Teks Editorial

Posted on

Teks Editorial – Secara sadar atau tidak sadar kamu pasti pernah membaca sebuah teks yang didalamnya berisikan tentang argumen pribadi yang disampaikan oleh seseorang atau individu.

Teks Editorial

Nah, Teks tersebut disebut sebagai Teks Editorial. Apa sih sebenarnya Editorial Text itu? Bagaimana strukturnya? Apa saja ciri-cirinya?

Nah, agar kalian semua mengetahui lebih lengkap dan jelas mengenai Editorial Text ini. Maka Rumus.co.id akan menjabarkan materinya untuk para pembaca setia website ini. Untuk itu, yuk kita simak secara bersama-sama materi dibawah ini.

Definisi Teks Editorial

Teks editorial adalah salah satu teks dalam bahasa Indonesia yang didalamnya berisikan sebuah argumen atau pendapat pribadi yang disampaikan oleh seseorang atau individu terhadap suatu masalah atau isu aktual.

Umumnya, isu tersebut dapat meliputi masalah ekonomi, sosial, politik atau masalah aktual lainnya yang sedang hangat diperbincangkan dimana-mana.

Namun demikian, pengungkapan teks juga harus didasari dengan bukti, fakta atau data serta alasan yang bersifat logis dan juga bijaksana. Sehingga membuat para pembaca atau pendengar bisa menerima pendapat yang disampaikan dengan baik dan juga bijaksana.

Ciri – Ciri Editorial Text

Agar kalian dapat dengan mudah membedakan antara Editorial Text dengan jenis teks yang lainnya, mari kita simak dan pahami ciri-ciri dari Editorial Text dibawah ini :

  • Bersifat logis dan juga sistematis.
  • Merupakan sebuah opini argumentatif.
  • Mengandung tema yang sedang ramai diperbincangkan sehingga sangat menarik.
  • Terdapat fakta dalam pendapat pribadi sang penulis.
  • Memiliki sifat analisis.
  • Disajikan ke dalam bentuk perspektif, sehingga kebenarannya berbeda dengan perspektif yang lain.
  • Umumnya dimulai dengan fakta umum terlebih dahulu baru kemudian opini.
  • Merupakan suatu opini atau pendapat yang memiliki sifat argumentasi.

Tujuan Dan Manfaat dari Editorial Text

Editorial Text memiliki tujuan dan juga manfaat yang perlu kalian ketahui. Berikut ini merupakan tujuan dan juga manfaat dari Teks Editorial adalah :

Tujuan Editorial Text, yaitu :

  1. Untuk mengajak para pembaca agar ikut berpikir di dalam suatu masalah (isu atau topik) yang sedang ramai diperbincangkan dalam lingkungan sekitar.
  2. Menyampaikan sebuah pendapat atau argumen berdasarkan dengan fakta, data serta alasan yang tepat kepada para pembaca mengenai isu yang tengah terjadi.

Baca Juga :
Teks Cerita Sejarah
Pengertian, Tujuan, Contoh, Macam Teks Prosedur
Teks Argumentasi

Manfaat Editorial Text, yaitu :

  • Menyampaikan informasi atau referensi kepada para pembaca.
  • Untuk merangsang pemikiran dari para pembaca
  • Teks ini dapat digunakan untuk membantu pembaca agar melakukan sebuah tindakan.

Struktur Dari Teks Editorial

Secara umum, dalam penulisan Editorial Text terdapat beberapa struktur yang menyusunnya, yaitu diantaranya adalah :

  • Pernyataan pendapat (tesis), Pada bagian ini berisikan mengenai sudut pandang dari sang penulis tentang masalah yang tengah hangat dibahas. Biasanya dalam teori akan diperkuat dengan adanya argumen.
  • Argumentasi, merupakan sebuah alasan atau bukti yang berfungsi untuk memperkuat pernyataan yang terdapat di dalam tesis, meskipun secara umum argumentasi dipakai untuk dapat menolak sebuah pendapat. Umumnya berbentuk sebuah pertanyaan umum atau data dari hasil penelitian.
  • perulangan pendapat (Reiteration), pada bagian ini berisikan tentang penegasan ulang dari pendapat yang didasari dengan fakta serta data pada bagian argumentasi dalam upaya memperkuat ataupun menegaskan kembali.

Kaidah Kebahasaan Editorial Text

Berikut merupakan beberapa unsur kebahasaan yang terdapat dalam Editorial Text, yaitu :

  1. Adverbia adalah unsur yang digunakan agar pembaca percaya dengan teks yang dibahas, dengan memakai Adverbia Frekuentatif, yaitu, selalu, umumnya, sering, biasanya, kadang-kadang, jarang dan masih banyak lagi.
  2. Konjungsi adalah sebuah kata yang berfungsi untuk menghubungkan teks dalam Editorial Text, contohnya seperti kata bahkan.
  3. Verba Material adalah salah satu verba yang berfungsi menjabarkan perbuatan secara fisik atau suatu peristiwa.
  4. Relational Verbs adalah unsur yang digunakan untuk menjelaskan hubungan intensitas (Definisi A yaitu B) dan juga kepemilikan (mengandung definisi A memiliki B).
  5. Verba Mental adalah verba yang digunakan untuk menjelaskan persepsi atau pendapat (seperti melihat, merasa), afeksi (seperti suka, senang dan juga khawatir) dan kognisi (seperti berpikir, mengerti dan paham). Pada verba ini mengandung partisipan pengindera (senser) dan juga fenomena.

Contoh Teks Editorial

Setelah kita melihat beberapa penjelasan dari sub-sub materi yang ada diatas, berikut ini merupakan contoh dari Editorial Text, yaitu :

Judul : Adanya Transportasi atau Kendaraan Online

  • Thesis (Pernyataan Pendapat)

Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin canggih, sebagai contoh adanya aplikasi untuk transportasi secara online. Hadirnya aplikasi ini tentunya semakin mempermudah seseorang yang hendak melakukan perjalanan.

Akan tetapi, terdapat pihak yang merasa dirugikan dengan adanya aplikasi ini, sebab hampir semua masyarakat lebih senang memakai transportasi online daripada angkutan umum lainnya.

  • Argumentasi

Ketidakseimbangan yang terjadi antara transportasi online dengan angkutan umum dapat menyebabkan keresahan. Ini karena kedua belah pihak berjuang untuk mendapatkan penumpang agar memperoleh keberuntungan.

Mestinya, transportasi online dan juga angkutan umum harus bersaing secara adil serta melakukan hal-hal yang lebih kreatif untuk menarik lebih banyak penumpang.

  • Penegasan Ulang

Baik itu pengemudi transportasi online dan juga angkutan umum, mereka semua sama-sama tengah bekerja untuk mencari nafkah. Seharusnya hal tersebut digunakan sebagai referensi untuk lebih antusias tentang persaingan dalam dunia kerja.

F.A.Q

Apa itu Editorial Text?

Teks editorial adalah salah satu teks dalam bahasa Indonesia yang didalamnya berisikan sebuah argumen atau pendapat pribadi yang disampaikan oleh seseorang atau individu terhadap suatu masalah atau isu aktual.

Jenis-jenis dari Teks Editorial adalah?

1. Editorial interpretatif.
2. Editorial kontroversial.
3. Explanatory Editorial.

Fungsi dari Teks Editorial adalah?

Secara umum, Editorial Text berfungsi untuk memberikan informasi dasar tentang hubungan antara berita dan realitas sosial serta untuk mempengaruhi faktor-faktor yang ada secara lebih mendalam.

Sekian dari pembahasan kali ini yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat membantu anda-anda semua untuk memahaminya.

Related posts: