Sumber Hukum

Posted on

Sumber Hukum – Hukum adalah aturan yang mengatur norma dan juga perilaku manusia yang sifatnya wajib, dan hukuman akan dijatuhkan pada siapa pun yang melanggarnya, tergantung pada apa yang mereka lakukan.

Sumber Hukum

Tujuan hukum adalah untuk menjaga keadilan, menjaga ketertiban dan juga mencegah kekacauan di lingkungan masyarakat.

Tentu saja, pembuatan aturan atau hukum juga berasal dari beberapa sumber hukum. Misalnya, hukum yang berada di suatu negara yang berasal dari hukum dan juga ketentuan konstitusional lainnya.

Seperti di Indonesia, konstitusi 1945 adalah sumber hukum tertinggi di negara kita, yang juga diklarifikasi dalam undang-undang dan peraturan lainnya.

Berikut ini merupakan penjelasan dari Sumber Hukum beserta dengan Macam-Macam Sumber Hukumnya. Yuk kita simak penjabarannya dibawah ini.

Definisi Sumber Hukum

Secara umum, Sumber Hukum sering diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat menciptakan sebuah hukum atau peraturan. Sumber hukum ini dapat juga disebut sebagai asal muasal hukum. 

Source of Law ini juga dapat disebut sebagai asal muasal dari terciptanya sebuah peraturan. Segala sesuatu yang bisa dijadikan sebagai sumber hukum dapat berasal dari berbagai hal, baik itu dari perjanjian, kesepakatan, hingga teori-teori lainnya.

Keberadaan dari sumber hukum ini dapat menciptakan aturan hukum yang wajib untuk dipatuhi oleh seluruh kalangan masyarakat. Oleh karena itu, dapat diartikan bahwa sumber hukum adalah semua yang dapat atau bisa menghasilkan aturan yang bersifat wajib.

Jenis – Jenis Sumber Hukum

Secara umum, Source of Law dibedakan menjadi dua jenis. Berikut ini merupakan penjelasan dari kedua Source Of Law, yaitu diantaranya adalah :

1. Material Legal Resources

Sources Of Law Material merupakan segala hal yang berkaitan dengan norma, kaidah, ataupun aturan yang dijadikan sebagai pedoman manusia untuk melakukan sesuatu. Lebih jelasnya lagi, Material Legal Resources ditentukan sesuai dengan kepercayaan individu atau komunitas.

Material Law ini umumnya berasal dari pendapat masyarakat, berdasarkan dengan nilai dan juga norma yang diterapkan di lingkungan masyarakat. Karena itu hal ini mempengaruhi proses pembentukan hukum yang diterapkan di masyarakat.

Baca Juga :
Contoh Hukum Adat
Contoh Norma Hukum
4 Pilar Kebangsaan

2. Formal Legal Sources

Sumber hukum formal merupakan hasil dari penggunaan Material Legal Resources yang signifikan. Pengimplementasian Source of Law ini agar seluruh objek hukum dapat mematuhi dan hukum dapat bekerja dengan baik.

Formal Legal Sources ini umumnya dibagi hingga beberapa macam sumber hukum, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Undang-Undang

Statue atau UU merupakan Source of Law yang ditetapkan oleh semua peraturan yang memiliki nilai hukum yang bersifat mengikat dan juga dikelola oleh pemerintah di negara tempat undang-undang itu diberlakukan. Hukum harus ditaati oleh warga negara yang berkepentingan.

  • Kebiasaan

Custom atau kebiasaan merupakan Source of Law yang berasal dari kegiatan yang dilakukan secara terus menerus atau berkesinambungan sampai menjadi hal yang sangat umum dilakukan. Contoh dari Sources of Customary Law yaitu adat isti dan juga tradisi.

  • Keputusan Hakim

Yurisprudensi atau Putusan Hakim merupakan semacam Source of Law yang berasal dari keputusan hakim di masa lalu terhadap suatu kasus. Jadi keputusan tersebut dapat digunakan hari ini sebagai sumber bagi hakim untuk membuat keputusan.

  • Traktat

Traktat merupakan semacam Source of Law dalam bentuk perjanjian yang disimpulkan oleh dua atau lebih negara, yang mengikat negara-negara yang terkait dengan perjanjian tersebut.

Kontrak ini dibagi menjadi kontrak bilateral untuk perjanjian apabila hanya terdiri dari dua negara yang bersangkutan dan kontrak multilateral untuk perjanjian apabila lebih dari dua negara yang bersangkutan.

  • Doktrin

Pendapat sarjana hukum atau doktrin juga dapat dijadikan sebagai Source of Law. Source of Law yang satu ini berupa pendapat yang disampaikan oleh para ahli dan juga pakar, khususnya dalam bidang hukum, yang diterapkan sebagai pedoman terhadap prinsip-prinsip hukum penting dan penerapannya.

F.A.Q

Menurut Algra Source Of Law dibedakan menjadi dua jenis, yaitu?

1. Sources of material law, adalah Source of Law dari ruang lingkup materi yang digunakan sebagai hukum itu sendiri.
2. Formal legal sources, adalah Source of Law yang diperoleh dari kekuasaan peraturan yang diberlakukan.

Apa saja pembagian Hukum Traktat?

1. Kolektif merupakan suatu perjanjian yang terjadi antar 2 Negara atau lebih dan sifatnya terbuka bagi Negara-negara lainnya yang ingin mendaftarkan diri pada perjanjian tersebut.
2. Bilateral merupakan sebuah perjanjian dimana apabila hanya terdiri dari dua negara yang bersangkutan.
3. Multilateral merupakan sebuah perjanjian yang terdiri lebih dari 2 Negara yang bersangkutan.

Sumber Hukum menurut Achmad Ali yaitu?

Menurut Achmad Ali bahwa sumber hukum diartikan sebagai tempat dimana kita akan bisa menjumpai sebuah hukum.

Nah, itu dia referensi singkat yang bisa Rumus.co.id sampaikan untuk para pembaca setia web ini. Semoga membantu yaaa 🙂