Tafadhol Artinya

Posted on

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Pada kesempatan kali ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Alloh SWT, yang telah memberikan kesempatan sehingga, kami dapat membagikan ilmu yang sangat bermanfaat ini bagi kita semua yakni tafadhol artinya?

Adapun maksud dan tujuan kami di sini, kami akan membahas tentang arti tafadhol.

Tafadhol merupakan kata Populer dalam bahasa arab yang setiap hari sering diucapkan di Indonesia, tetapi tahukah kita Arti tafadhol, dan cara penggunaannya yang baik dan benar?

Ada beberapa kata yang akan kami jelaskan seperti kata “Tafadhol“, untuk lebih jelasnya langsung saja simak penjelasannya di bawah ini kedalam kehidupan kita sahari-hari :

Arti Kalimat Tafadhol

Tafadhol-Artinya

Tafadhol تفضل “dibaca Tafaddol” yang diartikan dengan kata, Silahkan. Atau kata untuk memerintah seseorang dengan bahasa yang lemah lembut.

Contohnya :

Tafaddhol ijlis yaa Ustadz تفضل اجْلِسْ يا استاذ yang diartikan silahkan duduk wahai guru.

Adapun contoh Kata diatas adalah berbentuk kata perintah, tetapi sangat lembut karena disertakan kata Tafadhol.

Jikalau kata tafadhol dihilangkan, menjadi Ijlis ya ustadz, maka kalimat tersebut kehilangan unsur kesopanan nya, dan seakan – akan menganggap lawan bicara lebih rendah statusnya dari kita.

Kata tafadhol juga bisa di kategorikan degan beberapa pembahasan yang artinya adalah silahkan (untuk umum).

Contohnya:

  • Apakah saya boleh masuk
  • Tafadhol

Mungkin kita sering sekali mendengar kan kata-kata tafadhol atau arti tafadhol bahkan kita juga sering mengucapkan kata tafadhol.

Namun jika kita pikirkan saat kita sudah terbiasa dengan mengucapkan kata-kata tafadhol tersebut, biasanya kita banyak yang belum tau “apa artinya…? apa maksudnya…? dan apa maknanya…?

Nah, jadi kita harus mengtahui terlebih dahulu bahasa arab dengan baik dan benar.

Kami disini ingin mengajak anda supaya bisa lebih paham tentang bahasa arab yang benar.

Di bawak ini ada beberapa contoh penggunaan kalimata Tafadhol yang benar :

Contoh Penggunaan Tafadhol di Indonesia

Tafadhol merupakan kata yang sangat populer sekali di Indonesia, jika seorang ustadz atau penceramah akan naik ke panggung, biasanya ada yang mengatakan tafaddhol ustadz, kata tersebut gunanya untuk menyeruh sang Ustadz agar segerah menempati Panggung atau mimbar yang sudah di persiapkan.

Contohnya :

Apabila di suatu tempat seperti Masjid, Musollah atau gedung – gedung sebaguna. Mengadakan kegiatan hal – hal yang berupa Acara Pengajian, Maulid Nabi, dan Lain sebagai nya.

Ketika diacara itu mengundang Para ustadz atau para Alim, kemudian para ketua panitia dan penyelenggara Menyuruh Ustadz atau Alim mengatakan Tafadhol sebagai syarat untuk memperbolehkan Mulainya acara yang telah di selenggarakan.

Biasanya juga kata “Tafadhol” bisa ditambahkan dengan kata “Masykuuro“.

Misalnya dibaca ‘Tafadhol masykuroتفضل مشكورا, yang diartikan dipersilah kan dengan segala hormat.

Mungkin hanya ini saja yang bisa kami jelaskan tentang arti dari Tafahdol, apabila ada salah kata dalam penulisan harap dimaklumi karena sedikit sekali ilmu pemahaman kami tentang Tafadhol ini,

Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan semoga Allah menjadikan ini sebagai salah satu amal jariah bagi kita semua. Amin

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Baca Juga :

Tafadhol Artinya Rating: 5 Diposkan Oleh: Pengunjung