Teks Anekdot

Posted on

Teks Anekdot (Anecdotal Text) – Anekdot merupakan suatu pembahasan dalam materi pelajaran Bahasa Indonesia yang sangat terkenal, teks ini umumnya bisa kita jumpai di berbagai media loh.

Teks Anekdot

Dahulu sebelum di zaman modren seperti sekarang ini sih, Anecdotal Text sering di jumpai di media koran, namun seiring berkembangnya zaman dan teknologi, teks tersebut banyak dijumpai di media sosial.

Pada kesempatan kali ini, Rumus.co.id akan memberikan penjabaran mengenai Teks Anekdot beserta dengan hal-hal yang berkaitan didalamnya.

Apa itu Teks Anekdot?

Teks Anekdot merupakan salah satu jenis teks yang didalamnya berisikan sebuah cerita singkat yang mengandung unsur humor dan lucu serta memiliki maksud untuk mengkritik seseorang melalui teks ini.

Secara umum, Anecdotal Text biasanya bertopikan tentang suatu layanan publik, politik, lingkungan, sosial dan masih banyak lagi. Namun, tidak hanya berbentuk sebuah cerita, tetapi Anecdotal Text juga bisa berbentuk sebuah dialog singkat yang terjadi antara beberapa tokoh.

Struktur Dalam Anecdotal Text

Fungsi dari adanya struktur dalam sebuah teks yaitu agar membuat teks menjadi terlihat lebih rapi dan juga sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan. Berikut struktur-struktur teks anekdot yaitu :

  • Ringkasan (Abstrak), bagian ini umumnya terletak di awal paragraf, sebab ringkasan ini digunakan untuk menggambarkan sebuah cerita dalam teks secara umum, dengan tujuan agar para pembaca dapat membayangkan kisah yang akan diceritakan.
  • Orientasi, merupakan struktur dari Anecdotal Text yang menjelaskan awal terjadinya suatu peristiwa dalam sebuah cerita ataupun dialog. Pada bagian ini juga membahas latar belakang mengapa peristiwa utama dalam cerita dapat terjadi.
  • Krisis, merupakan struktur dari Anecdotal Text yang umumnya menjelaskan masalah utama yang terjadi dengan bahasa yang unik dan juga tidak biasa.
  • Reaksi, merupakan bagian dalam Anecdotal Text yang umumnya digunakan untuk memberikan solusi yang berbeda dari masalah yang terjadi dengan cara yang unik dan juga berbeda.
  • Koda, marupakan bagian akhir dari suatu cerita atau dialog dalam teks anekdot. Umumnya, bagian ini berisikan sebuah pesan atau amanat yang diberikan oleh seorang penulis kepada para pembacanya.

Baca Juga :
Contoh Teks Anekdot
Cerpen Lucu
Contoh Cerita Fabel

Ciri – Ciri yang Terdapat Pada Anecdotal Text

Supaya Anda dapat dengan mudah membedakannya serta agar lebih memahami tentang pengertian Anecdotal Text itu seperti apa, maka coba pahami juga ciri-ciri dari Teks Anekdot yang terdapat di bawah ini, yaitu :

  1. Sebuah teks yang hampir menyerupai perumpamaan dan penyampaiannya cenderung sama dengan dongeng.
  2. Mengandung unsur lelucon atau humor.
  3. Umumnya berisi tentang kisah dari orang-orang penting.
  4. Secara umum, bersifat mengkritik ataupun menyindir seseorang.

Ciri Kebahasaan Teks Anekdot

Selain ciri – ciri yang dapat membedakan teks anekdot dengan teks yang lainnya, terdapat juga ciri kebahasaan dari Anecdotal Text yang dapat membantu dalam proses penulisan, yaitu :

  • Umumnya menggunakan keterangan masa lalu atau lampau.
  • Terdapat konjungsi atau kata hubung yang digunakan untuk menyatakan bagian-bagian peristiwa.
  • Penulisannya berdasarkan dengan struktur-struktur yang terdapat didalam Anecdotal Text.
  • Secara umum terdapat penggunaan kalimat yang berbau perintah.
  • Terdapat kalimat yang mengandung unsur retorik.
  • Terdapat penggunaan kata kerja.
  • Umumnya menggunakan kalimat yang menarik.

Contoh Anecdotal Text

Setelah kita menyimak pembahasan yang ada di atas, berikut ini merupakan beberapa contoh dari Teks Anekdot sesuai dengan strukturnya, yaitu sebagai berikut :

Contoh 1 :

Olive, Yura dan Tania, ketiganya saling bertetangga dan selalu pergi ke kantor dengan menaiki transportasi umum. Sebelum mereka mencapai jalan raya untuk naik transportasi umum, maka mereka harus melewati sebuah rumah dari tempat burung beo tinggal.

Setiap kali ketiganya lewat di depan rumah orang yang merawat burung beo tersebut, burung tersebut selalu merujuk pada tiga warna. Olive curiga bahwa burung itu tahu warna dari ketiga celana dalam perempuan itu.

Untuk membuktikan hal tersebut benar atau tidak, akhirnya mereka janjian untuk mengenakan warna celana dalam yang samaan. Keesokan harinya, saat mereka lewat depan rumah orang tersebut, lalu si beo berkata “Hitam, hitam, hitam.”

Lantas, ketiga wanita itu terkejut sekaligus kagum kepada burung beo. Hari-hari berikutnya dengan tepat si burung beo pun lagi-lagi menebak warna celana dalam dari ketiga wanita tersebut.

Kemudian Yura memiliki ide yang terbilang sedikit konyol. “Guys, Bagaimana kalau besok kita tidak usah menggunakan celana dalam? Kita lihat mau bilang apa coba si beo jahil itu?”

Nah, hari yang mereka tunggu-tunggu pun tiba, ketika mereka lewat depan rumah si burung beo tinggal, burung tersebut hanya mondar-mandir di dalam sangkarnya seperti sedang kebingungan.

Olive dan kedua temannya mulai tertawa terbahak-bahak karena, akhirnya mereka bisa mengerjai burung beo yang sangat jahil itu. Namun, tawa mereka tidak bertahan lama, karena tak lama kemudian beo pun berkata, “lurus, kriting, lurus.”

Contoh 2 :

Obat Pereda Sakit Kepala

Abstraksi

Suatu hari, terdapat seorang kakek bernama Riki yang tinggal bersama dengan cucunya. Saat saat itu sedang masuk bulan Ramadhan, seperti biasa kakek Riki sedang menonton acara televisi kesukaannya yaitu “Magic Tumbler”.

Iklan muncul setiap dua puluh menit sekali, salah satu iklan yang sering muncul adalah iklan obat pereda sakit kepala. Pengumuman itu menjelaskan bahwa obat itu dapat dikonsumsi kapan saja.

Orientasi

Saat Kakek Riki sedang asik-asiknya menonton televisi, tiba-tiba beliau merasakan sakit kepala. Sang kakek pun langsung bergegas memanggil cucunya yang sedang bermain handphone di dalam kamarnya guna dimintai tolong untuk membeli obat sakit kepala.

Krisis

Mendengar kakeknya memanggil-manggil namanya, sang cucupun keluar kamar untuk menemui kakeknya sambil berkata “Iya kek ada apa?.”Tolong cu belikan kakek obat pereda sakit kepala!”

Tanpa pikir panjang sang cucu pun pergi untuk membelikan obat tersebut. Setelah cucunya sampai di rumah, sang kakek langsung meminum obat pereda nyeri tersebut.

Reaksi

Melihat kejadian tersebut, sang cucu pun langsung bertanya “Loh, bukannya kakek lagi puasa ya, tapi kok malah minum obat?”

Koda

Tanpa ragu-ragu serta dengan raut wajah yang merasa tidak berdosa, sang kakek pun menjawab “Nah, Itu dia okenya bodrex sakit kepala cu, sebab bisa diminum kapan saja !!!”

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Teks Anekdot?

Teks Anekdot merupakan salah satu jenis teks yang didalamnya berisikan sebuah cerita singkat yang mengandung unsur humor dan lucu serta memiliki maksud untuk mengkritik seseorang melalui teks ini.

Apa ciri khusus dari Teks Anekdot?

Ciri khusus dari Teks Anekdot yaitu didalamnya mengandung unsur humor dan lucu serta memiliki maksud untuk mengkritik seseorang melalui teks ini.

Tujuan dari Teks Anekdot adalah?

1. Menjadi media untuk menghibur para pembaca dan pendengar.
2. Sebagai sarana untuk mengkritik serta memotivasi seseorang.
3. Untuk menjelaskan karakter tokoh secara singkat.

Demikianlah informasi dari artikel pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Related posts: