Teori Motivasi

Posted on

Teori Motivasi – Perusahaan manufaktur pada umumnya mempunyai jumlah karyawan yang sangat besar. Adanya motivasi kerja yang memadai, sangat dibutuhkan oleh seluruh karyawannya.

Hal tersebut bertjuan agar dapat memastikan bahwa semua karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut dapat berkinerja sesuai dengan apa yang sudah direncanakan demi mencapai tujuan yang ditetapkan oleh suatu perusahaan.

Namun apakah itu Motivasi? Untuk mengetahui, mengenai Motivasi, Teori Motivasi beserta hal-hal yang ada didalamnya, yuk simak penjelasan dibawah ini.

Teori Motivasi

Apa itu Motivasi?

Motivasi merupakan suatu dorongan atau alasan yang menjadi sebuah dasar guna meningkatkan gairah atau semangat seseorang untuk mengerjakan sesuatu agar apa yang sudah dicita-citakan dapat terwujud dan berjalan dengan lancar.

Namun, secara etimologis kata Motivasi berasal dari bahasa Inggris, yaitu “Motivation”, yang berarti “daya batin atau dorongan”.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Motivasi adalah segala hal yang menjadi pendorong atau penyemangat seseorang untuk melakukan sesutu guna mencapai tujuannya.

Baca Juga : Quality Assurance Adalah

Definisi Motivasi Menurut Para Ahli

Tidak hanya pengertian Motivasi secara umum saja, tetapi ada beberapa definisi Motivasi yang diungkapkan oleh beberapa para ahli, yaitu diantaranya adalah :

  • Hamalik (1992), Motivasi adalah sebuah energi yang berasal dari diri seseorang atau pribadi yang ditandai dengan adanya perasaan dan tanggapan terhadap pikiran untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
  • Weiner, Motivasi adalah suatu keadaan internal yang memberikan semangat kepada seseorang untuk melakukan sebuah tindakan, mendorong seseorang untuk terus berusaha agar mencapai tujuan yang direncanakan serta membuat seseorang selalu tertarik terhadap kegiatan tertentu.
  • Henry Simamora, Motivasi adalah sebuah fungsi yang muncul dari harapan masing-masing individu, yang melalui upaya tertentu dan mengarah ke tingkat kinerja yang dapat membuahkan hasil yang diharapkan.
  • Sardiman (2006), Motivasi adalah sebuah perubahan energi yang berasal dari diri seseorang yang dicirikan dengan kehadiran deforestasi dan didahului dengan respons terhadap adanya tujuan yang diharapkan.
  • Mulyasa (2003), Motivasi adalah suatu kekuatan pendorong atau ekstraktor yang dapat membawa seseorang pada perilaku yang mengarah ke tujuan tertentu.
  • G. R. Terry, Motivasi adalah sebuah keinginan yang datang dari diri seseorang yang kemudian mendorong mereka untuk melakukan berbagai macam langkah untuk mencapai tujuan mereka.

Teori – Teori Motivasi

Terdapat beberapa Teori yang didalamnya membahas mengenai Motivasi, dan umumnya tepri-tepri tersebut mengaitkan motivasi dengan kebutuhan sehari-hari manusia.

Berikut ini beberapa Teori Motivasi yang sering digunakan, yaitu diantaranya adalah :

1. Teori Hierarki Maslow

Teori ini menyatakan bahwa ada lima kebutuhan dalam kehidupan manusia yang berdasarkan dengan hierarki mereka, mulai dari kebutuhan dasar hingga kebutuhan yang lebih tinggi, yaitu diantaranya adalah :

  • Physiological Needs

Physiological Needs yaitu salah satu kebutuhan manusia yang terdiri dari udara, makanan, minuman, pakaian, perumahan dan kebutuhan hidup lainnya. Kebutuhan ini disebut juga sebagai kebutuhan fisiologis atau kebutuhan primer.

  • Safety Needs

Safety Needs merupakan sebuah kebutuhan akan rasa aman dari berbagai kekerasan fisik dan psikologis, misalnya seperti lingkungan yang terhindar dari polusi, adanya perlindungan kesehatan dan keselamatan di tempat kerja serta tanpa adanya berbagai risiko kejahatan.

  • Esteem Needs

Maslow mengatakan bahwa setelah seseorang memenuhi kebutuhan fisiologis, keselamatan, dan sosialnya, kemudain dia juga berharap untuk dikenali oleh orang lain, untuk memiliki reputasi dan kepercayaan yang baik, serta memiliki hak untuk dihargai oleh orang lain.

  • Social Needs

Social Needs merupakan salah satu kebutuhan yang diartikan sebagai kebutuhan untuk dicintai dan juga mencintai seseorang. Karena manusia adalah makhluk sosial, maka setiap orang yang hidup di dunia ini berhak untuk memiliki keluarga dan juga teman.

  • Self-Actualization

Menurut Maslow, kebutuhan ini adalah persyaratan yang paling tinggi, karena kebutuhan untuk realisasi diri merupakan salah satu kebutuhan atau keinginan individu untuk memenuhi ambisi pribadinya.

