Teks Deskripsi

Posted on

Teks Deskripsi – Pembahasan materi kali ini adalah mengenai pengertian, contoh, struktur, tujuan dan ciri – ciri teks deskripsi yang akan dibahas secara lengkap. Silahkan kalian simak penjelasan lengkapnya dibawah ini!

Teks Deskripsi
Teks Deskripsi

Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kata deskripsi sendiri mempunyai arti pemaparan atau penggambaran terhadap kata-kata secara jelas dan terperinci. Kemudian menggambarkan pada suatu bentuk objek berdasarkan pengamatan, sifat, rasa, warna, atau corak. Karakter bahasa yang dipakai dalam menyusun teks deskripsi berupa rincian suatu objek atau benda. Selain itu sering memakai majas dalam melukiskan secara konkret. Paragraf yang disusun pada teks deskripsi bisa membuat pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan pada suatu objek atau benda secara langsung.

Terdapat 3 (tiga) macam teks deskripsi yang sering didengar, yakni subjektif (penggambaran objek oleh kesan penulis), spatial (penggamabaran objek yang berupa tempat, benda, atau ruang), dan objektif (penggambaran keadaan pada objek tanpa penambahan suatu opini penulis). Kemudian itu juga bisa dibedakan menjadi dua jenis, yakni impresionistis dan ekspositoris.

Impresionistis

Teks deskripsi impresionistis adalah menggambarkan suatu objek atau benda dari sudut pandang penulis. Penjelasan objek atau benda dalam jenis teks deskripsi ini ditulis berdasarkan hasil dari pengamatan atau observasi yang dilakukan oleh penulis. Teks deskripsi impresionistis bisa membuat pembacanya seakan-akan mengalami dan merasakan apa yang telah dialami penulis. Cara menggambarkan objek dalam jenis teks deskripsi impresionistis ini tidak ada perbedaan dengan teks deskripsi subjektif.

Ekspositoris

Teks deskripsi ekspositoris merupakan bacaan yang disusun berdasarkan urutan logis oleh suatu objek atau benda yang diamati. Deskripsi yang diberikan bisa merupakan kegiatan yang dilakukan. Jenis teks deskripsi ekspositoris tepat dipakai dalam menyusun paragraf yang menyatakan dalam proses pengamatan.

Pengertian

Teks deskripsi adalah suatu paragraf atau teks yang gagasan utamanya disusun dengan cara menggambarkan benda, objek, tempat, atau peristiwa secara jelas yang menjadi topik penulis terhadap pembaca. Sehingga pembaca seakan-akan merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan pada teks tersebut.

Tujuan

Tujuannya adalah memberikan penjelasan yang lengkap kepada pembacanya agar dapat memahami apa yang sedang dibaca, seperti halnya dalam bentuk fisik atau juga wujud yang abstrak seperti sikap, rasa dan lain sebagainya.

Teks deskripsi merupakan hasil pengamatan atau observasi, oleh karena itu informasi yang dipakai untuk menjabarkan benda, objek atau tempat harus jelas, sesuaikan dengan data dan fakta yang terdapat dalam objek tersebut.

Ciri-Ciri

Berikut ciri-ciri yang bisa dengan mudah kita pahami jenis pada sebuah teks deskripsi, sebagai berikut :

  1. Paragraf deskripsi menggambarkan suatu objek, benda, tempat atau suasana.
  2. Melibatkan kesan indera ( seperti : penglihatan, pendengaran, pengecapan, penciuman dan perabaan).
  3. Menjelaskan ciri-ciri fisik dan objek tertentu seperti bentuk, warna, ukuran dan kepribadian secara jelas.
  4. Terdapat sebuah kata-kata atau frasa yang bermakna sifat atau keadaan.

Struktur

Terdapat 3 struktur yang menyusun teks deskripsi sampai menjadi sebuah paragraf, sebagai berikut :

1. Identifikasi, merupakan penentu identitas seseorang, benda, objek dan sebagainya.

2. Klasifikasi, merupakan penyusunan ber-sistem pada suatu kelompok menurut kaidah atau standar yang sudah ditetapkan.

3. Bagian deskripsi, merupakan bagian teks yang berisi mengenai gambaran atau pemaparan suatu objek atau topik didalam teks tersebut.

Langkah-langkah Menyusun Teks

  1. Menentukan tema (objek atau topik yang akan dibahas).
  2. Menentukan tujuan.
  3. Kumpulkan data-data dan pengamatan secara langsung terkait topik yang akan dibahas.
  4. Setelah semua data-data terkumpul, kemudian menyusun data tersebut menjadi suatu kerangka karangan/paragraf.
  5. Menyusun teks deskripsi dengan uraian kerangka karangan tersebut sesuai dengan topik.

Contoh

Tentang Sekolah

Kelas X.2

Kelas X.2 sudah menjadi tempat rumah bagi kami di sekolah. Di kelas kami saling bertemu dengan teman-teman yang sangat baik, ramah dan suka membantu. Di sana juga kami belajar menuntut ilmu demi meraih masa depan yang dituju.

Meskipun kelas yang kami tempati tidak begitu luas, hanya sekitar 7 X 6 m2. Tetapi kelas ini sangatlah bersih dan nyaman untuk proses pembelajaran.

Lantai kelas yang dilapisi oleh keramik putih sangat bersih dan mengkilap, karena setiap hari selalu di-sapu dan di-pel. Kemudian kelas kami juga sangat lengkap. Terdapat 40 buah kursi dan meja, lalu 2 buah papan tulis putih yang besar. Di samping papan tulis ada meja guru dan lemari untuk menyimpan peralatan kelas.

Pada bagian dinding kelas yang berwarna putih dan bersih telah dilengkapi oleh gambar para pahlawan, foto presiden, pancasila dan karya kami semua. Di dinding depan kelas juga terdapat sebuah mading yang dilengkapi dengan pantun, puisi, dan info lainnya.

Itulah gambaran mengenai kelasku, kelas yang sangat bersih dan nyaman sehingga kami semua semangat pada proses belajar dimulai.

Tentang Alam

Keindahan Alam Indonesia

Indonesia merupakan sebuah Negara yang memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah ruah dari Sabang sampai Merauke. Keindahan alam Indonesia juga dinilai sebagai terbaik yang mampu menandingi di negara manapun bahkan dunia.

Hampir seluruh pesona alam ada di Indonesia mulai dari daratan hingga lautan. Maka, tidak heran jika saat ini banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh hanya untuk menikmati keindahan alam bumi yang ada di Indonesia.

Bukan hanya keindahan alam saja, ternyata di dalam keindahan tersebut ada banyak sekali hal yang tersembunyi dan jarang diketahui banyak orang seperti flora dan fauna yang sangat langka dan eksotis.

Keindahan alam Indonesia yang paling terkenal di mata dunia adalah pantainya yang luas dari barat sampai ke timur. Banyaknya pulau yang terdapat di Indonesia membuat kekayaan laut dan pantai semakin indah.

Selain pantai, keindahan yang ada di bawah laut juga menjadi incaran para wisatawan asing untuk melihat ke dalamnya. Daerah yang mempunyai keindahan pantai yang paling terkenal di Indonesia adalah Manado, Bali dan Raja Ampat.

Bukkan hanya itu saja, Indonesia juga merupakan negara yang mempunyai cakupan hutan terbesar di Dunia. Oleh sebab itu, Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia karena ⅓ hutan di Dunia berada di Indonesia.

Keindahan hutan yang berada di Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi, penghijauan yang terdapat banyak pohon membuat mata seperti terhipnotis.

Demikian penjelasan mengenai pengertian, contoh, struktur, tujuan dan ciri – ciri teks deskripsi. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Artikel Terkait :