Tugas Humas

Posted on

Tugas Humas – Mungkin di antara kita semua sudah banyak yang tidak asing lagi ketika mendengar istilah “Humas” ini. Tapi apakah kalian sudah mengetahui, apa sebenarnya Humas itu?

Tugas Humas

Nah, dalam pembahasan di kesempatan ini, Rumus.co.id akan mencoba untuk menjelaskan-nya secara rinci kepada pembaca setia mengenai Humas beserta dengan hal-hal yang ada didalamnya. Yuk simak penjabaran di bawah ini.

Definisi Humas (Public Relation)

Pada dasarnya, Humas merupakan salah satu profesi yang ada di dalam suatu organisasi yang berperan untuk melakukan sebuah interaksi, hubungan serta kerjasama dengan masyarakat sekitar berhubungan dengan organisasinya.

Istilah Humas adalah kependekan dari Hubungan Masyarakat (Public Relation) yang memiliki tanggung jawab untuk membangun dan memelihara reputasi yang baik, citra yang berguna dan juga bermanfaat, serta komunikasi antara organisasi dan juga masyarakat.

Di dalam dunia bisnis, fungsi PR atau Humas sering dikait-kaitkan dengan bidang pemasaran, padahal kedua hal tersebut sangat berbeda. Sebagai sebuah profesi, bidang hubungan masyarakat ini memiliki beberapa peran.

Mulai dari membantu untuk mendidik, memberikan informasi, membangkitkan minat publik hingga merencanakan strategi agar memperoleh simpati dan membuat orang mengerti dalam kondisi tertentu.

Tugas Humas (Public Relation)

Pastinya, Hubungan Masyarakat memiliki banyak sekali tugas, namun tidak dapat kami sebutkan secara keseluruhan di dalam satu artikel. Berikut ini beberapa tugas dari Humas, yaitu sebagai berikut :

  1. Menyebarkan informasi yang berkaitan dengan ide, visi dan juga tugas dari suatu organisasi atau perusahaan sehingga tujuannya dapat dikomunikasikan dengan jelas tanpa harus menimbulkan ketimpangan yang berbahaya bagi kedua belah pihak, baik untuk masyarakat serta organisasi atau perusahaan itu sendiri.
  2. Menyampaikan materi terbaru tentang topik atau diskusi yang disampaikan ke strata masyarakat oleh para pemimpin organisasi, dalam bentuk seminar, pidato, konferensi atau bahkan studi umum dan sejenisnya.
  3. Memberikan informasi kepada publik secara transparan dan juga langsung, tergantung dari apa yang dikomunikasikan oleh kepala organisasi.
  4. Merancang program dan mengembangkan rencana yang terkait dengan layanan nirlaba untuk eksekutif dengan tujuan mendapatkan simpati yang mengarah pada persetujuan masyarakat untuk keinginan perusahaan atau organisasi.

Baca Juga :
Tugas Kepala Sekolah
Pengertian Organisasi
Infrastruktur Politik

Prinsip – Prinsip Public Relation

Agar Public Relation dapat berjalan secara efektif dan juga efisien, tentunya harus memiliki beberapa prinsip dasar yang berlaku untuk merealisasikan visi dan juga misi dari Public Relation itu sendiri.

Berikut ini merupakan prinsip-prinsip dari Hubungan Masyarakat, yaitu sebagai berikut :

  1. Dalam melaksanakan tugasnya harus sesuai dengan realita, dan tidak didasarkan pada fiksi, argumen atau Hoax yang berkembang di lingkungan masyarakat.
  2. Tidak boleh menggunakan taktik, upaya, dan juga siasat yang bertujuan untuk menipu atau membodohi media massa.
  3. Harus bekerja dan juga berkontribusi dengan mengutamakan kepentingan sosial, bukan untuk individu atau kepentingan pribadi khusus.
  4. Harus bisa bertindak sebagai komunikator antara kedua belah pihak, yaitu masyarakat dengan organisasi.
  5. Memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan setiap program perencanaan di masyarakat dengan tujuan untuk menerima dukungan dari pihak-pihak yang terkait secara internal dan juga eksternal yang mewakili kebijakan serta program organisasi yang mereka wakili.
  6. Musti dapat bekerja dengan para ahli di bidang terkait sehingga tujuan masing-masing pihak dapat dicapai dengan baik dan hal-hal yang tidak diinginkan dapat diminimalkan.
  7. Humas harus mampu untuk membangun aktivitas kinerja apapun berdasarkan dengan penelitian ilmiah di bidang opini publik.
  8. Memiliki tanggung jawab untuk melaporkan kepada komunitas tentang masalah yang dihadapi oleh organisasi atau perusahaan.

Contoh Public Relation

Berikut ini merupakan contoh-contoh dari Humas (Hubungan Masyarakat), yaitu diantaranya adalah :

1. Humas Media Cetak

Departemen PR (humas) media cetak ini diharuskan untuk menyampaikan informasi kepada media dalam bentuk pernyataan tertulis. Tidak hanya kepada satu media saja, namun juga kepada siaran pers (press release) yang diterbitkan kepada beberapa media penyiaran.

2. Humas Media Audio Visual

Sedikit berbeda, tetapi dengan tugas yang sama, yaitu menyebarkan informasi secara luas. Hanya saja public relations dalam bidang media audiovisual ini lebih fokus terhadap pertukaran informasi melalui suatu media siaran berbentuk suara (audio) serta gambar (video).

Di dalam hal ini, media yang biasanya digunakan misalnya seperti radio dan juga televisi.

3. Humas Media Online

Semakin berkembangnya teknologi, hubungan masyarakat juga membantu beradaptasi dengan penyebaran informasi kepada masyarakat, termasuk melalui penciptaan hubungan masyarakat di media online atau sosial.

Departemen humas media online ini memiliki tanggung jawab untuk mendistribusikan informasi melalui berbagai media yang dapat diakses kapan saja, di mana saja melalui jaringan Internet. Dalam hal ini, media yang dimaksud dapat berupa situs web atau situs web publik.

F.A.Q

Hubungan Masyarakat adalah?

Humas merupakan salah satu profesi yang ada di dalam suatu organisasi yang berperan untuk melakukan sebuah interaksi, hubungan serta kerjasama dengan masyarakat sekitar berhubungan dengan organisasinya.

Fungsi dari Public Relation yaitu?

1. Untuk menyampaikan pemahaman kepada publik.
2. Meyakinkan orang-orang dengan tujuan untuk mengubah perilaku dan juga sikap.
3. Berusaha untuk menyatukan perilaku dan juga sikap masyarakat agar bisa sesuai dengan sikap serta tindakan dari suatu lembaga, atau sebaliknya.

Tujuan dari Humas adalah?

1. Untuk menambah partisipasi yang lebih besar, dukungan serta bantuan konkret dari masyarakat dalam bentuk personil, infrastruktur serta sumber daya yang nantinya digunakan untuk memfasilitasi dan juga melaksanakan tujuan organisasi.
2. Mendorong dan menyemangati kembali rasa tanggung jawab kepada masyarakat yang lebih besar terhadap program organisasi yang berkelanjutan, efektif dan juga efisien.

Sekian dulu ya pembahasan kita kali ini tentang Tugas Humas dan lain-lainnya. Semoga ulasan kali ini menambah wawasan baru untuk kita semua…