Sumber Daya Alam

Posted on

Sumber Daya Alam – SDA merupakan segala sesuatu yang berasal dari alam yang digunakan untuk memenuhi semua kebutuhan yang diperlukan oleh manusia.

Sumber Daya Alam adalah kekayaan yang ada di alam baik benda mati ataupun makhluk hidup yang bermanfaat bagi kita semua, dan yang termasuk kedalam kategori SDA adalah komponen biotik dan juga abiotik.

Komponen biotik terdiri dari hewan, tumbuhan, dan juga mikroorganisme. Namun, komponen abiotik terdiri dari gas alam, tanah, logam, air, dan juga minyak bumi.

Sumber Daya Alam

Macam – Macam Sumber Daya Alam

Sumber daya alam dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu SDA yang dapat diperbaharui dan juga yang tidak dapat diperbaharui. Berikut ini penjelasan mengenai kedua kelompok tersebut, diantaranya adalah :

1. SDA yang Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui merupakan sumber daya yang keberadaannya selalu tersedia atau dapat digantikan dengan alternatif lainnya yang memiliki fungsi atau kegunaan yang sama, misalnya seperti air, kayu dan lain sebagainya.

Hewan juga termasuk kedalam bagian dari sumber daya yang bisa diperbaharui, karena kemampuan mereka yang mereproduksi keturunan.

Meskipun dapat diganti atau dipulihkan, namun membutuh waktu yang cukup lama bahkan hingga bertahun-tahun dan tidak menjamin juga mereka dapat dengan mudah diperbaharui.

Dibawah ini terdapat beberapa contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui :

A. Air

Air termasuk kedalam salah satu sumber daya alam yang paling penting bagi kehidupan dari seluruh makhluk hidup yang ada didunia ini. Bahkan sebagian dari bumi yang kita tempati adalah air, dan hanya sekitar 2 hingga ½ persennya merupakan air tawar.

Sedangkan 2.5% nya lagi dianggap tidak layak untuk dikonsumsi oleh makhluk hidup yang ada di bumi. Sementara itu, banyak sekali negara-negara yang sibuk membangun instalasi pengolahan air.

Sebab, fakta sudah menyebutkan bahwa perubahan iklim lah yang menyebabkan intensnya curah hujan dan juga mencairnya es yang berpengaruh pada minimnya persediaan air tawar.

Sepanjang sejarah, bumi kita selalu mempunyai jumlah air yang sama. Hal tersebut dapat diartikan bahwa air yang mengalir dari keran rumah kita hari ini, bisa jadi adalah air yang pernah diminum oleh dinosaurus sekitar 200 juta tahun yang lalu.

Baca juga : Sumber Daya Manusia

B. Udara

Udara yang kita hirup hingga saat ini merupakan salah satu SDA yang bertugas sebagai pembawa senyawa penting untuk memetabolisme semua organisme hidup yang ada didunia ini.

Bahkan, proses industri pun bergantung pada akses oksigen yang berperan sebagai katalis bagi reaksi kimia. Tidak hanya itu saja, pembakaran bahan bakar fosil juga sangat membutuhkan oksigen.

Hal ini lah yang menjadikan udara sebagai salah satu sumber daya alam yang amat penting bagi kehidupan kita. Seiring berkembangnya zaman, sangat perlu bagi manusia untuk selalu menjaga kualitas udara agar tetap bersih.

Sebab, apabila udara sudah tercemar, bukan hanya lingkungan saja yang menjadi rusak, manusia juga dapat terkena dampak buruknya. Ada salah satu cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengurangi polusi udara yaitu dengan cara mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

C. Hewan

Sumber daya alam yang dapat diperbarui lainnya yaitu bisa juga berupa hewan ternak yang dipelihara untuk dimanfaatkan daging, susu, dan juga telurnya.

Tidak hanya itu saja, kita juga bisa menjaga populasi ikan dengan cara membudidayakannya, atau bisa juga berupa satwa liar yang populasinya dikendalikan oleh manusia.

D. Angin

Angin juga termasuk kedalam salah satu SDA yang dapat diperbaharui. Sebab, energi angin sering digunakan untuk membantu meningkatkan mata pencaharian manusia.

Misalnya seperti angin mampu mendorong perahu nelayan untuk berlayar, memompa air, bahkan menggiling biji-bijian. Pada dasarnya, angin hanyalah sebuah udara yang bergerak dari tekanan yang tinggi ke tempat bertekanan yang rendah.

Tekanan yang berbeda, diciptakan sebagai bentuk dari responnya terhadap perubahan suhu yang ada di permukaan bumi, yang umunya dipengaruhi oleh jumlah sinar matahari yang diterima oleh tempat tersebut.

Oleh sebab itu, manusia bisa dengan mudahnya memanfaatkan angin sebagai sumber energi selama matahari bersinar di bumi.

Baca juga : Tut Wuri Handayani

E. Tumbuhan

Pohon, buah-buahan hingga sayuran juga dapat dianggap sebagai sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Bahkan, semua tumbuhan yang manusia kembangkan yang berupa sebuah makanan atau pembangkit energi mewakili sumber daya terbarukan.

Contohnya pepohonan, pohon yang ada didunia ini mampu menyediakan satu bahan baku yang berharga yaitu berupa sebuah kayu. Bahkan, sekitar 40 % dari jumlah kayu yang ada di dunia ini dibutuhkan dalam proses produksi kertas.

Sisa yang 60 % nya lagi digunakan untuk keperluan lain seperti bangunan, furnitur atau benda sehari-hari lainnya mulai dari peralatan memasak hingga hiasan dinding.

2. SDA Yang Tidak Dapat Diperbaharui

SDA yang tidak dapat diperbaharui merupakan sebuah sumber daya yang tidak dapat dengan mudah untuk digantikan begitu saja ketika ia habis atau hancur, misalnya seperti bahan bakar fosil.

Tidak hanya itu saja, bahkan terdapat beberapa hewan yang juga dianggap tidak bisa diperbaharui ketika reproduksi mereka tidak diperhatikan dengan baik. Hal inilah yang menyebabkan mengapa manusia harus selalu menjaga sumber daya yang terancam punah.

Dibawah ini terdapat beberapa contoh sumber daya yang tidak dapat diperbarui, diantaranya adalah :

A. Batu Bara

Batu bara termasuk kedalam salah satu bahan bakar fosil yang sangat banyak digunakan sejak kurang lebih dari 300 juta tahun yang lalu, yang ditemukan di rawa-rawa yang di tutupi oleh air.

Batubara tidak bisa diperbarui bukan hanya proses pembuatannya yang membutuhkan waktu jutaan tahun, melainkan karena iklim yang ada di bumi selalu berbeda dari waktu ke waktu.

Untuk memperkirakan berapa banyak batu bara yang masih tersisa di dunia ini bukanlah hal yang mudah, sebab terdapat banyak faktor yang harus diperhitungkan terlebih dahulu.

B. Bahan bakar fosil/minyak

Salah satu sumber daya alam yang terkenal selain batubara adalah minyak bumi. Minyak adalah bahan bakar fosil cair yang berasal dari olahan fosil binatang yang berumur ribuan tahun lalu.

Pada saat mengekstraksi minyak dari tanah, minyak tersebut keluar masih dalam bentuk minyak mentah yang berwarna hitam. Minyak tersebut nantianya akan diolah untuk menjadi berbagai produk yang bisa digunakan setiap hari oleh manusia seperti bensin dan juga solar.

C. Mineral

Mineral juga termasuk kedalam salah satu SDA yang tidak dapat diperbaharui, karena meskipun mineral terbentuk atau ditemukan secara alami, namun dalam suatu proses yang disebut sebagai siklus batu, mineral ini bisa membutuhkan waktu hingga ribuan tahun.

D. Aluminium

Alumunium termasuk kedalam SDA utama yang digunakan untuk memenuhi semua kebutuhan masyarakat, misalnya seperti kemasan hingga ke pembuatan bagian-bagian mobil ataupun kereta api.

Meskipun aluminium merupakan sebuah logam yang melimpah di bumi dan termasuk kedalam salah satu unsur yang paling umum di alam semesta ini, aluminium juga masih dianggap sebagai sumber daya yang tidak bisa diperbaharui.

Baca juga : Peran Pelaku Ekonomi

Mengapa Sumber Daya Alam sangat penting bagi kehidupan?

Sebab, apabila sumber daya alam sudah tidak ada lagi maka makhluk hidup yang ada didunia ini tidak bisa bertahan hidup atau dengan kata lain akan mati.

Bagaimana cara melestarikan kembali SDA?

1. Melakukan penanaman kembali terhadap hutan-hutan yang gundul.
2. Selalu menjaga kebersihan lingkungan yang ada disekitar.
3. Membuat sebuah terasering pada pertanian yang ada di pegunungan.
4. Membatasi semua orang yang ingin mengambil sumber daya alam secara berlebihan.

Menurut UU No. 4 Tahun 1982 Pasal (5), Sumber Daya Alam adalah?

Sumber daya alam merupakan sebuah unsur lingkungan hidup yang terdiri dari berbagai sumber, misalnya SDM, SDH, SDNH dan juga SDB.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi pengetahuan baru untuk kita semua.