Teks Laporan Hasil Observasi

Posted on

Teks Laporan Hasil Observasi – Dalam melakukan penelitian pengamatan (Observasi) terhadap suatu Objek, dengan mengumpulkan data-data yang akan menjadi kesimpulan atau hasil akhir dari penelitian dan kita dapat mengetahui karakteristik dari Objek tersebut.

Teks Laporan Hasil Observasi

Data-data yang telah dikumpulkan tersebut itu, akan dituangkan atau dituliskan dalam pembentukan sebuah Teks, yang biasa disebut sebagai Teks Laporan Hasil Observasi.

Oleh karena itu untuk membantu bagi Para Pecinta Penelitian yang mungkin sebagiannya belum mengetahui, apa yang dimaksud dengan Teks Laporan Hasil Observasi.

Maka pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama membahas tentang Teks Observasi beserta dengan struktur-struktur yang terkait dalam pembentukannya.

Pengertian

Teks Laporan Hasil Observasi adalah Teks yang berisikan tentang sebuah data-data yang telah ditentukan dari hasil pengamatan atau hasil penelitian pada suatu Objek tertentu, yang akan menjadi kesimpulan atau hasil akhir untuk mengetahui karakteristik Objek tersebut.

Pada jenis Teks ini juga biasa disebut sebagai Teks Klasifikasi yang berisikan tentang karakteristik pada suatu Objek yang belum diketahui dengan jelas. Teks Laporan Hasil Observasi ini juga memiliki sifat yang faktual atau berdasarkan dengan kenyataan fakta yang sebenarnya terjadi.

Teks Laporan Hasil Observasi ini dengan Teks Deskripsi hampir mempunyai suatu kesamaan atau persamaan diantara keduanya. Persamaannya adalah Dalam menyampaikan atau menyimpulkan terhadap suatu Objek berdasarkan dengan fakta yang sebenernya terjadi.

Jenis Teks ini memiliki sifat-sifat sebagai berikut :

  • Bersifat Informatif
  • Bersifat Komunikatif
  • Bersifat Objektif

Ciri Ciri

Dalam pembentukan jenis Teks ini terdapat bentuk-bentuk yang menjadi perbedaan dari jenis-jenis Teks lainnya, berikut dibawah ini telah tersedia penjelasannya :

  • Mempunyai sifat yang objektif, global, dan universal
  • Memiliki suatu objek yang akan menjadi pembahasan atau pembicaraan berupa objek tunggal
  • Tertulis dengan secara lengkap dan sempurna
  • Tertulis berdasarkan fakta yang sebenernya dari hasil pengamatan
  • Mempunyai informasi teks hasil dari penelitian terkini yang telah terbukti kebenarannya
  • Tidak mengandung prasangka, pemihakan, pendugaan yang menyimpang atau tidak sesuai dengan kenyataan
  • Memiliki suatu keterkaitan pada hubungan yang saling terkait, antara kelas dan subkelas suatu objek

Baca Juga Artikel Lainnya :

Teks Eksplanasi

Teks Negosiasi

Majas Paradoks

Struktur Struktur

Pada pembentukan Teks Laporan Hasil Observasi terdapat struktur-struktur sebagai berikut :

1. Kalimat Pembukaan

Kalimat pembuka atau pengantar yang mengenai Klasifikasi pada suatu Objek tertentu, yang akan menjadi pembahasan dalam pembentukan isi dari Teks Laporan Hasil Observasi.

2. Pembahasan Atau Isi

Kalimat isi atau inti utama dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap suatu karakteristik Klasifikasi pada suatu Objek tertentu, sesuai dengan fakta hasil dari penelitian tersebut.

3. Kalimat Penutup

Kalimat penutup atau akhir kata mengenai telah selesainya pembahasan yang telah dilakukan, terhadap penelitian pada suatu karakteritik Objek tertentu.

Fungsi Dan Tujuan

  • Bertanggung jawab terhadap hasil dari penelitian yang dilakukan
  • Pemecahan masalah berdasarkan penyusunan, kebijaksanaan dan penyusunan terhadap hasil penelitian
  • Pembaharuan sumber informasi terhadap karakteristik objek yang belum diketahui
  • Sebagai bahan yang digunakan dalam bentuk dokumentasi
  • Pengambil suatu keputusan yang lebih efektif
  • Kemajuan pengetahuan baru yang belum diketahui karakteristik suatu objek

Contoh Hasil

Komodo

Komodo (Varanus Komodoensis) meupakan Hewan melata terbesar di Dunia, yang terdapat di Pulau Komodo, Rinca, Gili Motang, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Indonesia. Hewan ini memiliki berat tubuh dengan bobot sebesar 166 Kg atau lebih, dengan panjang mencapai 3 Meter.

Bentuk tubuhnya yang besar dan karakteristiknya yang mengerikan dalam memburu mangsanya, membuat jenis hewan ini menjadi populer di kalangan Para Ilmuwan Dunia dan menjadi Puncak Utama pemangsa dari Klasifikasi jenis hewan ini.

Komodo memiliki ciri-ciri tubuh dengan warna kulit dari abu-abu gelap sampai merah tua, memiliki ekor yang sama panjang dengan tubuhnya, memiliki sekitar 60 buah gigi yang tajam dengan ukuran 2,5 cm, dengan lidah yang panjang, dan yang paling terkenal, yaitu air liurnya terdapat Bakteri beracun yang mampu membunuh seekor Kerbau hanya dalam hitungan menit.

Tetapi pada saat ini popularitas dari habitat Komodo mengalami penurunan dan terancam punah, akibat perburuan liatroleh karena itu Lembaga IUCN memasukkan Komodo kedalam kategori hewan yang terancam punah keberadannya.

Demikianlah penjelasan Materi mengenai tentang Teks Laporan Hasil Observasi beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Fungsi dan Tujuan, dan Contohnya.

Semoga dapat bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berguna untuk kita semua.

Materi Terkait: