Topologi Tree

Posted on

Topologi Tree – Teknologi jaringan dari waktu ke waktu terus berkembang. Sehingga, saat ini memungkinkan kita lebih sering memakai jaringan nirkabel, misalnya seperti wifi. Akan tetapi, tak semua jaringan yang ada di zaman ini memakai jaringan nirkabel.

Topologi Tree

Sebab, masih ada saja yang terus memanfaatkan kabel dalam jaringan, terutama bagi jaringan yang sifatnya lokal. Di dalam jaringan kabel, terdapat beberapa macam metode jaringan yang umumnya disebut sebagai Topologi.

Topologi dalam jaringan komputer dibedakan menjadi beberapa jenis dan salah satunya yang akan kita bahas pada pembahasan kali ini, yaitu Topologi Tree.

Apa itu Topologi Tree?

Topologi Tree merupakan salah satu tipe dari topologi jaringan komputer yang berasal dari penggabungan antara topologi bus dengan topologi star. Dalam hal ini, Bus Topology digunakan sebagai backbone jaringan yang terhubung dengan beberapa dari Star Topology.

Ada yang mengatakan bahwa, Topologi Tree sebagai Topologi Pohon, sebab pada saat digambarkan topologi ini sangat mirip dengan sebuah pohon yang mempunyai cabang serta ranting.

Dalam jaringan topologi pohon sebenarnya terdapat tingkatan hierarki, di mana jaringan yang memiliki hierarki lebih tinggi dapat mempengaruhi serta mengontrol jaringan yang mendasarinya.

Hal inilah yang menyebabkan mengapa Topologi Pohon sering diterapkan di dalam interkoneksi antar sentral serta hirarki yang berbeda-beda.

Ciri – Ciri Dari Tree Topology

Sama seperti jenis dari Topologi Jaringan yang lainnya, Tree Topology mempunyai karakteristik dan ciri-cirinya tersendiri, yaitu :

  • Merupakan hasil penggabungan dari topologi star serta topologi bus.
  • Setiap perangkat komputer yang terdapat di jaringan ini dihubungkan dengan hub yang berfungsi sebagai pusat kendali jaringan.
  • Di dalam jaringan dari topologi ini memiliki hierarki atau tingkatan.
  • Memiliki karakteristik yang cenderung sama dengan topologi bus dan juga star, sebab kedua topologi ini merupakan dasar dari topologi tree.
  • Setiap komunikasi data yang terdapat di dalam topologi tree harus melalui hub terlebih dahulu.

Baca Juga :
Topologi Bus
Topologi Star
Pengertian Komputer

Cara Kerja Tree Topology

Topologi Tree

Cara kerja dari Tree Topology ini terbilang cukup rumit yaitu dengan membangun sebuah jaringan yang menggunakan sistem pohon yang bercabang-cabang.

Dalam topologi pohon terdapat sistem multi-level yang biasanya digunakan sebagai media koneksi antara pusat, dimana ada hirarki atau tingkatan yang berbeda dalam koneksi.

Pada sistem topologi jaringan pohon ini, komputer yang bertugas sebagai client akan dikelompokan dengan menggunakan topologi star. Selanjutnya, setiap kelompok dari Star Topology ini akan dikoneksikan dengan menggunakan metode yang terdapat pada Bus Topology.

Sementara itu, untuk menghubungkan setiap komputer yang bertugas sebagai client dalam kelompok Star Topology ini menggunakan HUB yang dihubungkan dengan kabel utama yang dikenal dengan sebutan Backbone.

Sebagai contoh, data yang berasal dari kelompok Jaringan Star 1 akan dihubungkan dengan kelompok dari Jaringan Star 2, oleh sebab itu data yang berasal dari kelompok Jaringan Star 1 akan melewati HUB terlebih dahulu.

Baru kemudian data tersebut diteruskan ke Backbone dan dikirimkan lagi menuju ke kelompok dari Jaringan Star 2. Jadi aliran data dalam Tree Topology ini tidak dikirimkan secara langsung, melainkan harus melalui HUB terlebih dahulu.

Keunggulan Dan Kekurangan Topologi Tree

Diantara sekian banyak jenis Topologi, masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan dalam penggunaannya, begitu juga dengan Topologi Tree, yaitu sebagai berikut :

1. Keunggulan

  • Memudahkan penggunaan dalam Penambahan Node
  • Mempermudah dalam Mengatur serta Memanajemen
  • Tingkat Keamanan yang baik dan Teratur
  • Koneksi Jaringan yang besar, sehingga mampu membuat Kelompok, antara Topologi 1 dengan Topologi lainnya
  • Sangat mudah untuk diperkembangkan lebih jauh

2. Kekurangan

  • Peng-Install-an yang sangat susah, karena Struktur Pembentukannya
  • Biaya pemasangan Jaringan yang cukup mahal
  • Sangat sulit dalam Mendeteksi berbagai macam Kesalahan
  • Sistem kinerja Jaringan menjadi lambat, apabila memiliki banyak pengguna
  • Trouble Shooting yang rumit, karena Jaringan Struktur yang besar.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Topologi Tree?

Topologi Tree merupakan salah satu tipe dari topologi jaringan komputer yang berasal dari penggabungan antara topologi bus dengan topologi star.

Karakteristik Topologi Tree yaitu?

1. Memiliki bentuk yang seperti pohon karena bercabang. 
2. Umumnya digunakan dalam interkoneksi antar sentral.
3. Terdapat hirarki yang berbeda-beda.
4. Komunikasi yang terjadi antar kelompok Star Topology dilakukan melalui sebuah HUB.
5. Memiliki sebuah HUB Pusat yang bertugas sebagai pusat data sekaligus sebagai kendali jaringan.

Komponen yang terdapat dalam Topologi Tree terdiri dari?

1. NIC (Network Interface Card)
2. Kabel.
3. HUB.
4. Repeater.
5. Bridges.
6. Switch.

Demikianlah penjelasan dari Tree Topology secara ringkas yang dapat Rumus.co.id sampaikan, semoga menjadi pengetahuan baru bagi para pembaca.