Sumber Daya Manusia

Posted on

Dalam konsep perkembangan ekonomi, telah terdapat banyak istilah bagi manusia, dimana manusia yang ingin menjalankan suatu aktivitas membutuhkan manusia lain, disebut sebagai sumber daya manusia.

Nah dalam artikel kami kali ini kami akan membahas Apa sih sebenarnya sumber daya manusia itu?

Untuk melihat betapa pentingnya sumber daya manusia di kami akan menjabarkan pengertiannya secara menyeluruh berikut ini:

Pengertian Sumber Daya Manusia

Sumber-Daya-Manusia

Pengertian Sumber Daya Manusia merupakan sebuah individu produktif yang bekerja dan yang bergerak dalam suatu organisasi, karena dalam institusi maupun perusahaan telah memiliki fungsi sebagai aset sehingga dikembangkan ke dalam kemampuannya di sebut sebagai sumber daya manusia .

Faktor SDM ini amat lah penting dimiliki supaya mencapai yang dinamakan tujuan organisasi atau perusahaan, karena elemen utama organisasi dibandingkan dengan elemen sumber daya memiliki faktor yang lain seperti modal, teknologi, yang mengendalikan SDM.

Istilah secara umum SDM merupakan sebuah usaha makro yang jumlah penduduk dalam usia produktif, karena dalam sebuah wilayah terdapat institusi perusahaan individu yang bekerja pada sebuah perusahaan.

Pengertian SDM Menurut Para Ahli

Beberapa pendapat dari para ahli merumuskan bahwa sumber daya manusia adalah sebagai berikut :

  • Sonny Sumarsono

Merupakan salah satu bentuk usaha yang bermanfaat bagi keberhasilan produksi dalam sebuah kelompok manusia terdiri dari kemampuan guna memberikan jasa.

  • M.T.E Hariandja

Telah mengartikan bahwa faktor penting bagi sebuah kalangan perusahaan karena dianggap saling membutuhkan dalam pengelolaan peningkatan mutu organisasi maupun perusahaan.

  • Mathis dan Jackson

Mengartikan bahwa sebuah rancangan sebagai sistem formal perusahaan maupun organisasi, karena berfungsi dan menjaga supaya penggunaan mencapai tujuan organisasi atau pun sebuah perusahaan.

  • Hasibuan

Mengartikan bahwa SDM mempunyai kemampuan yang terpadu sehingga menghasilkan pola pikir dan daya fisik yang lebih baik. Karena dapat menghasilkan prestasi dan motivasi dirinya sendiri.

  • Ermaya

Merupakan sebuah faktor yang utama dan yang sangat penting dalam tiap proses pembangunan negara, karena dalam pembangunan ini memiliki pengaruh yang bermanfaat. Sehingga proses pembangunan dapat berjalan dengan apa yang di harapkan.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Dalam sebuah organisasi atau perusahaan memiliki beberapa referensi yang mengemukakan bahwa manajemen ini memiliki peran penting untuk SDM :

Manajemen

Manajemen merupakan salah satu aktivitas dalam perencanaan sebuah organisasi dan pengarahan yang lainnya. 

Manajemen sumber daya manusia

Manajemen SDM ini adalah sebuah potensi yang mempengaruhi manusia baik berupa akal atau pikiran dan keterampilan agar dapat di gunakan untuk dirinya sendiri maupun untuk organisasi.

Manajemen personalia

Manajemen personalia merupakan kegiatan dalam perencanaan dan pengembangan demi memelihara perkembangan sehingga tercapai tujuan sebuah organisasi.

Pengembangan Sumber Daya Manusia

Demi meningkatkan pengembangan ini memiliki skenario atau strategi bisnis Perusahaan, dapat melalui jumlah program pendidikan pelatihan, seperti :

  • Pengembangan dalam kepemimpinan
  • Skenario dan rencana kerja seluruh unit bisnis Perusahaan
  • Menutup kesenjangan dalam kompetensi antara karyawan.

Fungsi Sumber Daya Manusia

Beberapa  penjelasan di atas dengan maka terdapat beberapa fungsi yaitu sebagai berikut :

A. Tenaga kerja

Tenaga kerja atau “Man Power” yaitu penduduk yang mempunyai usia siap kerja (produktif). Karena mempunyai kemampuan dalam memberikan produk berupa barang maupun jasa yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain

 B. Sebagai Tenaga Ahlidapat

Sebagai Tenaga Ahli dapat merupakan fungsi dalam bidang kemampuan sebagai tenaga ahli bagi suatu perusahaan atau negara.

 C. Sebagai Pemimpin

Sebagai Pemimpin ialah harus mempunyai skill dan pengalaman yang mampu mengatasi beberapa perusahaan sebagai golongan maupun organisasi.

D. Berfungsi dalam Pengembangan IPTEK  

Pengembangan IPTEK memiliki fungsi yang utama dalam suatu pengembangan ilmu sehingga dapat digunakan demi kemajuan dirinya sendiri maupun lingkungan termasuk perusahaan atau pun organisasi.

Komponen Sumber Daya Manusia

  1. Pengusaha, adalah setiap orang harus memiliki modal untuk memperoleh pendapatan yang besar tergantung pada laba yang dicapai perusahaan tersebut.
  2. Karyawan, berguna dalam penjualan jasa (pikiran dan tenaganya) yang diberikan demi memperoleh kompensasi yang besar telah ditetapkan terlebih dahulu.
  3. Pemimpin, sebagai seseorang yang memiliki wewenang dalam kepemimpinan nya untuk mengarahkan karyawan dalam pekerjaan orang tersebut demi mencapai suatu tujuan.

Tujuan Sumber Daya Manusia

Ada lima tujuan dalam sebuah manajemen SDM yaitu:

1. Membuat Kebijakan dan Pertimbangan

Berguna untuk memotivasi para pekerja demi mengurus dan membantu membuat kebijakan untuk dalam sebuah perusahaan.

2. Membantu Perusahaan Mencapai Tujuan

Berguna sebagai melancarkan Divisi manusia supaya bertanggung jawab dalam penerapan dan kebijakan terhadap para pekerja.

3. Memberi Dukungan

Berguna terhadap perusahaan dengan begitu, bentuk dukungan tersebut demi memberikan kualitas dan menciptakan kondisi yang kondusif dalam perusahaan.

4. Menyelesaikan Masalah

Organisasi yang seperti ini pasti akan membawa dampak yang negatif pada perusahaan karena banyak pihak yang membuat masalah maka sangat penting dalam menyelesaikan masalah yang ada di perusahaan.

5. Media Komunikasi Terbaik

Seringkali karyawan menghindari dalam berkomunikasi dengan baik peran yang semacam ini sangat diperlukan untuk membantu komunikasi dalam pekerjaan atau perusahaan.

Kesimpulan

Dari beberapa pengertian di atas maka dapat di simpul kan bahwa pentingnya manajemen demi kesejahteraan perusahaan, sehingga terdapat sebuah departemen di perusahaan yang menjalankan fungsi manajemen ini.

Itulah ulasan tentang pengertian sumber daya manusia, Semoga dengan adanya artikel ini memberikan bermanfaat bagi kita semua.Terima Kasih

Artikel Lainnya :

Sumber Daya Manusia Rating: 5 Diposkan Oleh: Pengunjung