Struktur Teks Biografi

Posted on

Struktur Teks Biografi – Kisah hidup Tokoh-Tokoh terkenal yang berada di Dunia ini, sering sekali dituliskan kembali dalam bentuk Karya Tulis, seperti Buku, Novel, Majalah, Artikel, dan Lain-lainnya, yang meliputi dari segi Sifat, Sikap, Rupa, Aktivitas Sehari-hari, Prestasi-prestasi tertentu, dan masih banyak lagi.

Struktur Teks Biografi

Hal diatas itulah yang biasa disebut sebagai Biografi, apa yang dimaksud dengan Biografi? Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kita akan bersama-sama membahas tentang Biografi beserta dengan Struktur-struktur yang terkait dalam pembentukannya.

Pengertian

Secara Etimologis istilah Biografi berasal dari Bahasa Yunani, yaitu Bios yang artinya Kehidupan, sedangkan Graphien yang artinya Tulisan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, Biografi adalah Suatu tulisan yang membahas mengenai tentang Kehidupan Seseorang.

Secara sederhana Biografi adalah sebuah Karya Tulis yang menceritakan tentang kisah riwayat hidup Seseorang. Bentuk dari Karya Tulis ini dapat berupa beberapa baris kalimat saja dan dapat berupa sebuah Buku.

Ciri-Ciri

Dilihat dari segi pembentukannya Biografi terdapat beberapa ciri-ciri sebagai berikut :

  • Biografi memiliki Struktur Baku dalam pembentukannya, yang meliputi Orientasi, Reorientasi, dan Peristiwa.
  • Isi dari Biografi ditulis berdasarkan Fakta (Faktual), sesuai dengan Kisah Hidup Tokoh yang akan dibahas.
  • Gaya penulisan Biografi tertulis dalam bentuk Narasi, sehingga lebih menarik untuk dibaca.
  • Memiliki hal yang Menarik dan Menginspirasi dalam Kisah Kehidupan Tokoh, sehingga mampu mempengaruhi para pembacanya.
  • Mengandung hal yang dapat memotivasi Pembaca, sehingga dapat dijadikan contoh teladan yang baik.

Struktur Teks

Dalam pembentukan sebuah Biografi, terdiri dari 3 macam Struktur Teks, yaitu sebagai berikut :

1. Struktur Teks Orientasi

Bagian Awal penulisan Biografi yang berisikan tentang Pengenalan Tokoh atau Gambaran Awal yang mengenai Tokoh yang akan dijelaskan.

2. Struktur Teks Peristiwa dan Masalah

Bagian Isi penulisan Biografi yang berisikan mengenai tentang Peristiwa-peristiwa dan Masalah-masalah yang pernah dialami oleh Tokoh, untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

3. Struktur Teks Reorientasi

Bagian Akhir penulisan Biografi yang berisikan tentang Kesimpulan dan Pandangan dari kehidupan Tokoh didalamnya.

Jenis-Jenis

Biografi terbentuk menjadi beberapa jenis-jenis, yang akan diterangkan sebagai berikut ini :

1. Authorized Biography

Penulisan Biografi yang telah mendapatkan perizinan atau diketahui oleh Tokoh yang akan menjadi Objek Utama pada pembentukannya.

Contoh

2. Unauthorized Biography

Penulisan Biografi yang tidak memakai suatu perizinan atau tidak diketahui oleh Tokoh yang akan menjadi Objek Utama pada pembentukannya.

3. Biografi Perjalanan Hidup

Penulisan Biografi yang menceritakan tentang Perjalanan hidup seorang Tokoh secara lengkap, atau menceritakan beberapa bagian penting saja dari perjalanan hidup seorang Tokoh yang berkesan bagus dan baik.

4. Biografi Perjalanan Karir

Penulisan Biografi yang menceritakan tentang Perjalanan jenjang karir seorang Tokoh dalam mencapai kesuksesan dari awal hingga akhir, atau menceritakan tentang Perjalanan jenjang karir seorang Tokoh dalam mencapai kesuksesan tertentu saja.

5. Biografi Politik

Penulisan Biografi yang menceritakan seorang Tokoh dari sudut pandang Politik, walaupun harus menggunakan suatu Penelitian (Research), Biografi Politik mengandung syarat akan kepentingan dari seorang Penulis atau Tokoh yang akan dijelaskan.

6. Biografi Intelektual

Penulisan Biografi yang menceritakan seorang Tokoh Intelektual dari sudut pandang Ilmiah. Biografi Intelektual ini terbentuk dari berbagai Penelitian (Research) yang dilakukan, dan Penulisannya menggunakan Bahasa Ilmiah.

7. Biografi Jurnalistik

Penulisan Biografi yang menceritakan seorang Tokoh dari hasil melakukan wawancara secara langsung.

Contoh Penulisan

Setelah kita membahas tentang Struktur-struktur yang terkait dalam pembentukan Biografi, selanjutnya ada beberapa contoh-contoh penulisannya sebagai berikut :

1. Contoh Penulisan Biografi Tentang Diri Pribadi

Nama Saya adalah Elfina Dhea Ustmany, Saya seorang wanita, kelahiran kota Bandar Lampung, pada tanggal 21 September 1997. Ayah saya bernama Ustman Husein dan Ibu saya bernama Mardiah. Didalam keluarga, saya adalah anak kedua dari 7 bersaudara. Kakak saya bernama Vishal Aji Armansyah, Adik saya yang pertama dan kedua bernama Annisa Mia Ustmany dan Syifa El Ustmany, Adik saya yang ketiga dan keempat bernama Shofiyah Al Ustamny dan Muhammad Alfatih, sedangkan Adik saya yang terakhir bernama Faira Adiba.

Saya menempuh pendidikan di kota Bandar Lampung sejak dari SDN 1 Gunung Sulah tempat dimana saya menyelesaikan pendidikan dasar. Setelah lulus, saya melanjutkan ke jenjang Sekolah Menengah Pertama di SMPN 1 Bandar Lampung. Selepas SMP saya menempuh pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di SMKN 1 Bandar Lampung. Dan terakhir setelah lulus dari SMKN, saya meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sebagai Mahasiswa di Universitas Islam Raden Intan Bandar lampung.

Saya menempuh pendidikan dengan sangat baik, sehingga saya mampu mendapatkan Prestasi-prestasi ketika masa perkuliahan. Saya memiliki impian untuk bisa menjadi seorang Dosen di suatu Universitas Tertinggi di Indonesia. Karena itu bagi Saya pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi berlangsungnya kehidupan di masa yang akan datang nanti.

2. Contoh Biografi Tentang Pahlawan

Jenderal Soedirman

Jenderal Soedirman adalah Seorang pahlawan bermental kuat yang jasanya akan selalu dikenang oleh Bangsa Indonesia. Beliau lahir di Purbalingga, Jawa Tengah, pada tanggal 24 Januari 1916. Jenderal Soedirman mengikuti banyak sekali peperangan dalam melawan penjajah asing, yang dipimpin oleh Beliau, oleh karena itu untuk mengenang jasa-jasanya terhadap Negara Indonesia, nama Beliau sering sekali dipakai di jalan-jalan yang berada di Indonesia.

Jenderal Soedirman mengenyam pendidikan pada masa penjajahan yang dilakukan oleh Belanda, dari kecil Beliau sangat rajin beribadah, bahkan tidak pernah melalaikan Sholat, karena bagi Jenderal Soedirman beribadah kewajiban utama bagi seorang Muslimin. Beliau pada masanya merupakan Jenderal Besar pertama yang dimiliki oleh Negara Indonesia, keberanian serta kecerdasannya dalam mengatur Strategi Perang, membuat Jenderal Soedirman ditakuti oleh para Penjajah.

Strategi Perang Gerilya merupakan taktik utama yang dikembangkan oleh Jenderal Soedirman dalam membebaskan Kota Yogyakarta pada saat terjadi peristiwa Agresi Militer. Namun sayang, Beliau tidak bisa menikmati kemerdekaan Indonesia terlalu, setelah 1 bulan berlalu Penjajah Belanda mengakui Indonesia adalah Negara yang Merdeka.

Jendral Soedirman wafat pada usia yang masih muda, yaitu 34 tahun, tepatnya pada tanggal 29 Januari 1950. Strategi Gerilya yang menjadi taktik melawan para Penjajah, sekarang dijadikan sebagai pusat Pelatihan Militer di Indonesia, oleh karena itu setiap anggota baru Angkatan Akademi Militer Indonesia, harus wajib lulus dan melewati jalur Strategi Gerilya ini.

 

Demikianlah penjelasan mengenai tentang Struktur Teks Biografi beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur Teks, dan Contoh Tulisannya.

Semoga dapat bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berguna untuk kita semua.

Baca Juga Artikel Lainnya :

 

Struktur Teks Biografi Rating: 5 Diposkan Oleh: Pengunjung