Teks Eksplanasi

Posted on

Teks Eksplanasi – Paragraf yang didalamnya menjabarkan bagaimana peristiwa seperti bencana alam dan kehidupan sosial dapat terjadi serta apa yang menyebabkannya, disebut sebagai Teks Eksplanasi.

Teks Eksplanasi

Namun, masih banyak dari kita yang belum mengetahui dan paham mengenai Explanation Text beserta dengan hal-hal yang berkaitan didalamnya.

Nah, bagi kalian yang belum memahami mengenai Explanation Text, yuk kita simak penjabaran dibawah ini.

Apa itu Teks Eksplanasi?

Teks Eksplanasi adalah sebuah teks atau paragraf yang mana, didalamnya berisikan tentang penjabaran dari mengapa dan bagaimana peristiwa seperti bencana alam, sosial, budaya dan lainnya dapat terjadi.

Sebuah peristiwa baik itu peristiwa alam ataupun sosial yang terjadi di lingkungan sekitar kita, pasti memiliki hubungan sebab, akibat dan juga proses terjadinya peristiwa tersebut.

Sebagai contoh, misalnya sebuah bangunan yang tiba-tiba runtuh, maka dibalik runtuhnya bangunan tersebut pasti terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya peristiwa tersebut, misalnya seperti :

  • Kurangnya bahan baku bangunan.
  • Bangunan tersebut kurang kokoh pada saat pembuatannya.
  • Adanya proses pelapukan terhadap kayu dari bangunan tersebut.

Baca Juga :
Contoh Teks Eksplanasi Sosial, Budaya, Dan Bencana Alam
Contoh Teks Eksplanasi
Teks Eksposisi

Karakteristik Explanation Text

Secara umum, Teks eksplanasi memiliki ciri-ciri khusus yang dapat membedakannya dengan jenis teks-teks yang lainnya, yaitu diantaranya sebagai berikut :

  • Secara umum, struktur teks ini berisi pernyataan umum, urutan sebab, akibat serta interpretasi.
  • Informasi yang diberikan di sesuaikan dengan fakta.
  • Teks ini bersifat informatif serta tidak ingin mencoba mempengaruhi para pembaca untuk percaya terhadap topik yang tengah dibahas.
  • Menggunakan sebuah penanda urutan seperti pertama, kedua, ketiga dan seterusnya. Atau dengan penandan urutan seperti pertama, berikutnya, dan terakhir.
  • Fakta-fakta tersebut memberikan informasi yang sifatnya ilmiah atau keilmuan, contohnya seperti Sains.

Kaidah Kebahasaan Explanation Text

Tidak hanya ciri-ciri saja, namun Teks Eksplanasi juga memiliki ciri kebahasan yang dapat memudahkan dalam penulisannya, yaitu sebagai berikut :

  • Pembahasan mengenai topik teks ini lebih berfokus terhadap hal-hal yang bersifat umum (generic) dan non-manusia (bukan partisipan manusia). Contohnya seperti gempa bumi, meletusnya gunung berapi, tsunami, banjir, badai dan masih banyak lagi.
  • Istilah-istilah ilmiah harus digunakan secara tertulis.
  • Kalimat pasif harus digunakan secara tertulis.
  • Kata kerja material dan kata kerja relasional (kata kerja aktif) paling umum digunakan didalam penulisannya.
  • Membuat teks ini umumnya menggunakan kata hubung waktu dan kausalitas. Contohnya seperti sebelumnya, pertama, jika, lalu dan masih banyak lagi.
  • Tujuan dari penulisan Explanation Text yaitu guna memberikan kebenarannya bahwa sesuatu yang dijelaskan secara kausal tersebut benar-benar terjadi.

Contoh Explanation Text

Dibawah ini terdapat contoh dari Explanation Text beserta dengan strukturnya, diantaranya adalah :

Salju

Teks Eksplanasi

Pernyataan Umum :
Salju adalah air hujan yang jatuh dari awan, tetapi sudah beku atau membeku. Umumnya, Salju memiliki tekstur yang sangat lembut dengan gumpalan kristal es yang berwarna putih.

Objek putih lembut ini sangat mudah ditemukan di negara-negara dengan empat musim. Namun, terdapat daerah tropis yang bersalju, khususnya di wilayah pegunungan Jayawijaya serta wilayah Sudirman Barisan di Papua, Indonesia.

Urutan Sebab dan Akibat :
Fenomena pembentukan salju ini dimulai dengan akumulasi uap air di atmosfer bumi. Uap air yang terkumpul, kemudian akan mengalami proses kondensasi, yang kemudian mengubahnya menjadi massa awan.

Ketika massa awan terbentuk, maka massa uap air jauh lebih kecil dari massa udara. Hal ini menyebabkan uap air berubah menjadi sebuah awan yang mengambang di udara.

Ketika uap air meningkat dan bergabung dengan uap air yang telah menjadi awan, maka kepadatannya semakin meningkat. Jika uap air terus bertambah, maka lama kelamaan udara tidak bisa lagi menahannya, kemudian awan akan pecah dan partikel air pun akan jatuh ke bumi.

Dalam pertikel tersebut, air murni yang jatuh dari awan dan terkontaminasi dengan partikel lain (partikel nukleasi), maka akan terjadi percepatan proses pembekuan dari partikel air murni serta bekerja sebagai perekat uap air.

Kemudian partikel murni yang sudah dicampur atau terkontaminasi dengan partikel nukleasi selanjutnya akan tercampur dengan partikel murni baru dan memungkinkan terjadinya pembentukan kristal es yang lebih besar.

Melalui proses inilah, partikel air murni yang awalnya hanya berupa sebuah uap air kemudian berubah menjadi kristal es yang dikenal sebagai salju.

Interpretasi :
Fenomena hujan salju akan terjadi ketika suhu tidak bisa mencairkan kristal es. Pada suhu yang lebih tinggi, maka kristal es akan mencair dan berubah menjadi lelehan air hujan.

Disamping, bentuknya yang unik dan terlihat sangat bagus, tetapi belum ada bukti yang mengatakan bahwa salju memiliki manfaat bagi manusia. Selain itu, salju juga dapat mengganggu aktivitas manusia, seperti gangguan akses jalan, cuaca yang sangat dingin, jalanan licin dan lainnya.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Teks Eksplanasi?

Teks Eksplanasi adalah sebuah teks atau paragraf yang mana, didalamnya berisikan tentang penjabaran dari mengapa dan bagaimana peristiwa seperti bencana alam, sosial, budaya dan lainnya dapat terjadi.

Apa saja struktur dari Teks Eksplanasi?

1. Pernyataan Umum
2. Urutan sebab akibat
3. Interpretasi

Ciri khusus yang membedakan Teks Eksplanasi dengan tek lainnya adalah?

Ciri khusus yang membedakan Teks Eksplanasi dengan jenis teks yang lainnya, yaitu didalamnya berisikan tentang peristiwa yang memiliki suatu hubungan sebab dan akibat.

Nah, demikianlah informasi yang bisa Rumus.co.id berikan pada kesempatan kali ini, semoga membantu.