Teknologi Informasi

Posted on

Teknologi Informasi – Teknologi merupakan sebuah pondasi atau kerangka yang menyokong, suatu sistem yang terdapat di dalam komputasi (komputer) serta infrastruktur. 

Teknologi Informasi

Teknologi informasi adalah salah satu cabang teknologi yang terdiri dari berbagai sumber daya fisik serta virtual yang berperan dalam mendukung arus penyimpanan, pengolahan dan juga analisis data.

Dalam infrastruktur, teknologi dapat dijadikan sebagai pusat data yang dikendalikan oleh lebih dari satu orang, misalnya seperti fasilitas kolokasi atau penyedia cloud.

Definisi Teknologi Informasi

Teknologi Informasi sering diartikan sebagai perancangan, pengembangan, implementasi, manajemen pada sebuah sistem informasi yang berbasis komputer, khususnya dalam perangkat keras (hardware) serta perangkat lunak (software).

Sederhananya, Information Technology merupakan beberapa macam fasilitas yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang secara cepat dan kualitatif untuk mendukung sekaligus meningkatkan kualitas informasi bagi masyarakat.

Teknologi informasi bukan hanya media komunikasi melalui perangkat elektronik saja, tetapi juga alat penting yang wajib dimiliki oleh suatu perusahaan untuk mengkoordinasikan serta mengarsipkan berbagai dokumen penting.

Definisi Information Technology Menurut Para Ahli

Di bawah ini terdapat beberapa definisi dari Information Technology menurut beberapa para ahli, yaitu diantaranya adalah :

1. Martin

Menurut Martin, Information Technology adalah teknologi yang tidak terbatas pada perangkat keras dan lunak yang memproses dan menyimpan informasi saja. Namun, juga mencakup teknologi komunikasi, yang tugasnya mengirim informasi.

2. Lucas

Menurut Lucas, Information Technology merupakan berbagai bentuk teknologi yang digunakan dalam memproses serta mengirimkan sebuah informasi ke dalam bentuk elektronis.

3.Sawyer dan Williams

Menurut Sawyer dan Williams, Teknologi Informasi merupakan sebuah teknologi yang mengkombinasikan antara Komputer dengan jalur komunikasi yang memiliki speed tinggi agar dapat mengirimkan data, suara, dan juga video.

Fungsi Dari Information Technology

Terdapat beberapa fungsi dari Teknologi Informasi secara umum yang perlu kalian ketahui, yaitu diantaranya adalah :

1. Capture (Menangkap)

Information Technology dapat digunakan untuk mengkompilasi catatan-catatan secara rinci dari berbagai aktivitas. Misalnya seperti menerima input yang berasal dari keyboard, scanner, mic, dan masih banyak lagi.

2. Generating (Menghasilkan)

Fungsi dari Information Technology yaitu menghasilkan atau mengorganisasikan suatu informasi ke bentuk yang lebih bermanfaat lagi. Misalnya seperti Laporan, Grafik, Tabel dan lain sebagainya.

3. Storage (Penyimpanan)

Fungsi dari Teknologi Informasi yang satu ini yaitu merekam informasi atau data dalam sebuah media yang selanjutnya dipakai untuk keperluan lain. Misalnya seperti data atau informasi yang disimpan ke dalam flashdisk, CD, ataupun hardisk.

4. Processing (Pengolahan)

Fungsi IT dalam hal ini yaitu untuk memproses atau mengolah input data yang diterima dan selanjutnya dijadikan sebagai informasi. Pemrosesan data bisa berupa sebuah perubahan ke bentuk lain (konversi), analisis kondisi, kalkulasi, penggabungan dan banyak lagi.

5. Retrieval (Pencarian Kembali)

Fungsi dari IT yang satu ini yaitu mampu untuk mencari serta menelusuri kembali data atau informasi yang pernah disimpan. Misalnya seperti mencari data dari client yang belum melunasi pembayaran.

6. Transmission (Transmisi)

Information Technology berfungsi untuk mengirimkan informasi serta data yang berasal dari satu lokasi ke lokasi lainnya melalui sebuah jaringan komputer. Misalnya seperti meneruskan data penjualan dari brainware C ke brainware lainnya.

Baca Juga :
Pengertian Teknologi
Topologi Jaringan
Kerjasama Internasional

Komponen – Komponen Information Technology

Teknologi Informasi

Di dalam kegiatan Teknologi Informasi tentunya terdapat beberapa komponen yang menyusunnya, mulai dari :

1. Hardware

Perangkat keras atau Hardware merupakan sebuah perangkat komputer yang dipakai oleh seorang brainware atau user dalam memasukkan data atau informasi ke dalam komputer. Hardware meliputi :

  1. Memory card
  2. Processor
  3. Kabel data
  4. Input dan juga output device

2. Software

Perangkat lunak adalah jembatan antara perangkat keras dengan brainware (pengguna). Perangkat lunak umumnya digunakan untuk mengoptimalkan fungsi dari perangkat keras dengan cara menerjemahkan berbagai instruksi dari operator.

3. Infoware

Merupakan salah satu komponen yang terdapat didalam Information Technology yang berupa sebuah dokumentasi yang berasal dari suatu informasi atau data.

4. Firmware

Firmware sering diartikan sebagai media yang berfungsi untuk tempat penyimpanan data atau informasi pada sebuah komputer secara permanen.

5. User (Pengguna)

Pengguna merupakan komponen yang berperan sangat penting di dalam kegiatan Information Technology. Sebab, jika Brainware atau user tidak ada maka komputer tidak dapat melaksanakan tugasnya.

Karena pada dasarnya, komputer merupakan sebuah alat yang berfungsi sebagai penunjang kebutuhan dari seorang brainware.

Tujuan Dari Teknologi Informasi

Pada dasarnya, terdapat beberapa tujuan dari dilakukannya kegiatan Information Technology ini, yaitu sebagai berikut :

  • Sebagai media yang digunakan untuk membantu user dalam menyelesaikan suatu masalah yang terjadi.
  • Menjadi penyokong sekaligus membuka kreativitas para pengguna.
  • Mengembangkan keefektifan serta efisiensi dalam melakukan suatu pekerjaan.

F.A.Q

Apa itu Teknologi Informasi?

Information Technology merupakan beberapa macam fasilitas yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang secara cepat dan kualitatif untuk mendukung sekaligus meningkatkan kualitas informasi bagi masyarakat.

Apa itu Software Sistem?

Software sistem disebut juga sebagai Operating System (OS) adalah salah satu komponen yang dapat membantu hardware untuk bisa menjalankan aplikasi perangkat lunak yang akan dipakai oleh operator.

Apa itu Software Aplikasi?

Software Aplikasi merupakan komponen IT yang terdiri dari beberapa aplikasi pendukung dalam OS dengan tujuan mengoptimalkan kinerja dari sebuah komputer.

Semoga ulasan singkat tentang Teknologi Informasi pada pembahasan kali ini dapat membantu kalian semua memahaminya.