Teks Cerita Sejarah

Posted on

Teks Cerita Sejarah – Jenis dari teks yang satu ini adalah salah satu materi dari pelajaran Bahasa Indonesia yang dipelajari sekolah menengah atas atau kejuruan (SMA / SMK).

Teks Cerita Sejarah

Materi tersebut merupakan salah satu bentuk materi yang dipelajari oleh sekolah yang menerapkan sistem pembelajaran Kurikulum 2013. Sehingga masih banyak yang asing dengan jenis teks tersebut.

Namun, bagi kalian yang belum memahaminya jangan khawatir, karena di pembahasan kali ini, Rumus.co.id akan menyampaikannya kepada kalian mengenai Teks Cerita Sejarah secara lengkap dan terperinci. Untuk itu mari kita simak penjabaran dibawah ini.

Definisi Historical Story Text

Teks Cerita Sejarah atau Historical Story Text merupakan sebuah text yang mana didalamnya berisikan penjelasan atau menceritakan hal tentang fakta-fakta atau peristiwa yang terjadi di masa lampau.

Dimana cerita ini menjadi asal muasal dari hal-hal tertentu sehingga didalamnya tersirat dengan nilai-nilai sejarah. Teks cerita sejarah menunjukkan bahwa cerita yang disampaikan bukanlah cerita normal atau cerita yang didasarkan pada imajinasi seseorang.

Akan tetapi cerita ini merupakan sebuah cerita yang didalamnya terkandung nilai-nilai sejarah. Ini menunjukkan bahwa kisah yang diceritakan memiliki bukti yang nyata karena kisahnya terjadi di masa lalu.

Ciri – Ciri Dari Historical Story Text

Setelah secara bersama-sama kita menyimak definisi dari teks cerita sejarah. Berikut ini merupakan beberapa ciri-ciri dari Historical Story Text yang perlu kalian ketahui, yaitu :

  1. Secara umum, teks historis dijabarkan dalam bentuk urutan yang kronologis dari awal hingga akhir cerita.
  2. Bentuk dari teks tersebut berupa rekon atau yang lebih dikenal dengan sebutan cerita ulang.
  3. Struktur yang dimiliki oleh teks ini meliputi orientasi, urutan peristiwa hingga reorientasi.
  4. Pada dasarnya sering memakai konjungsi atau kata penghubung temporal.
  5. Di dalam ceritanya terdapat fakta-fakta yang terjadi dalam suatu peristiwa.

Baca Juga :
Contoh Teks Eksplanasi Sosial, Budaya, Dan Bencana Alam
Pengertian Drama
Contoh Recount Text

Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Sejarah

Pada dasarnya, dalam proses penulisan Historical Story Text tentunya terdapat beberapa kaidah kebahasaan yang menjadi landasan dalam pembuatannya, yaitu sebagai berikut :

  1. Kata Ganti (Pronomina) : Artinya, dalam penulisan Historica Text terdapat sebuah kata yang dipakai untuk menggantikan suatu benda dan memberi nama kepada seseorang atau hal-hal tertentu secara tidak langsung.
  2. Frasa adverbial : Artinya dalam historical text terdapat sebuah kata yang digunakan untuk menunjukkan suatu peristiwa atau kejadian, waktu, dan juga tempat.
  3. Verba Material : Artinya terdapat sebuah kata yang berperan untuk menunjukan suatu kegiatan atau aktivitas nyata yang dikerjakan oleh seorang partisipan. Kata kerja ini umumnya digunakan untuk menunjukkan perbuatan fisik seperti membaca, mencatat, menulis, mengepel, menyapu dan masih banyak lagi.
  4. Konjungsi Temporal : Artinya dalam penulisan Historical Text terdapat sebuah kata hubung yang berfungsi untuk menyajikan suatu cerita sesuai dengan urutan-urutan peristiwa yang sedang dibahas, yautu Kata Hubung Waktu.

Struktur Teks Cerita Sejarah

Secara umum, terdapat beberapa struktur yang menyusun Historical Story Text. Berikut merupakan penjelasan dari struktur-struktur Historical Text, yaitu :

  • Orientation adalah suatu bagian yang terdapat didalam Historical Text yang berisikan pengenalan atau sebagai teks pembuka dari teks tersebut.
  • Urutan Peristiwa adalah salah satu struktur dalam Historical Text yang mana menyajikan rekaman dari peristiwa sejarah yang telah terjadi, yang biasanya akan disajikan ke dalam urutan secara kronologis.
  • Reoriented adalah struktur teks sejarah yang berisi komentar pribadi yang disampaikan oleh sang penulis pada peristiwa sejarah yang diceritakan. Bagian ini umumnya bagian yang opsional, artinya bagian ini boleh disajikan atau tidak oleh sang penulis teks sejarah.

Macam – Macam Historical Story Text

Secara umum, Historical Story Text dibedakan menjadi dua bentuk yaitu, Fiksi dan Non-Fiksi. Berikut ini berbagai macam jenis-jenis dari kedua bentuk Historical Text, yaitu :

A. Sejarah Fiksi

1. Novel 

Novel adalah karya fiksi prosa yang ditulis secara naratif dan umumnya disajikan ke dalam bentuk sebuah cerita. Orang yang menulis novel disebut sebagai novelis. Kata Novel berawal dari bahasa Italia yaitu Novella yang bermakna “sebuah kisah”.

2. Cerpen 

Cerita pendek atau Cerpen merupakan sebuah bentuk prosa naratif imajiner. Kisah-kisahnya cukup padat dan juga lebih sederhana dibandingkan dengan karya fiksi yang jauh lebih panjang seperti novel.

3. Legenda 

Legenda merupakan sebuah cerita rakyat turun temurun yang dinilai oleh orang yang memiliki cerita tersebut sebagai sesuatu yang memang benar adanya. 

4. Roman

Romantisisme adalah sejenis karya sastra dalam bentuk prosa atau konten yang menggambarkan tindakan penulis berdasarkan dengan karakter dan juga isi jiwa mereka. Ini juga bisa menjadi kisah cinta, yang berarti “kisah romantika”.

2. Sejarah Non-Fiksi

  1. Biografi merupakan sebuah kisah atau keterangan yang menjabarkan tentang kehidupan yang dialami oleh seseorang namun ditulis oleh orang lain.
  2. Autobiografi merupakan keterangan atau kisah yang menjabarkan tentang kehidupan seseorang yang ditulis oleh dirinya sendiri.
  3. Cerita Perjalanan merupakan sebuah teks atau kisah yang mana didalamnya berisikan suatu cerita yang menceritakan mengenai perjalanan.
  4. Catatan Sejarah merupakan salah satu teks yang mana didalamnya menceritakan tentang sebuah fakta atau peristiwa masa lalu yang dijadikan sebagai asal muasal hal tertentu yang mempunyai nilai sejarah.

F.A.Q

Apa itu Teks Sejarah?

Teks Cerita Sejarah atau Historical Story Text merupakan sebuah text yang mana didalamnya berisikan penjelasan atau menceritakan hal tentang fakta-fakta atau peristiwa yang terjadi di masa lampau.

Fungsi dari Teks Cerita Sejarah adalah?

Teks sejarah digunakan untuk menceritakan serta menjelaskan kembali peristiwa sejarah yang pernah terjadi di masa lalu.

Bagaimana cara menganalisis Teks Cerita Sejarah?

Pertama, tentukan terlebih dahulu ide pokok pada paragraf.
Kemudian, identifikasikan struktur beserta dengan kaidah dari teks sejarah.

Demikianlah artikel ringkas dari pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat ya para readers.

Related posts: