Suku yang Ada Di Indonesia

Posted on

Suku yang Ada Di Indonesia – Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan hasil sumber daya alamnya. Tetapi, tidak hanya hasil sumber daya alamnya saja, Indonesia juga kaya akan kebudayaan yang menjadi minat dari para turis untuk datang ke negara ini.

Suku yang Ada Di Indonesia

Indonesia sendiri terkenal dengan negara yang kaya akan Suku Bangsa. Meskipun begitu, tetapi Negara ini tetap bersatu, seperti yang terdapat di dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya Berbeda-beda Tapi Tetap Satu Jua.

Pada pembahasan kali, ini kita akan membahas mengenai Suku yang Ada Di Indonesia secara lengkap.

Suku Adalah?

Suku merupakan suatu kelompok sosial yang terdapat di kalangan masyarakat yang umumnya berfungsi untuk membedakan antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lainnya.

Secara umum, setiap suku mempunyai ciri khasnya masing-masing. Dengan kata lain, suku juga dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang masih terikat dengan kebudayaan yang berkembang didalam lingkungan masyarakat tersebut. 

Definisi Suku Menurut Para Ahli

Selian definisi dari Suku secara umum, dibawah ini terdapat beberapa definisi dari Suku yang diungkapkan oleh para ahli, diantaranya adalah :

1. Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat, Suku merupakan sekelompok manusia yang mempunyai kesatuan dalam budaya serta dihubungkan oleh adanya kesadaran akan identitas mereka. Umumnya, kesadaran serta identitas akan diperkuat oleh kesatuan bahasa.

2. Frederick Barth

Menurut Frederick Barth, Suku merupakan bentuk persatuan manusia karena adanya kesamaan antara ras, agama, asal kebangsaan serta kombinasi kategori yang berhubungan dengan sistem nilai budaya.

3. Hasan Shadily MA

Menurut Hasan Shadily MA, Suku diartikan sebagai sekelompok orang yang diyakini mempunyai hubungan secara biologis.

Baca Juga :
Pancasila Sebagai Dasar Negara
Isi Pancasila
Tut Wuri Handayani

Macam Suku yang Ada Di Indonesia

Suku yang Ada Di Indonesia

Setelah melihat beberapa penjelasan mengenai Suku yang ada di Indonesia, dibawah ini terdapat beberapa jenis suku yang ada di Indonesia, yaitu antara lain :

A. Proto Melayu (Sub Ras Melayu)

Suku Sub Melayu merupakan suku tertua yang ada di Indonesia. Suku-suku dari sub-ras Melayu ini sudah menguasai Indonesia sejak di zaman Kerajaan. Dibawah ini contoh dari Suku Sub Ras Melayu, yaitu :

1. Tapanuli Tribe

Suku Tapanuli merupakan suku yang hidup di dalam kolaborasi dengan suku Batak di daratan provinsi Sumatera Utara. Secara umum, terdapat banyak suku Batak di Kota Medan.

Ciri khas yang dapat membedakan suku Batak dengan suku yang lainnya adalah karena suku ini dikenal memiliki suaranya yang keras.

2. Riau Tribe

Suku Riau merupakan salah satu spesies suku yang ada di Indonesia dan hidup di wilayah Riau, khususnya terdapat di Kepulauan Riau. Riau tribe juga dapat digambarkan sebagai salah satu kelompok etnis terbesar di Indonesia.

Mengapa begitu? Karena mereka percaya bahwa kekayaan dari seorang pria berada di luar daerahnya. Hal ini berarti, bahwa pria yang berasal dari Riau akan bermigrasi apabila usianya sudah menginjak 18 tahun untuk mencari kebahagiaan di wilayah orang.

3. Kubu Lubu Tribe

Suku Kubu-Lubu merupakan suku asli yang berasal dari wilayah adat Jambi dan Sumatera Selatan. Suku Kubu-Lubu memiliki kebudayaan yang sama dengan Suku Riau, di mana laki-laki yang berusia 18 tahun harus bermigrasi.

Sama halnya seperti suku Riau, suku Kubu-Lubu juga tersebar sangat luas di luar wilayah Jambi dan juga Sumatera Selatan. Daerah yang menjadi favorit untuk merantau dari suku Kubu Lubu yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, dan juga Surabaya.

4. Dayak Tribe

Suku Dayak merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia dan suku asli dari pulau Kalimantan. Dayak adalah suku yang sangat terkenal dengan kegiatan mistis yang tinggi.

Hal tersebutlah yang membuat suku-suku di daerah lain negara Indonesia sangat menghargai orang-orang yang berasal dari suku asli Dayak.

5. Bugis Tribe

Suku Bugis merupakan salah satu suku yang tinggal di daerah Sulawesi Selatan, tepatnya di wilayah Makassar. Keunikan tersendiri dari suku Bugis ini yaitu adanya sistem moneter Panai di dalam pernikahan.

Uang Panai merupakan sebuah penghargaan yang digunakan untuk melamar seorang gadis dari suku Bugis, maksudnya adalah untuk mengganti biaya orang tua dari gadis itu sejak kecil hingga dewasa.

B. Deutero Melayu (Sub Ras Melayu Muda)

Sub Ras Melayu Muda atau yang lebih dikenal dengan sebutan Melayu Deutero, merupakan salah jenis suku yang menguasai Indonesia setelah adanya Proto Melayu.

Suku yang tergolong ke dalam Sub Ras Melayu Muda terdiri dari beberapa jenis. Berikut ini penjelasan dari suku-suku yang termasuk kedalam sub ras Melayu Deutero, yaitu :

1. Minang Tribe

Suku Minang merupakan suku asli Indonesia yang berasal dari wilayah Sumatera Barat. Minang adalah suku yang terkenal dengan rasa masakannya yang enak, yaitu masakan Padang. Suku Minang memiliki sistem matrilineal yang mewakili garis keturunan wanita.

2. Baduy Tribe

Suku Baduy merupakan salah satu suku asli Indonesia yang tinggal di provinsi Banten. Orang baduy sering dikenal dengan sebutan lokal urang kanekes. Baduy mempunyai hal yang dipantang dalam mandi, yang mana bahan kimia seperti sabun tak boleh digunakan.

3. Betawi Tribe

Suku Betawi merupakan suku asli Indonesia yang menempati Daerah khususnya di Ibukota Jakarta. Orang Betawi memiliki kebudayaan yang terkenal yaitu Ondel-Ondel atau sepasang boneka raksasa terbuat dari bambu.

Tidak hanya itu saja, orang Betawi juga memiliki keunikan pada saat melaksanakan acara lamaran, mereka akan mengadakan adu pantun antara perwakilan dari pengantin wanita dan perwakilan dari pengantin pria.

4. Sunda Tribe

Suku Sunda merupakan suku asli Indonesia yang tinggal di wilayah Jawa Barat. Zaman dahulu Sunda memiliki kerajaan besar, yaitu Kerajaan Pasundan. Masyarakat dari suku Sunda masih banyak yang mempercayai kepercayaan dari Sunda Wiwitan.

5. Jawa Tribe

Suku Jawa merupakan salah satu suku asli Indonesia yang tinggal di daerah asli provinsi Jawa Tengah dan juga Jawa Timur. Penyebaran dari suku Jawa ini disebabkan karena adanya kebijakan transmigrasi dari pemerintah karena adanya kepadatan penduduk di seluruh wilayah Indonesia.

Suku dari Orang Jawa dibagi menjadi tiga sub bagian yaitu Kejawen Jawa, Jawa Banyumasan dan juga Jawa Timuran.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Suku?

Suku merupakan suatu kelompok sosial yang terdapat di kalangan masyarakat yang umumnya berfungsi untuk membedakan antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lainnya.

Fungsi Suku didalam budaya adalah?

1. Sebagai daya tarik dari bangsa asing.
2. Mengembangkan kebudayaan nasional.

Ciri khas yang digunakan untuk mengenal suatu Suku Bangsa adalah?

Ciri-ciri yang dapat digunakan untuk mengenal suatu Suku Bangsa yaitu Ciri fisik, adat istiadat, bahasa, serta kesenian budaya yang sama.

Sekian pembahasan dari ulasan kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi wawasan baru untuk kita semua.