Switch Adalah

Posted on

Switch Adalah – Setelah Rumus.co.id menjelaskan tentang pengertian dari HUB beserta dengan hal-hal yang ada di dalamnya. Nah, saat ini giliran Rumus.co.id menjelaskan sebuah perangkat alat yang mempunyai fungsi mirip dengan HUB, alat tersebut disebut sebagai Switch.

Switch Adalah

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwasannya HUB dan juga Switch mempunyai fungsi yang mirip sehingga, tidak sedikit orang yang keliru ketika diberi tantangan untuk membedakan antara HUB dengan Switch.

Nah, untuk mengetahuinya, mari kita simak penjabaran yang ada di bawah ini mengenai Switch beserta dengan hal-hal yang ada di dalamnya.

Switch Adalah?

Switch merupakan salah satu komponen dalam jaringan komputer yang terkoneksi dengan beberapa perangkat komputer yang memerlukan bandwidth yang lumayan besar.

Sehingga perangkat-perangkat tersebut bisa saling bertukar paket data mulai dari menerima, memproses, dan juga meneruskan data tersebut ke perangkat yang dituju.

Definisi lain dari Switch adalah sebuah perangkat atau alat yang berperan sebagai pengalih jaringan serta menjadi penghubung yang sifatnya tidak terlihat antara beberapa jaringan dengan melihat alamat MAC.

Switch juga sering dianggap sebagai sebuah jembatan yang memiliki banyak port yang memanfaatkan alamat dari hardware guna melakukan proses dan juga mengirimkan data pada layer kedua dalam model OSI.

Namun, terdapat beberapa jenis switch juga yang dapat memproses data dalam layer ketiga dengan cara menambahkan fungsi routing yang umumnya menggunakan alamat IP untuk mengirimkan data.

Fungsi Dari Switch Dalam Jaringan

Secara umum, fungsi utama dari switch yang terdapat dalam jaringan komputer yaitu sebagai concentrator yang berperan untuk menerima sekaligus membagikan data antara perangkat komputer.

Berikut ini beberapa fungsi lain dari switch yang perlu kalian ketahui, yaitu diantaranya adalah :

1. Address Learning

Artinya, Switch dapat merekam alamat MAC dari perangkat jaringan yang terhubung dengannya. Ketika switch menerima data, maka perangkat ini akan mencatat MAC address dari si pengirim serta akan mempelajari kemana data yang harus dikirim.

2. Meneruskan Data Frame

Artinya, Switch juga dapat memfilter paket data yang diterima dan meneruskannya ke alamat tujuan, misalnya seperti alamat MAC mana dan port mana. Dengan cara ini tidak ada tabrakan pada saat proses mengirimkan data.

3. Looping Avoidance

Artinya, Switch dapat mencegah terjadinya loop jika data yang diterima tidak diketahui tujuannya. Namun, data yang diterima dapat diteruskan ke alamat tujuan dengan cara memblokir salah satu port yang terhubung ke perangkat lain.

Jenis – Jenis Dari Switch

Secara umum, terdapat beberapa jenis dari Switch Jaringan yang perlu kalian ketahui beserta penjelasannya, yaitu sebagai berikut :

1. Asynchronous Transfer Mode (ATM)

ATM merupakan salah satu mode transmisi yang diatur ke dalam bentuk sel. Arti asinkron yaitu pengulangan sel yang berisikan mengenai informasi dari pengguna tidak perlu periodik.

2. Integrated Services Digital Network (ISDN)

Switch atau Frame relay switch over ISDN merupakan salah satu switch yang umumnya terdapat dalam Service Provider yang bekerja layaknya seperti switch. Namun, mempunyai perbedaan yaitu interface yang dipakai berupa ISDN router atau ISDN card. 

3. DSLAM Switch

Digital Subscriber Line Access Multiplexer adalah salah satu switch yang tugasnya adalah membuat saluran telepon untuk membuat koneksi cepat ke Internet. DSLAM adalah perangkat jaringan yang terletak di pertukaran telepon penyedia layanan.

4. Ethernet Switch

Switch Ethernet adalah perangkat koneksi LAN yang beroperasi pada lapisan data link (level dua) dari model referensi OSI. Switch pada dasarnya mirip dengan sebuah jembatan, namun mendukung lebih banyak segmen LAN yang terhubung serta memiliki banyak fungsi manajemen.

Baca Juga :
Pengertian Teknologi
Pengertian Komputer
Topologi Jaringan

Cara Kerja Dari Switch

Switch Adalah

Dasarnya cara kerja dari switch sangat mirip seperti HUB, yang menjadi pembeda dari keduanya yaitu switch memiliki kemampuan yang lebih baik serta efisien dalam proses pertukaran data, memproses, serta mengirimkan data.

Dalam praktiknya, switch akan menerima data yang berasal dari perangkat lain yang terhubung. Switch kemudian akan mengenali alamat MAC perangkat si target dan mencocokkannya dengan tabel data yang dimilikinya.

Setelah itu switch akan membuat koneksi logis ke port yang terhubung dengan perangkat target. Dengan cara ini, maka data yang akan dikirim hanya bisa diterima oleh port tujuan saja.

Sementara itu, port lain tidak dapat menerima data ini, sehingga dapat mengurangi risiko tabrakan data yang terjadi.

Kelebihan dan Kekurangan Switch

Setelah melihat beberapa penjabaran yang ada diatas, ada baiknya jika kalian mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Switch, yaitu sebagai berikut :

1. Kelebihan Dari Switch

  • Switch dapat memeriksa sekaligus menganalisis paket data yang sudah diterima sebelum meneruskannya kembali ke alamat tujuan.
  • Perangkat ini dapat menentukan alamat tujuan serta sumber paket data yang telah melewatinya.
  • Switch dapat meneruskan setiap paket data yang diterima dengan benar dan cepat.

2. Kekurangan Dari Switch

  • Memiliki harga yang lebih tinggi daripada HUB karena Switch adalah pengembangan lebih lanjut dari HUB.
  • Hanya ada satu collision control tabrakan untuk seluruh port, yang memungkinkan tabrakan data terjadi, karena transmisi data hanya dikendalikan oleh satu collision saja.
  • Hanya dapat memakai kabel lurus (Straight).
  • Membutuhkan waktu lama untuk memeriksa paket data yang diterima.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Switch?

Switch merupakan salah satu komponen dalam jaringan komputer yang terkoneksi dengan beberapa perangkat komputer yang memerlukan bandwidth yang lumayan besar.

Fungsi utama dari Switch adalah?

Secara umum, fungsi utama dari switch yang terdapat dalam jaringan komputer yaitu sebagai concentrator yang berperan untuk menerima sekaligus membagikan data antara perangkat komputer.

Bagaimana cara kerja dari Switch?

Dasarnya cara kerja dari switch sangat mirip seperti HUB, yang menjadi pembeda dari keduanya yaitu switch memiliki kemampuan yang lebih baik serta efisien dalam proses pertukaran data, memproses, serta mengirimkan data.

Nah, ini dia informasi dari pembahasan kali ini, yang bisa Rumus.co.id sampaikan, semoga membantu dan bermanfaat.