Teks Eksemplum

Posted on

Teks Eksemplum – Pada kesempatan yang sebelumnya kita sudah membahas mengenai Teks beserta dengan jenis-jenis dan strukturnya secara rinci.

Teks Eksemplum

Baiklah, di kesempatan kali ini Rumus.co.id akan memberikan penjelasan mengenai Teks Eksemplum beserta dengan apa saja yang berakitan didalamnya.

Definisi Teks Eksemplum

Teks eksemplum sering diartikan sebagai sebuah teks cerita yang didalamnya menceritakan tentang perilaku dari seorang tokoh yang terdapat dalam sebuah cerita.

Secara umum, cerita yang terkandung dalam teks ini dimulai dengan pengenalan diri tokoh, kemudian membahas peristiwa apa yang dialami oleh tokoh dalam teks tersebut, serta berakhir dengan interpretasi yang berasal dari dalam tokoh tersebut.

Teks eksemplum merupakan sebuah teks yang termasuk kedalam salah satu jenis karya tulis yang didalamnya mengandung unsur pengalaman hidup dari seseorang.

Karakteristik Dari Textbeispiel

Berikut ini merupakan beberapa karakteristik dari Teks Eksemplum secara umum yang bisa membedakannya dengan jenis teks yang lain, yaitu diantaranya adalah :

  • Sebuah teks yang didalamnya berisikan tentang terjadinya peristiwa yang tak diinginkan.
  • Memiliki struktur penulisan yang lengkap.
  • Terdapat urutan peristiwa secara jelas.
  • Memakai bahasa yang bersifat naratif.

Baca Juga :
Teks Adalah
Contoh Teks Eksplanasi
Teks Anekdot

Struktur – Struktur Textbeispiel

Terdapat beberapa struktur yang mendasari penulisan dari Textbeispiel agar menjadi lebih kompleks, yaitu sebagai berikut :

  • Abstraksi, merupakan bagian sentral dari peristiwa yang terjadi dan berfungsi sebagai pengantar dan juga untuk menggambarkan peristiwa yang harus diceritakan.
  • Orientasi, merupakan bagian awal dari teks ini, umumnya berisikan tentang pengenalan karakter.
  • Peristiwa, merupakan salah satu bagian teks yang mana didalamnya menjelaskan peristiwa yang dialami oleh tokoh. Biasanya tokoh akan mengalami masalah atau peristiwa.
  • Interpretasi, merupakan salah satu bagian teks yang mana didalamnya terdapat pesan moral, evaluasi, serta konsekuensi yang dihasilkan dari tindakan tokoh. Penafsirannya hampir sama dengan koda yang terdapat didalam struktur Teks Anekdotal.
  • Koda, merupakan bagian terakhir yang terdapat dalam suatu cerita.

Ciri Kebahasaan Textbeispiel

Kaidah Kebahasaan dari Textbeispiel cenderung sama dengan teks prosedur kompleks, yang mana didalamnya banyak memakai konjungsi. Dalam kaidah kebahasaan dari Teks Eksemplum juga terdapat penggunaan konjungsi, dibawah ini unsur-unsurnya, yaitu :

  • Adanya penggunaan kalimat yang lebih kompleks.
  • Terdapat kata hubung didalamnya (Konjungsi).
  • Adanya penggunaan sebuah kata yang mengandung usnur rujukan.
  • Menggunakan Kata Kerja atau verba.

Contoh Dari Teks Eksemplum

Setelah menyimak beberapa penjelasan yang ada diatas, agar kalian lebih memahaminya, yuk kita simak beberapa contoh dari Teks Eksemplum, yaitu :

Contoh 1 :

Keindahan Persahabatan

Tino merupakan seorang anak laki-laki yang masih mengenyam pendidikan di bangku SMP, setiap hari ia harus menjual kue di sekolahnya, untuk mendapatkan uang agar bisa membayar biaya sekolahnya.

Hal tersebut karena dilatar belakangi oleh kondisi perekonomian dari kedua orang tuanya yang tak mampu untuk membiayai sekolah dirinya. Suatu hari, tepatnya pada tanggal 2 Mei, Tino tiba – tiba izin tidak masuk sekolah.

Hingga hari ini, Tino pun belum masuk sekolah, padahal dia sudah hampir seminggu tidak masuk ke sekolahnya dan banyak sekali tertinggal mata pelajaran. Teman sekelasnya memutuskan untuk berkunjung kerumahnya.

