Time Value Of Money Adalah

Posted on

Time Value Of Money Adalah – Sebagai individu, kita pasti sering dihadapkan dengan dua pilihan yang membingungkan, misalnya seperti menabung untuk masa depan atau hanya meminjam uang untuk menutupi kebutuhan sekarang.

Selanjutnya kita perlu menentukan berapa banyak uang yang akan kita investasikan jika kita ingin menabung atau berapa banyak yang kita inginkan jika kita ingin meminjam uang.

Penjelasan diatas, biasanya disebut dengan Time Value Of Money. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai TVM, yuk kita simak penjelasan dibawah ini.

Time Value Of Money Adalah

Time Value Of Money Adalah?

Nilai uang dari waktu ke waktu (Time Value Of Money) adalah sebuah konsep berbasis waktu untuk menghitung nilai uang. Artinya, uang yang dimiliki oleh seorang individu saat ini tidak akan memiliki nilai yang sama dengan tahun-tahun yang akan datang.

Ha ini terjadi dikarenakan adanya faktor inflasi atau kenaikan biaya dan juga berkurangnya nilai mata uang. Konsep ini umumnya sering digunakan didalam manajemen keuangan suatu perusahaan serta dalam konsep perencanaan keuangan (personal financial planning).

Baca Juga : Rumus NPV (Net Present Value) dan Contoh Soalnya

Manfaat Dari Penerapan TVM

Manfaat dari penerapan Time Value of Money (TVM) yaitu agar kita bisa mengetahui apakah investasi yang sedang kita jalankan dapat menguntungkan atau tidak. Umumnya, TVM digunakan untuk menghitung biaya yang ada.

Dengan hal ini, maka para investor bisa menganalisis, apakah proyek yang direalisasikan menawarkan keuntungan atau tidak. Tidak dapat disangkal, bahwa para investor lebih memilih proyek yang menghasilkan keuntungan setiap tahunnya, dari tahun pertama hingga ke tahun-tahun berikutnya.

Contoh TVM Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Terdapat beberapa contoh dari TVM didalam kehidupan sehari-hari, yaitu diantaranya adalah :

1. Tabungan

Tabungan meruapakan sebuah bukti seberapa banyak uang yang sudah dimasukkan oleh lembaga perbankan. Peningkatan bulanan terhadap uang yang sudah disimpan disebut sebagai saldo bunga.

Inilah yang dinamakan sebagai TVM, yang artinya apabila semakin lama deposit disimpan, maka akan semakin meningkat deposit didalam tabungan.

2. Pinjaman Bank

Bank sering disebut sebagai agen manajemen keuangan publik yang tidak hanya bertindak sebagai setoran uang, tetapi juga memungkinkan Anda untuk melakukan peminjaman dana.

Sistem peminjaman uang ini sering disebut juga sebagai pinjaman tunai dari bank. Jumlah uang yang dipinjam oleh seseorang biasanya memiliki periode waktu pembayaran. Jika, semakin besar jumlah uang yang dipinjam, maka akan semakin lama periode pembayarannya.

Baca Juga : Gantt Chart Adalah

3. Asuransi Penilaian Proyek

Setiap kegiatan produksi yang dilakukan oleh suatu perusahaan pasti akan membawa jalur keuangan dalam dirinya sendiri. Kegiatan ini juga disebut sebagai asuransi, yang dinilai berdasarkan dengan jangka waktu yang ditetapkan.

Rumus Time Value Of Money

Pada saat menerapkan konsep Time Value Of Money, terdapat tiga hal yang perlu kalian ketahui, yaitu nilai sekarang (Present Value), nilai masa depan (Future Value), dan bahkan tingkat bunga (Interest).

Rumus yang digunakan untuk menghitung tiga istilah tersebut adalah sebagai berikut :

1. Future Value

Nilai masa depan (Future Value) adalah nilai moneter yang akan didapatkan di masa mendatang dari serangkaian modal yang telah diinvestasikan terhadap tingkat bunga tertentu.

Future Value dapat dihitung dengan menggunakan rumus dibawah ini :

Future Value (n) = PV (1+i)n

Penjelasannya :

FV = Future Value adalah sebuah nilai yang akan datang pada tahun ke-n.
P = Present Value adalah nilai sekarang atau saat ini.
i = Interest adalah tingkat suku bunga.
n = artinya jumlah tahun yang dibutuhkan.

Contohnya seperti :

Riko mempunyai uang sebesar Rp. 20 juta dan akan didepositokan ke salah satu Bank yang ada diwilayahnya dengan bunga 3% per tahunnya. Berapakah nilai uang tersebut pada 7 tahun ke depan?

Diketahui :

PV = Rp.10.000.000
i = 5% = 0,05
n = 5 tahun

Ditanya :

Future Value?

Jawab :

Future Value = PV (1+i)n
= Rp.20.000.000 (1 + 0,03)7
= Rp.20.000.000 (1,03)7
= Rp.144.200.000

Jadi, selama lima tahun kedepan uang yang akan diterima oleh Riko sebesar Rp.144.200.000.

2. Present Value

Nilai sekarang merupakan sebuah Present Value dari uang yang dapat digunakan untuk memperoleh bunga di masa depan agar mendapatkan jumlah uang yang lebih besar dari sebelumnya.

Present Value dapat dihitung dengan menggunakan rumus dibawah ini :

Present Value = FV / (1+i)n

Contohnya seperti :

Jika, Intan ingin mendapatkan uang sebesar Rp.30.000.000,- di 10 tahun kedepan, maka berapakah uang yang harusnya Intan Depositokan ke salah satu Bank yang ada di daerah rumahnya dengan tingkat suku bunganya yaitu 2%?

Diketahui :

FV = Rp.30.000.000
i = 2% atau 0,02
n = 10

Ditanya :

Present Value?

Jawab :

Present Value = FV / (1+i)n
= Rp.30.000.000 (1 + 0,02)10
= Rp.30.000.000 / 1,0210
= Rp.2.941.176,47

Jadi, sekarang Intan harus mendepositkan uangnya sebesar Rp.2.941.176,47 untuk memperoleh uang sebesar Rp.30.000.000,-  di 10 tahun kedepan.

Baca Juga : Fishbone Diagram

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan TVM?

Nilai uang dari waktu ke waktu (Time Value Of Money) adalah sebuah konsep berbasis waktu untuk menghitung nilai uang. Artinya, uang yang dimiliki oleh seorang individu saat ini tidak akan memiliki nilai yang sama dengan tahun-tahun yang akan datang.

Apa yang dimaksud dengan Tingkat Suku Bunga atau Interest?

Tingkat Suku Bunga (Interset) adalah sebuah nilai, jumlah, harga, ataupun laba yang akan diterima oleh para investor dengan menggunakan reksa dana berdasarkan hasil perhitungan nilai ekonomi dalam jangka waktu tertentu.

Mengapa belajar dan memahami Time Value Of Money sangat penting?

Mempelajari dan memahami TVM adalah hal yang sangat penting karena agar kita dapat mempersiapkan diri kita secara finansial untuk masa depan.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru untuk kita semua.

Related posts: