Tes Wartegg

Posted on

Tes Wartegg – Pada sebuah Perusahaan tertentu dalam melakukan proses perekrutan terhadap Karyawan baru, akan memberikan suatu pelatihan tertulis berupa soal-soal tertentu (Test), untuk mengukur seberapa dalam kemampuan yang dimiliki Karyawan baru tersebut dan seberapa pantas untuk dapat bekerja pada Perusahaan itu.

Test Wartegg

Apa yang dimaksud dengan Test Wartegg?. Bagaimana cara mengerjakan Test Wartegg agar menjadi lebih mudah?. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kita akan bersama-sama mempelajari Test Warteg yang telah tersedia dibawah ini.

Pengertian

Test Wartegg adalah Suatu Test Psikologi yang dikerjakan untuk melengkapi antara satu gambar dengan gambar lainnya, yang sering digunakan oleh sebuah Perusahaan tertentu, dalam proses perekrutan terhadap Karyawan baru.

Test ini pertama kali dibuat oleh Krugger dan Sander dari University o Leipsig, yang kemudian telah di sempurnakan Ehrig Wartegg dan Marian Kinget, yang digunakan untuk memastikan sifat karakter Seseorang dari segi Imajinasi, Dinamisme, Emosional, Reallty Function serta Keahliannya dalam mengendalikan sesuatu.

Pada dalam Test Wartegg ini memiliki 8 kotak, dimana masing-masing kotak berisikan suatu Gambar dan memiliki Makna yang berbeda-beda, mulai dari Titik, Garis Kurva, Tiga Garis Sejajar, Kotak Kecil berwarna Hitam, dan Garis Lengkung yang cukup besar.

Dari 8 kotak yang terdapat pada Test Warteeg tersebut, kemudian seluruh Para Peserta akan diberikan penjelasan sebagai berikut ini :

  1. Dalam waktu 30 menit (setengah jam), setiap masing-masing seluruh Para Peserta akan bertanggung jawab untuk mengembangkan Titik, Garis Kurva, hingga Garis Lengkung tersebut, menjadi sebuah Gambar yang sesuai dengan Imajinasi seluruh Para Peserta.
  2. Para Peserta akan diberikan perintah untuk memberikan sebuah Nomor Urut pada setiap Gambar yang akan dikerjakan terlebih dahulu, serta memilih Gambar mana yang paling sulit dan yang paling mudah harus disertai dengan keterangan yang jelas.

Keterangan Gambar

Seperti yang telah dijelaskan diatas sebelumnya, setiap Kotak yang tersedia mempunyai Gambar yang berbeda-beda. Berikut merupakan keterangan Gambar awal dengan Nomor Kotak yang berurutan dari sebelah kiri ke sebelah kanan.

Test Wartegg

A. Gambar 1

Gambar 1 pada kotak yang berada pada sebelah kiri diatas, berupa Gambar Titik (.) yang berada di sebelah tengah-tengah dalam kotak, yaitu Merupakan karakter pada diri Seseorang, dalam melakukan penyesuaian diri terhadap lingkungan yang baru.

B. Gambar 2

Gambar 2 pada kotak yang bersebelahan dengan Gambar 1 diatas, berupa Coretan Garis Bergelombang yang berada diatas sebelah kiri dalam kotak, yaitu Merupakan perasaan pada diri Seseorang yang bersifat Fleksibilitas, dalam sebuah Kehidupan yang bebas tetapi tetap bersifat Dinamis.

C. Gambar 3

Gambar 3 pada kotak yang bersebelahan dengan Gambar 2 diatas, berupa Garis Vertikal seperti sebuah tangga yang berada dibawah sebelah kiri dalam kotak, yaitu Merupakan seberapa besar ambisi pada diri Seseorang dalam mengejar sebuah impian hidupnya.

D. Gambar 4

Gambar 4 pada kotak yang bersebelahan dengan Gambar 3 diatas, berupa Kotak Kecil berwarna hitam yang berada pada diatas sebelah kenan dalam kotak, yaitu Merupakan seberapa besar pola fikir pada diri Seseorang dalam menyelesaikan suatu masalah yang dihadapinya.

F. Gambar 5

Gambar 5 pada kotak yang berada dibawah Gambar 1 diatas, berupa 2 Garis Diagonal dengan membentuk huruf T agak miring dan terpisah yang berada pada dibawah sebelah kiri dalam kotak, yaitu Merupakan bagaimana cara pada diri Seseorang dalam bertindak.

G. Gambar 6

Gambar 6 pada kotak yang bersebelahan dengan Gambar 5 diatas, berupa Garis Vertikal dan Garis Horizontal terpisah yang berada pada diatas tengah dalam kotak, yaitu Merupakan cara berfikir pada diri Seseorang dalam melakukan Analisis.

H. Gambar 7

Gambar 7 pada kotak yang bersebelahan dengan Gambar 6 diatas, berupa Sekumpulan Titik yang berada pada dibawah kanan dalam kotak, yaitu Merupakan kehidupan dan perasaan Seseorang yang bersifat Stabil, Dewasa, atau malah Kekanakan.

I. Gambar 8

Gambar 8 pada kotak yang bersebelahan dengan Gambar 7 diatas, berupa Garis Melengkung seperti sebuah Payung yang berada di tengah-tengah dalam kotak, yaitu Merupakan bagaimana sifat pada diri Seseorang dalam bersosialisasi.

Tips Cara Mengerjakan

Bagi kita yang belum pernah mengerjakan soal dari Test Wartegg ini, tentu saja akan mengalami kebingungan, karena itu dibawah ini merupakan beberapa tips untuk mengerjakannya.

  1. Jagalah kebersihan pada kertas ujian yang diberikan.
  2. Kerjakanlah dengan menggambar secara acak tetapi tetap dinamis.
  3. Harus mengurutkan angka pada gambar untuk menunjukkan kesan diri yang stabil dan konsisten.
  4. Kerjakan terlebih dahulu dengan gambar pilihan yang paling mudah agar tidak berpikir terlalu lama.
  5. Apabila seorang laki-laki hindarilah terlebih dahulu soal no. 5, karena memberikan hasil berupa kelainan seksual.
  6. Untuk kotak no. 1, 2, 7, dan 8 isilah  gambar yang bersifat hidup.
  7. Untuk kotak no. 3, 4, 5, dan 6 istilah gambar yang berupa benda mati.
  8. Jangan menekan garis terlalu kuat, karena itu menandakan diri seseorang yang keras kepala.

Contoh Soal

Berikut ini ada beberapa contoh soal Test Wartegg yang akan membantu kita, agar lebih mudah mengerti ketika mengerjakannya.

Soal Pertama

Test Wartegg

Soal Kedua

Test Wartegg

Soal Ketiga

Test Wartegg

 

Demikianlah penjelasan mengenai tentang Test Wartegg beserta dengan Pengertian, Keterangan Gambar, Tips Cara Mengerjakannya, dan Contoh Soalnya.

Semoga dapat bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berguna untuk kita semua.

Artikel Terkait Lainnya :

Cara Menghitung Diskon

Logika Matematika

Fungsi Komposisi