Pada saat di rumah Tino, teman – temannya memperoleh informasi dari ibunya bahwa Tino sekarang sedang berjualan kue di terminal bus. Ia berjualan hanya untuk mendapatkan uang agar SPP sekolahnya di bulan bisa dibayar.

Saat ini, uang Tino yang sudah terkumpul pun masih belum cukup untuk membayar SPP tersebut. Mengetahui hal tersebut, akhirnya semua teman – temannya menyusul Tino ke terminal.

Mereka mencari-cari keberadaan sih Tino, setelah mereka bertemu dengannya, akhirnya mereka memutuskan untuk memborong semua kue yang Tino jual. Mereka melakukan hal itu selama tiga hari secara berturut – turut.

Berdasarkan dari cerita yang ada diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa persahabatan merupakan hal-hal yang sangat indah, dengan adanya persahabatan maka akan muncul sikap saling membantu tanpa adanya pamrih.

Contoh 2 :

Jatuh Dari Sepeda

Abstrak
Jika kita melaksanakan suatu pekerjaan dengan tidak kehati-hatian, maka seseorang yang melakukannya akan mendapatkan hasil yang tidak baik. Terdapat begitu banyak peristiwa buruk yang ada dalam hidup ini.

Terutama kejaidan buruk yang tidak kita inginkan sebelumnya karena kita terburu-buru untuk berpikir serta bertindak dengan kejam ketika melakukan suatu pekerjaan.

Orientasi
Suatu hari, tepatnya pada tahun 2011 silam, kedua orang tuaku baru saja memberikan hadiah ulang tahun teristimewa untukku, yaitu berupa sebuah sepeda baru.

Mendapatkan hadiah itu aku pun merasa sangat bahagia, karena aku mendapatkan sebuah sepeda berwarna pink muda kesukaan ku, dengan cantiknya sudah terparkir di dalam garasi rumahku.

Karena sangking senangnya, aku selalu ingin bersepeda setiap hari. Saat itu, berbagai macam ide muncul memenuhi otakku. Bahkan, aku sempat berpikir untuk menjelajahi serta mengelilingi desa menggunakan dengan sepeda baruku.

Insiden
Setelah beberapa hari kemudian, aku berniat untuk menaiki sepeda kesukaan ku itu dan mengelilingi seluruh tempat yang ada di desa. Untuk mewujudkan hasratku itu, aku pun memilih jalur yang akan aku lewati yaitu seperti tepi sungai, kebun, dan juga sawah.

Karena aku sangking semangatnya, sampai-sampai tanpa sadar aku mengayuh sepeda dengan kecepatan tinggi. Ketika aku akan berbelok pada sebuah tikungan, aku tidak menyadari bahwa sepedaku terlau cepat, sehingga aku susah untuk mengendalikannya.

Tak lama kemudian aku terprosok kedalam selokan yang berada tepat didepan ku. Alhasil aku masuk kedalam selokan dan mendapatkan luka memar di kedua dengkul ku.

Interpretasi
Disepanjang perjalanan aku pulang ke rumah, aku harus menuntun sepedaku sembari meringis dan juga menangis karena kesakitan menahan luka yang ada di kedua lututku. Aku juga sangat sedih melihat sepeda baruku lecet akibat apa yang baru saja menimpaku.

Sejak saat itu, aku memperoleh pelajaran yang sangat berharga untuk ku. Bahwa aku harus terus berhati-hati didalam setiap urusan ataupun pekerjaan yang aku lakukan.

Khususnya saat menaiki kendaraan, agar aku bisa terhindar dari berbagai peristiwa buruk yang bisa kapan saja dan dimana saja menimpaku.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Teks Eksemplum?

Teks eksemplum sering diartikan sebagai sebuah teks cerita yang didalamnya menceritakan tentang perilaku dari seorang tokoh yang terdapat dalam sebuah cerita.

Apa fungsi dari Teks Eksemplum?

Eksemplum termasuk kedalam jenis teks rekaan yang umumnya berfungsi untuk menilai perilaku atau karakter dari seorang tokoh yang terdapat dalam suatu cerita.

Kaidah kebahasaan dari Teks Eksemplum yaitu?

1. Adanya penggunaan kalimat yang lebih kompleks.
2. Terdapat kata hubung didalamnya (Konjungsi).
3. Adanya penggunaan sebuah kata yang mengandung usnur rujukan.
4. Menggunakan Kata Kerja atau verba.

Demikianlah informasi yang bisa Rumus.co.id berikan pada kesempatan kali ini, semoga membantu para pembaca.

Related posts: