Teks Laporan Percobaan

Posted on

Assalamualaikum,,, sobat kali ini rumus.co.id akan ingin membahas artikel Teks Laporan Percobaan dan strukturnya, lengkap dengan, pengertian, ciri ciri, langkah, struktur, kaidah, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Teks Laporan Percobaan – adalah salah satu tujuan dari teks laporan untuk menyampaikan dengan hasil dan informasi tentang tes yang dilakukan oleh individu atau kelompok tertentu sehinga dapat juga mengenali dan memahami dalam pembuatan laporan teks eksperimental dalam laporan pengujian.

Langsung saja simak artikel di bawah ini…?

Teks Laporan Adalah

Teks-Laporan-Percobaan

Teks laporan percobaan adalah salah satu teks yang berisi deskripsi dengan tujuan dan proses sehingga dapat menghasilkan dan dilakukan oleh seorang peneliti.

Teks laporan percobaan pada umumnya daoat digunakan untuk mendokumentasikan hasil dari karya ilmiah dengan laporan praktik dan akan dimaksudkan untuk memberi tahu kepada pembaca secara universal.

Dalam hal ini juga menyatakan bahwa teks laporan disebut sebagai teks yang penempatan yang mencakup klasifikasi dengan jenis-jenis yang berdasarkan kriteria tertentu.

Maka teks laporan sebagai jenis teks yang berisi hasil eksperimen yang dilakukan oleh peneliti, dan biasanya akan disusun dan digunakan untuk melakukan laporan dengan menggambarkan informasi yang faktual.

Baca Juga: Contoh Artikel

Langkah Langkah

Setelah mengetahui apa yang sudah kami sampaikan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa langkah dalam melakukan peneliti untuk mendapatkan hasil dalam bentuk laporan percobaan.

Berikut langkah-langkah untuk membuat laporan adalah.

  • Menentukan struktur teks eksperimental dengan tujuan dari pengamatan dan kesimpulan.
  • Tuliskan hasil tes dalam bentuk tabel dan grafik dalam sebuah diagram dengan melihat hasilnya yang lebih baik.
  • Kembangkan bingkai teks dengan mengikuti aturan bahasa
  • Campuran sampai rata

Baca Juga: Pengertian Wawancara

Kaidah Teks Laporan Percobaan

Dari pembahasan yang sudah kami sampaikan di atas maka kami juga akan menyampaikan tentang kaidah dalam teks laporan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menggunakan sinonim kata – hal ini adalah salah satu kaidah yang biasanya terdapat dengan kata yang bersinonim atau bahkan berantonim sehingga kata-kata akan terdapat bahan dari percobaan.

2. Menggunakan kata bilangan – Pada teks laporan percobaan akan ditemukan kata bilangan yang menunjukkan jumlah bahan yang digunakan dalam percobaan.

3. Menggunakan kalimat perintah – hal ini adalah salah satu kaidah dengan terdapat kalimat perintah dengan kalimat campurkan untuk mempermudah dalam membuat laporan.

4. Menggunakan kata hubung – Hal ini adalah salah satu kaidah untuk menukan kata hubung sehingga dapat menggunakan seperti dan, tetapi, apabila, saat, dan lainnya.

Baca Juga: Pendekatan Saintifik

Contoh Teks Laporan Percobaan

Teks laporan ini tidak hanya berlaku untuk hal-hal yang berkaitan dengan kreativitas atau eksperimen yang tertentu dan dapat melaporkan dengan menggunakan judul sepeperti.

Berikut ini adalah laporan untuk pengusaha.

Laporan percobaan tentang makanan
Eksperimen dalam membuat es krim dengan bahan-bahan di rumah
Judul: Siapkan es krim vanilla sehat

Tujuan

Es krim adalah jenis makanan yang paling disukai anak-anak namun, es krim ini terdapat bahan-bahan yang tidak mengandung banyak gula dan pewarna yang akan menyebabkan demam dan batuk.


Bahan untuk es krim vanila ini adalah
1 liter susu segar
200 g gula
4 kuning telur kocok
Lalu 1 sendok makan vanilla

Langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut:
Masak susu dan gula segar dalam wajan sambil diaduk dengan air mendidih.

Kemudian tambahkan larutan tepung jagung ke dalam campuran susu dengan sesendok susu hingga merata.

Lalu campurkan vanilla dan aduk lagi
Kemudian masukan kedalam wadah
Kemudian dikocok dan dicampurkan dengan bahan yang mendukung

Kebenaran

Kemudian biarkan merata dan biarkan selama sekitar 10 menit.

Campuran es krim dapat ditempatkan di dalam freezer atau freezer
Aduk es lagi setelah 15 menit dan lakukan tiga kali untuk membuat es krim benar lembut dan halus.

Kemudian masukkan ke dalam freezer selama sekitar 8 jam

Hasil es

Es krim ini masih terasa lezat seperti es krim pada umumnya, tetapi lebih sehat karena tidak mengandung warna buatan dan tidak ada gula buatan.

Kesimpulan

kewirausahaan ini menawarkan pengalaman yang sangat menyenangkan untuk menyiapkan makanan sendiri untuk gunakan sendiri, sederhana, enak dan sehat, tentu saja dan akan menguntungkan.

Baca Juga: Teks Laporan Hasil Observasi

Cara Membuat Teks Laporan Percobaan

Setelah mengetahui pembahasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa cara dalam melakukan membuat kalimat dan teks percobaan.

Yuk simak dibawak ini.

1. Menulis struktur

Menulis struktur adalah cara pertama dalam membuat kerangka dari struktur teks dengan laporan saat melakukan percobaan dan memperhatikan juga langkah-langkah dengan kesimpulan yang tepat.

2. Mengembangkan kerangka

Mengembangkan kerangka adalah salah satu cara dalam membuat kerangka dan harus mengembangkan dalam sebuah teks dengan memerhatikan pembahasan yang akan digunakan.

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan pembahasan tentang Teks Laporan Percobaan, lengkap dengan strukturnya, semoga apa yang sudah kami sampaikan dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Contoh Laporan Perjalanan

Related posts: