Teks Argumentasi

Posted on

Teks Argumentasi – Ada banyak bacaan yang telah kita jumpai di berbagai publikasi media yang disajikan ke dalam bentuk opini sang penulis. Baik online atau offline, seperti Kompasiana, Blogdetik, Surat Kabar, Majalah dan masih banyak lagi.

Teks Argumentasi

Teks yang dimkasud diatas, jika dalam materi Bahasa Indonesia termasuk ke dalam jenis Teks Argumentasi. Argument Text umumnya berfungsi untuk meyakinkan para pembaca agar mempunyai pandangan yang sama dengan sang penulis.

Di ulasan kali ini, kita akan membahas mengenai Argument Text secara rinci beserta dengan hal-hal yang ada didalamnya.

Pengertian Teks Argumentasi

Paragraf atau Teks Argumen merupakan sebuah paragraf yang didalamnya berisikan mengenai opini atau sikap yang diikuti oleh alasan, contoh, serta bukti yang digunakan untuk meyakinkan para pembaca agar memiliki pendapat yang sama dengan penulis.

Tujuan utama dari adanya teks argumentasi yaitu untuk meyakinkan dan juga mempengaruhi para pembaca atau pendengarnya agar memiliki argumen yang sama dengan argumen dari sang penulis.

Nah, agar tujuan tersebut bisa tercapai, maka dalam penulisan Argument Text harus disertai dengan fakta-fakta yang aktual seperti hasil research, data, teori ahli dan masih banyak lagi.

Karakteristik Dari Argument Text

Untuk membedakannya dengan bentuk teks yang lainnya, maka Teks Argumentasi memiliki beberapa ciri-cirinya tersendiri, yaitu diantaranya adalah :

  • Umumnya berisikan tentang pendapat pandangan serta keyakinan dari sang penulis pada permasalahan yang terjadi.
  • Mengandung data-data faktual yang berfungsi untuk meyakinkan para pembaca.
  • Menjabarkan konflik dengan menganalisisnya dan memberikan analogi.
  • Umumnya terdapat sumber atau referensi yang jelas dan mengandung data-data faktual dan juga andal.
  • Biasanya berisikan tentang informasi mengenai penolakan argumen yang berbeda dari argumen yang disampaikan oleh penulis.
  • Di dalam pembuatannya, Teks Argumentasi sering menggunakan sebuah kalimat yang mengandung unsur ajakan.
  • Umumnya teks ini diakhiri dengan kesimpulan yaitu berupa sebuah pandangan yang lebih luas, namun bukan penegasan ulang dari topik utama.

Struktur Dari Argument Text

Secara umum terdapat 3 urutan struktur dalam pembuatan atau penulisan Argument Text. Urutan tersebut tidak boleh ditukar-tukar posisinya, sebab hal ini justru akan membuat para pembaca kebingungan.

Berikut ini penjelasan dari ketiga Struktur Teks Argumentasi, yaitu sebagai berikut :

  1. Pendahuluan, pada bagian ini umumnya berisikan mengenai latar belakang atau pengenalan dari masalah yang terjadi. Oleh sebab itu, pada bagian ini harus dibuat semenarik mungkin agar mampu menarik perhatian para pembacanya.
  2. Tubuh Argumen, pada bagian ini umumnya berisikan mengenai pendapat, pandangan, ide dan juga gagasan yang diikuti dengan fakta yang berfungsi untuk menguatkan dan juga membuktikan bahwa, gagasan tersebut memang ada.
  3. Penutup, umumnya pada bagian ini berisikan mengenai kesimpulan akhir yang logis dan juga bisa ditangkap oleh nalar para pembaca.

Baca Juga :
Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi
Contoh Karangan Argumentasi Beserta Ciri, Jenis dan Cara Membuat

Macam – Macam Teks Argumentasi

Secara umum, Argument Text dibagi menjadi dua jenis, yaitu Argument Text Sebab-Akibat dan Akibat-Sebab. Berikut ini merupakan penjelasan dari kedua jenis teks tersebut, yaitu :

  • Argument Text Sebab-Akibat, salah satu jenis teks argumen yang diawali dengan pendapat seseorang, yang berupa sebab-akibat dari permasalahan yang terjadi dan kemudian diarahkan pada satu kesimpulan yang bersifat universal.
  • Argument Text Akibat-Sebab, salah satu jenis teks argumen yang diawali dengan menjelaskan suatu masalah yang terjadi dan mengandung dampak dari permasalahan tersebut.

Contoh Dari Teks Argumentasi

Setelah menyimak penjabaran yang ada diatas, agar kalian lebih memahaminya lagi, yuk simak contoh dari Teks Argumentasi dibawah ini :

#Contoh 1

Musim kemarau yang terjadi pada tahun ini merupakan kemarau terpanjang yang terjadi dalam jangka 10 tahun terakhir ini. Hujan yang tidak turun selama kurang lebih 6 bulan menyebabkan tanah dan juga sumber air mengering.

Menurut BMKG, hujan diperkirakan akan turun bulan depan. Apabila hal itu benar-benar terjadi, maka sudah dipastikan bahwa kemarau yang terjadi tahun ini bukan kemarau yang biasa.

Karena kemarau tahun ini terjadi selama 7 bulan lamanya, sedangkan menurut data yang diungkapkan oleh BMKG tahun lalu, kemarau tahun ini hanya terjadi selama 5 bulan saja.

Sehingga hal ini, menyebabkan petani banyak yang mengalami kerugian karena gagal untuk panen sebab tidak ada sumber air yang mengairi sawah mereka.

#Contoh 2

Meningkatkan tingkat pendidikan dari para petani sama saja pentingnya dengan berusaha untuk meningkatkan kehidupan mereka.

Petani yang memiliki tingkat pendidikan yang cukup tinggi, bisa merubah sistem pertanian yang tradisional menjadi sistem pertanian modern yang produktif.

Petani dengan tingkat pendidikan yang relatif tinggi dapat memberikan umpan balik yang sesuai di tingkat pusat dan juga daerah terhadap gagasan yang diajukan oleh perencana pembangunan.

Oleh karena itu, mengapa mengembangkan tingkat pendidikan dari para petani adalah hal yang sangat mendesak untuk segera dilakukan.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Teks Argumentasi?

Paragraf atau Teks Argumen merupakan sebuah paragraf yang didalamnya berisikan mengenai opini atau sikap yang diikuti oleh alasan, contoh, serta bukti yang digunakan untuk meyakinkan para pembaca agar memiliki pendapat yang sama dengan penulis.

Apa tujuan utama dari pembuatan Teks Argumentasi?

Tujuan utama dari adanya teks argumentasi yaitu untuk meyakinkan dan juga mempengaruhi para pembaca atau pendengarnya agar memiliki argumen yang sama dengan argumen dari sang penulis.

Perbedaan Teks Argumentasi dengan Teks Eksposisi adalah?

Untuk Teks Argumentasi, cenderung pembacanya saja yang percaya pada apa yang sudah mereka baca. Sementara itu, Eksposisi Teks hanya memberikan informasi tentang hal-hal tertentu tanpa memaksa para pembacanya untuk percaya dengan apa yang mereka baca.

Nah, itu dia informasi yang bisa saya berikan pada pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi pengetahuan baru untuk kita semua.