah dan juga strukturnya.

Tugas Kepala Sekolah sebagai Inovator adalah?

1. Melakukan pembinaan untuk guru dan staf di sekolah.
2. Terapkan pembaruan untuk mengeksplorasi sumber daya yang tersedia di komite sekolah.
3. Melaksanakan perubahan pada kurikulum dan KBM.

Fungsi dari Kepala Sekolah yang diungkapkan oleh Soewadji Lazaruth?

1. Sebagai administrator pendidikan.
2. Berfungsi sebagai supervisor pendidikan.
3. Sebagai pemimpin pendidikan.

Sekianlah pembahasan dari ulasan kali ini, semoga membantu untuk menambah wawasan kalian, terimakasih.