Teks Eksposisi

Posted on

Teks Eksposisi – Dalam penggunaan kaidah penulisan Karya Satra Bahasa Indonesia, ada beberapa teks yang memiliki Isi dan Fungsi yang berbeda-beda dalam setiap bentuk kalimatnya.

Teks Eksposisi

Dalam berbagai macam bentuk Teks, salah satunya yaitu Teks Eksposisi. Apa yang dimaksud dengan Teks Eksposisi?

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kita akan bersama-sama membahas Teks Eksposisi beserta dengan struktur-struktur yang terkait dalam pembentukannya.

Pengertian Teks Eksposisi

Secara Etimologis (Bahasa) istilah Teks Eksposisi berasal dari Bahasa Indonesia, yaitu Teks yang berarti Kumpulan kata-kata yang terbentuk menjadi sebuah Kalimat, sedangkan Eksposisi yang berarti Suatu jenis pengembangan paragraf dalam sebuah penulisan.

Teks Eksposisi secara Umum adalah Suatu kumpulan kata-kata yang terbentuk menjadi sebuah Kalimat, dengan pengembangan Paragraf yang dimana isinya bertujuan untuk memberikan atau menjelaskan, dengan gaya penulisan yang Padat, Singkat, dan Akurat.

Struktur & Contoh Teks Eksposisi

Dalam pembentukan sebuah Teks Eksposisi, terdapat struktur-struktur yang terkait dalam pembuatannya. Berikut dibawah ini merupakan penjelasannya :

1. Tesis (Pernyataan)

Tesis merupakan suatu Paragraf yang berisi tentang sudut pandang dari Seorang Penulis mengenai pernyataan dari suatu Objek yang akan menjadi topik pembahasannya.

Contoh Kalimat : 

Ekonomi masyarakat Indonesia adalah “Kegiatan Ekonomi Petani, Perternak, atau Nelayan”

2. Argumentasi (Penjelasan)

Argumentasi merupakan suatu Paragraf yang berisi tentang penjelasan dari sudut pandang Seorang Penulis mengenai suatu Objek yang menjadi topik pembahasannya.

Contoh Kalimat :

Ekonomi masyarakat Indonesia dengan menggunakan Perspektif Jargon adalah “Ekonomi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”.

A. Dari Rakyat

Berarti kegiatan ekonomi berkaitan dengan aksebilitas rakyat dan penguasaan terhadap sumber daya ekonomi. Disini rakyat memiliki Hak penuh terhadap sumber daya untuk mendukung kegiatan Produktif dan Konsumtifnya.

B. Oleh Rakyat

Berarti proses kegiatan produksi dan konsumsi yang diputuskan dan dilakukan oleh rakyat. Dalam hal ini, rakyat memiliki Hak penuh atas pengelolaan proses terhdapat Produktif dan Konsumtifnya.

C. Untuk Rakyat

Berarti kegiatan produksi yang dilakukan dengan memanfaatkan hasilnya oleh rakyat. Dalam hal ini, rakyat memiliki Hak penuh atas pemanfaatan hasil dari pengelolaan proses Produktif dan Konsumtifnya.

3. Penegasan Ulang (Penguatan)

Penegasan Ulang merupakan suatu Paragraf yang berisi tentang penguatan atas suatu pendapat dalam Tesis dan berdasarkan Argumentasi yang telah disampaikan sebelumnya.

Contoh Kalimat : 

Pada dasarnya semua Sumber Daya Ekonomi yang terdapat di Indonesia ini, adalah milik semua rakyat Indonesia yang memiliki Hak penuh atas dasarnya.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Pada bentuk Teks Eksposisi memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan bentuk-bentuk Teks lainnya. Berikut dibawah ini merupakan penjelasannya :

  • Teks Eksposisi menggunakan bahasa yang formal
  • Teks Eksposisi menggunakan kalimat yang padat, jelas dan mudah dipahami
  • Teks Eksposisi menggunakan gaya bahasa yang bersifat persuasif
  • Teks Eksposisi memiliki isi teks yang bersifat netral dan obyektif
  • Teks Eksposisi tidak memihak dan memaksakan kehendak pada para pembaca
  • Teks Eksposisi bersifat fakta dan ilmiah
  • Teks Eksposisi memiliki data dari sumber yang valid dan kredibel
  • Teks Eksposisi menyajikan sumber fakta yang valid sebagai alat konkritasi dan kontribusi
  • Teks Eksposisi memiliki isi yang menjawab pertanyaan siapa, apa, kapan, dimana, mengapa dan bagaimana
  • Teks Eksposisi memiliki isi penjelasan informasi dan ilmu pengetahuan

Baca Juga Artikel Lainnya :

Teks Eksplanasi

Teks Negosiasi

Majas Paradoks

Jenis-Jenis Bentuk Teks Eksposisi

Pada jenis bentuk Teks Eksposisi ini memiliki banyak jenis-jenis bentuknya, yaitu dibawah ini yang telah tersedia sebagai penjelasannya :

1. Teks Eksposisi Definisi

Pada bentuk Teks ini merupakan Suatu jenis Paragraf Eksposisi yang berfungsi hanya untuk menjelaskan pengertian atau definisi pada sebuah Objek tertentu menjadi Topik Utama yang akan menjadi pembahasan.

2. Teks Eksposisi Proses

Pada bentuk Teks ini merupakan Suatu jenis Paragraf Eksposisi yang berfungsi untuk memberikan langkah-langkah atau cara dalam melakukan sesuatu secara urutan dari awal hingga akhir.

3. Teks Eksposisi Ilustrasi

Pada bentuk Teks ini merupakan Suatu jenis Paragraf Eksposisi yang berfungsi untuk memberikan informasi atau pembahasan-pembahasan pada sebuah Objek, yang akan menjadi Topik pembahasan dengan menampilkan kedalam metode gambaran dan menjelaskannya.

4. Teks Eksposisi Laporan

Pada bentuk Teks ini merupakan Suatu jenis Paragraf Eksposisi yang berfungsi untuk menjelaskan laporan pada sebuah peristiwa-peristiwa yang menjadi penelitian.

5. Teks Eksposisi Perbandingan

Pada bentuk Teks ini merupakan Suatu jenis Paragraf Eksposisi yang berfungsi untuk menjelaskan ide ataupun gagasan dengan metode perbandingan pada sebuah Objek tertentu dengan Objek lainnya.

6. Teks Eksposisi Pertentangan

Pada bentuk Teks ini merupakan Suatu jenis Paragraf Eksposisi yang berfungsi untuk menjelaskan ide ataupun gagasan yang bertentangan dengan sebuah Objek tertentu dalam topik pembahasan.

 

Demikianlah penjelasan Materi mengenai tentang Teks Eksposisi beserta Pengertian, Struktur-Struktur, Ciri-Ciri, Jenis Bentuk dan Contoh Kalimatnya.

Semoga dapat bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berguna untuk kita semua.