Baca Juga : Six Sigma

2. Teori Motivasi MC Clelland

Menurut MC Clelland, setiap orang bisa mempunyai motivasi jika mereka ingin menjadi yang lebih baik lagi daripada yang lain. Teori ini memuat tiga persyaratan, yaitu diantaranya adalah :

  • Need For Achievement

Need for achievement adalah kebutuhan yang tercermin dari keinginan seseorang untuk mengambil tugas individu. Dalam hal tersebut, seseorang harus bisa menentukan tujuan yang logis dengan cara menghitung risiko yang akan dihadapi dan menjalankannya dengan kreatif dan juga inovatif.

  • Need For Power

Kebutuhan ini muncul dari dalam diri seseorang yang mempunyai keinginan untuk mempengaruhi orang lain dan ingin mencoba mengendalikan orang lain dengan cara mengatur perilaku mereka.

  • Need For Affiliation

Kebutuhan untuk memiliki adalah salah satu kebutuhan yang dipenuhi melalui keberadaan persahabatan atau kekeluargaan.

3. Teori ERG Alderfer

Teori ini dapat dikatakan sebagai teori alternatif yang digunakan terhadap teori hierarki Maslow. Didalam teori ini menjelaskan bahwa terdapat tiga kebutuhan manusia, yaitu diantaranya adalah :

  • Existence Needs, adalah salah satu kebutuhan yang digunakan untuk memenuhi faktor-faktor fisiologis dan juga materialistis, termasuk kebutuhan akan keamanan dan kenyamanan.
  • Relatedness Needs, adalah salah satu kebutuhan yang menjurus untuk memiliki hubungan dengan orang lain.
  • Growth Needs, yaitu sebuah kebutuhan atau keinginan untuk berkembang menjadi orang yang lebih baik serta untuk mencapai potensi secara maksimal.

4. Teori Harapan Vroom

Teori ini merupakan sebuah Teori motivasi yang mengungkapkan bahwa orang-orang termotivasi untuk mengerjakan sesuatu karena ingin mendapatkan hasil yang sempurna.

Terdapat beberapa konsep yang termasuk kedalam teori ini, yaitu diantaranya adalah :

  • Expectancy, yaitu keyakinan atau kepercayaan seseorang bahwa suatu usaha yang dilaksanakan akan menghasilkan pekerjaan yang maksimal. Effort (Usaha) → Performance (Kinerja).
  • Instrumentally, yaitu keyakinan yang muncul dalam diri seseorang bahwa suatu kinerja akan mencapai hasil tertentu.
  • Valence, yaitu, sebuah teori yang lebih mengarah kepada nilai-nilai positif dan negatif yang digunakan oleh seseorang untuk merujuk pada hasil yang didapatkan.

5. Teori Motivasi Herzberg

Teori Herzberg sering disebut juga sebagai teori dua faktor atau teori M-H. Didalam teori ini menjelaskan bagaimana cara seorang manajer mengendalikan faktor-faktor yang mungkin dapat memberikan kepuasan atau tidak dengan pekerjaannya.

Berdasarkan hasil penelitian yang ada, ada sesuatu yang dapat mempengaruhi dua set faktor tersebut, yaitu motivasi. Motivasi dalam kelompok pertama digunakan sebagai faktor kepuasan profesional seperti kinerja, tanggung jawab dan juga penghargaan.

Sedangkan motivasi pada kelompok kedua digunakan sebagai faktor ketidakpuasan di tempat kerja seperti kondisi kerja, hubungan antar individu, serta teknik pengawasan dan juga upah.

Macam – Macam Motivasi

Terdapat beberapa jenis motivasi yang perlu kalian ketahui, yaitu diantaranya sebagai berikut :

1. Intrinsic Motivation

Motivasi intrinsik adalah sebuah keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu yang disebabkan oleh serangkaian faktor motivasi yang muncul sendiri tanpa adanya pengaruh orang lain karena mereka ingin mencapai tujuan tertentu.

Sebagai contoh : seseorang yang ingin bekerja guna memperoleh penghasilan, sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

2. Extrinsic Motivation

Motivasi ekstrinsik merupakan sebuah keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu yang disebabkan oleh serangkaian faktor pendorong yang berasal dari luar diri untuk mencapai tujuan yang bermanfaat bagi mereka.

Sebagai Contoh : Seseorang memiliki keinginan untuk bekerja lebih giat lagi, karena perusahaan ditemoat ia bekerja sedang menawarkan kesempatan untuk menaikkan karir para karyawan yang berkinerja sangat baik.

Baca Juga : Kompetensi Adalah

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Motivasi?

Motivasi merupakan suatu dorongan atau alasan yang menjadi sebuah dasar guna meningkatkan gairah atau semangat seseorang untuk mengerjakan sesuatu agar apa yang sudah dicita-citakan dapat terwujud dan berjalan dengan lancar.

Teori Hierarki Maslow diperkenalkan oleh?

Teori Hierarki ini pertama kali dikemukakan oleh seorang psikolog yang berasal dari Brooklyn College yang bernama Abraham Maslow pada tahun 1943.

Apa tujuan dari Motivasi?

Motivasi bertujuan untuk menggerakkan atau mendorong seseorang untuk menghasilkan keinginan dan kemauan guna meningkatkan kinerja untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru untuk kita semua.

Related posts: