Surat Elektronik

Posted on

Surat Elektronik – Istilah ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga semua masyarakat di seluruh dunia. Sebab, Electronic Mail menjadi suatu hal yang sangat populer diberbagai kalangan.

Dahulu kala, media komunikasi yang ada masih sangatlah kuno dibandingkan dengan era modren seperti yang sekarang ini, dimana semua hal dapat dikerjakan dengan efisien serta efektif.

Surat Elektronik

Sebab, kita sudah tidak perlu lagi mengantarkan surat ke kantor pos agar pak pos mengirimkannya ke alamat yang di tuju. Kita hanya cukup menyiapkan kuota internet dan aplikasi yang akan digunakan untuk mengirimkan sebuah pesan dengan cepat.

Definisi Electronic Mail

Surat Elektronik (E-mail) merupakan sebuah media atau alat komunikasi yang dapat digunakan untuk mengirim atau menerima sebuah surat dengan format digital melalui internet atau jaringan komputer sebagai jalur lalu lintasnya.

Pesan tersebut dapat ditulis dan dikirim ke para pengguna email lainnya, dengan memakai laptop, komputer ataupun Smartphone yang kalian miliki.

Dahulu, jika ingin mengirimkan sebuah surat kepada seseorang membutuhkan waktu hingga berhari-hari lamanya, namun apabilan mengirimkan pesan dengan Email hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja.

Baca Juga : Contoh Surat Resmi

Sejarah Electronic Mail (Surat Elektronik)

Sekitar di akhir tahun 1971, untuk pertama kalinya Ray Tomlinson yang saat itu merupakan seorang computer engineer mulai memperkenalkan konsep email.

Saat itu, Ray sedang melakukan eksperimen terhadap suatu program yang ia sebut sebagai SNDMSG. Program tersebut dibuat dengan tujuan agar dapat meninggalkan sebuah pesan didalam komputer, shingga orang lain dapat membacanya.

Surat Elektronik

Beberapa bulan kemudian, Ray melanjutkan eksperimennya tersebut namun sekarang ia menambahkan file protokol yang disebut sebagai CYPNET.

Sehingga, SNDMSG inilah yang pertama kali bisa mengirimkan pesan kepada komputer lain namun yang masih ada di dalam satu jaringan ARPANET. Hal tersebutlah yang menjadi awal terciptanya sebuah e-mail.

Pesan yang pertama kali dikirimkan oleh Ray adalah “QWERTYUIOP“, seiring berjalannya waktu Ray kemudian memperkenalkan sebuah simbol “@” (at : pada) yang menjadi icon dari e-mail.

Tidak hanya itu saja, simbol @ juga digunakan sebagai pemisah dari user id dengan domain yang ada pada alamat surat elektronik.

Fungsi Dari Electronic Email

Fungsi daru surat elektronik (email) yang utama dan juga paling umum adalah untuk mengirim sekaligus menerma pesan dari orang lain kapanpun dan dimanapun mereka berada.

Namun, dibawah ini terdapat beberapa fungsi lainnya dari email yang perlu kalian ketahui, yaitu :

  1. Dijadikan sebagai identitas pribadi.
  2. Mengirimkan dan menerima pesan dalam berbagai bentuk format seperti file, dokumen, foto, video, bahkan audio.
  3. Sebagai media yang digunakan untuk mendaftar di berbagai situs web serta media sosial, seperti Facebook, Instagram dan lain sebagainya.
  4. Email juga dapat digunakan sebagai iklan multimedia.

Baca Juga : Pengertian Teknologi

Bentuk – Bentuk Surat Elektronik

Terdapat beberapa bentuk dari surat elektronik yang bisa kalian pahami, yaitu sebagai berikut :

Bentuk Email Berdasarkan Segi Mekanismenya

Jika dilihat dari segi mekanismenya, Email dapat dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut :

  • Webmail, merupakan salah satu jenis email yang berbasis website, atau dengan artian lain seseorang hanya dapat membuka email milikinya dengan cara masuk kedalam halaman website yang menyediakan email tersebut, seperti Yahoo, Gmail dan lainnya.
  • Forward Mail, merupakan salah satu jenis surat elektronik yang bekerja dengan cara meneruskan pesan yang diterima oleh seseorang ke alamat email yang lainnya. Umumnya email jenis ini hanya dapat digunakan dengan mereka yang sering bertukar pesan.
  • POP Mail, merupakan salah satu jenis email yang akan didapatkan oleh para pengguna atau langganan dari ISP (Internet Service Provider). Umumnya ini merupakan sebuah alamat email yang diberikan oleh suatu perusahaan kepada para karyawannya.

Bentuk Email Berdasarkan Segi Format

Jika dilihat dari segi format isinya, Email dapat dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut :

  1. HyperText Mark-up Language (HTML), merupakan sebuah bahasa pemrograman standard yang digunakan untuk menampilkan serta mengukur tampilan sebuah konten yang terdapat pada internet.
  2. Plaintext, merupakan sebuah media informasi yang dapat dikatakan sebagai masukan bagi suatu algoritma enksipsi.

Macam – Macam Electronic Mail

Selain beberapa jenis dari Electronic Mail yang dijelaskan diatas, terdapat beberapa macam Email yang umum digunakan, yaitu :

1. Ymail.com (Yahoo Email Service)

Ymail merupakan salah satu jenis layanan web email yang diberikan oleh parusahaan Yahoo.com secara gratis. Pada tanggal 8 oktober 1997 untuk pertama kalinya ymail dicetuskan.

2. Gmail

Gmail merupakan layanan web mail yang disediakan oleh google.com yang didalamnya menyediakan ruang penyimpanan yang tidak terbatas. Para pengguna dari Gmail dapat mengaksesnya kedalam bentuk web HTTPS, protokol POP3 dan juga IMAP4.

3. Windows Live Hotmail

Hotmail merupakan salah satu layanan e-mail yang berbasis web gratis dan dioperasikan oleh Microsoft sebagai bagian dari Windows Live Group. Layanan e-mail ini diciptakan oleh Sabeer Bhatia dan Jack Smith, dan untuk pertama kali dikeluarkan pada bulan Juli tahun 1996 dengan sebutan HoTMaiL

4. GMX Mail

GMX Mail atau Global Mail Exchange merupakan sebuah layanan email gratis yang termasuk kedalam salah satu sumber daya United Internet, GMX Mail didirikan pada tahun 1997 oleh sebuah perusahaan penyedia layanan Internet Jerman.

Baca Juga : Contoh Daftar Riwayat Hidup

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Surat Elektronik?

Surat Elektronik (E-mail) merupakan sebuah media atau alat komunikasi yang dapat digunakan untuk mengirim atau menerima sebuah surat dengan format digital melalui internet atau jaringan komputer sebagai jalur lalu lintasnya.

Siapa yang mendirikan Email?

Sekitar di akhir tahun 1971, untuk pertama kalinya Ray Tomlinson yang saat itu merupakan seorang computer engineer mulai memperkenalkan konsep email.

Bagaimana cara kerja Email?

Secara umum, cara kerja dari email ini sangat sederhana. Sebab, cara kerjanya sama seperti saat kita ingin menulis surat untuk orang lain. Perbedaannya hanya saja email dapat mengirimkan pesan lebih cepat serta kita juga dapat mengirim file tertentu yang ingin kita kirim.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga bemanfaat dan menambah wawasan baru untuk kita semua.