Tugas HRD

Posted on

Tugas HRD – Hampir semua perusahaan atau unit bisnis mempunyai seseorang yang berperan sebagai Human Resource Department (HRD) atau pembagian sumber daya manusia dalam pelaksanaan struktur organisasi.

Tugas HRD

Manajemen personalia ini berfokus dalam upaya untuk memaksimalkan kinerja dari setiap karyawannya sesuai dengan posisi serta tugas mereka di dalam suatu perusahaan atau unit bisnis.

Dalam upaya pengenalan lebih jauh lagi mengenai apa itu HRD? Pada pembahasan kali ini, kita akan menjabarkan mengenai Human Resource Department dibawah ini.

Definisi Human Resource Department (HRD)

HRD merupakan bagian dari perusahaan yang bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya manusia di dalam suatu perusahaan.

Berdasarkan perencanaan anggota, pengembangan, rekrutmen, manajemen kinerja, penentuan gaji atau remunerasi dan pembentukan hubungan industri.

Ada yang mengatakan bahwa HRD merupakan unit bisnis yang mendukung segala sesuatu dalam ruang lingkup pegawai, karyawan, pekerja, manajer, dan anggota lain dalam mendukung kegiatan perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu.

Syarat – Syarat Menjadi Seorang HRD

Jika mengingat betapa pentingnya seorang HRD di dalam suatu perusahaan. Maka, untuk menjadi seorang pegawai HRD, Anda harus memenuhi persyaratan khusus, yaitu sebagai berikut :

1. Latar Belakang Pendidikan

Sesuai dengan peran dan tugas yang selalu dikaitkan dengan departemen sumber daya manusia, maka HRD harus mempunyai kompetensi yang sesuai. Oleh karena itu, pendidikan yang sesuai dengan profesi HRD yaitu departemen psikologis.

Secara umum, keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang lulusan psikologi untuk menjadi HRD adalah kemampuan berkomunikasi dan juga berempati dengan baik. Keduanya sangat penting saat memilih karyawan atau ketika mempromosikan dan juga menyelesaikan masalah.

2. Mampu Memahami Berbagai Karakter Manusia

Perusahaan harus memiliki karyawan dengan latar belakang berbeda dalam ekonomi, pendidikan, hubungan, dan lainnya. Selain itu, setiap individu pasti memiliki karakter yang berbeda.

Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi setiap karyawan HRD. Oleh karena itu, pegawai HRD yang baik harus dapat mengenali dan juga memahami karakter dari setiap karyawannya.

Dengan masalah yang sama, tetapi dengan karakter yang berbeda, maka hal ini harus dilakukan dengan cara yang berbeda juga.

3. Mampu Memahami Seluk-Beluk Suatu Perusahaan

Mengenal perusahaan dari tempat kerjanya merupakan kewajiban bagi setiap karyawan. Namun, ada karyawan perusahaan yang bertanggung jawab atas manajemen personalia.

Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang pro dan kontra dari perusahaan untuk menyampaikan informasi kepada karyawan dengan benar.

Baca Juga :
Pengertian Wawancara
Tugas Resepsionis
Visi Dan Misi

4. Mampu Untuk Memberikan Solusi

HRD memiliki tugas untuk mendengarkan keluhan dari setiap karyawannya tentang masalah dan memberikan solusi yang tepat. Kemampuan untuk membuat keputusan dan solusi dengan cepat dan akurat sangat penting untuk menjaga stabilitas kinerja bisnis.

5. Dapat Membuat Laporan dengan Baik dan Benar

Karyawan HRD harus menguasai dan juga mengetahui cara menghasilkan laporan yang baik dan benar. Laporan HRD umumnya berupa sebuah absensi yang terdiri dari keterlambatan, kehadiran, ketidakhadiran, ataupun cuti karyawan.

Ada juga laporan yang mencakup hasil pemantauan kinerja dari setiap karyawan, hasil evaluasi karyawan, dan juga proses seleksi dalam perekrutan karyawan baru.

Tugas – Tugas Seorang HRD

Sesuai dengan definisi dari HRD yang dijelaskan di atas, terdapat beberapa tugas dan juga tanggung jawab dari staff HRD, yaitu diantaranya adalah :

  • Menerima karyawan baru sesuai dengan posisi yang dibutuhkan dalam perusahaan.
  • Pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dari setiap karyawan.
  • Mengawasi kinerja dari setiap karyawannya.
  • Mendistribusikan gaji dari setiap karyawannya.
  • Melakukan survei dan evaluasi karyawan.
  • Mengawasi keamanan dari setiap karyawan perusahaan.
  • Membentuk sebuah tim ketika perusahaan melaksanakan proyek.
  • Memberikan panduan serta membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi setiap karyawan.
  • Pertahankan dan perkuat rasa solidaritas di antara karyawan.

Fungsi Human Resource Department

Jika dilihat dari definisinya, HRD merupakan sebuah unit perusahaan yang melaksanakan berbagai fungsi yang berkaitan dengan SDM yang terdapat di dalam perusahaan.

Pada dasarnya, fungsi dari HRD dibedakan menjadi dua bentuk, yaitu fungsi internal dan juga eksternal. Berikut ini penjelasannya, yaitu :

1. Fungsi Internal HRD

Fungsi internal dari HRD yaitu meliputi dari perencanaan, penerimaan, orientasi, peningkatan personil, manajemen kinerja, penentuan gaji, serta pemeliharaan hubungan industri.

Selain itu, departemen SDM juga memiliki tanggung jawab untuk menyediakan pelatihan bagi setiap Sumber Daya Manusia perusahaan.

2. Fungsi Eksternal HRD

Fungsi eksternal Dari Human Resource Department yaitu untuk memberikan sarana kepada setiap karyawan di luar perusahaan, dengan mempertimbangkan kapasitas dan keinginan karyawan yang bersangkutan.

F.A.Q

Apa itu HRD?

HRD merupakan unit bisnis yang mendukung segala sesuatu dalam ruang lingkup pegawai, karyawan, pekerja, manajer, dan anggota lain dalam mendukung kegiatan perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu.

Kepanjangan dari HRD adalah?

HRD merupakan singkatan dari Human Resource Department.

Perbedaan antara HRD dengan Personalia adalah?

1. HRD adalah staff perusahaan yang menangani masalah yang berkaitan dengan karyawan, mulai dari proses perekrutan hingga pengembangan dan juga PHK (pemutusan hubungan kerja). Sedangkan
2. Personalia adalah serangkaian aktivitas manajemen SDM untuk berbagai masalah administrasi. Selain itu, personalia juga menjaga hubungan kerja antara perusahaan dan karyawannya.

Demikian ulasan singkat yang disampaikan oleh Rumus.co.id dalam pembahasan kali ini, semoga membantu.

Related posts: