Struktur Bumi

Posted on

Struktur Bumi – Kami dari rumus.co.id Kali ini penulis akan membahas ilmu biologi di mana yang akan kami bahas adalah tentang Strutur bumi, kenapa materi ini yang akan kami bahar karena kurang nya ilmu pengetahuan kita tentang bumi yang kita injak ini.

Bumi terdapat beberapa lapisan setidaknya empat lapisan yang terdapat pada bumi seperti, kerak bumi, selimut bumi, inti luar dan inti dalam bumi meliputi penjelasannya yang akan kami bahas dalam artikel kali ini

Supaya dengan mudah kita memahammi nya lansung saja simak penjelasan di bawah ini :

Pengertian Struktur Lapisan Bumi

Struktur-Bumi

Bumi merupakan salah satu jarak antara planet yang terdapat pada satuan tata surya yang terus berevolusi mengelilingi matahari Sehingga membentuk suatu pola layaknya seperti bola. Yang terletak pada bagian bawah kutub dan membentuk garis khatulistiwa.

Selain itu struktur ini memiliki yang di sebut dengan lapisan bumi yang terdiri atas sekumpulan lapisan gas karena sampai saat ini lapisan tersebut berguna sebagai tempat manusia berpijak pada bumi.

Disamping itu juga bumi salah satu jajaran dalam palet atau yang biasa di kenal adalah dengan sebutan planet yang terestial,dengan demikian sangat banyak sekali manfaat bagi kehidupan kita sebagai manusia.

Baca Juga : Simbiosis Parasitisme

Struktur Lapisan Bumi

Dari penjelasan di atas Secara umum memiliki karakteristik dan struktur yang berlapis terdiri di antaranya adalah, kerak bumi atau mantel bumi dan bagian lainnya adalah inti bumi dalam struktur tersebut akan kami jelaskan masing-masing penjelasannya adalah sebagai berikut :

A. Kerak Bumi (Crust)

Kerak bumi merupakan salah satubentuk lapisan yang terdapat dalam sturktur bersama dengan mantel bumi sehingga hal ini membentuk litosfer yang memiliki ketebalan sekitar 90 kilometer.

Lapisan yang terdapat pada kerak bumi ini bisa menjadi tempat tinggal bagi semua makhluk yang hidup di bumi. Kerak bumi dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu :

  • Kerak yang terdapat pada samudra, yaitu lapisan pada luar bumi yang permukaan nya merupakan pada wilayah yang perairan yang ketebalannya mencapai 5 sampai 10 km
  • Kerak yang terdapat pada benua, yaitu lapisan pada luar bumi yang permukan nya sehingga hal ini terdapat merupakan pada wilayah daratan yang ketebalannya mencapai 40 sampai 80 km.

B. Selimut bumi Mental (mantle)

Selimut atau selubung merupakan salah satu bentuk lapisan yang terletak pada bawah lapisan kerak bumi sehingga hal ini memiliki tebal selimut bumi mencapai 4.700 km dari lapisan batuan padat.

Selimut bumi memiliki banyak bahan dalam bentuk cair,padat dan gas dengan suhu yang sangat tinggi. Dengan demikian suhu tersebut terdapat di bagian bawah pada selimut bumi mencapai 4.000 derajat celcius.

C. Inti Bumi (Barisfer).

Inti Bumi merupakan lapisan yang terdapt pada bumi hal ini disebabkan suhu yang sangat tinggi dan memiliki suhu tekanan yang sangat besar, sehingga dalam lapisan inti ini memiliki bentuk dan keadaan yang sangat padat sekitar 31,5% terhadap massa bumi. dengan demikian dapat di simpulkan menjadi dua bagian adalah sebagai berikut :

  • Inti Luar

Inti luar memiliki lapisan cair halini merupakan inti dari bumi yang ada di bagian luar dan membentuk wujud adalah cair dan membentuk gelombang sekunder sekitar 2.160 km.

  • Inti Dalam

Inti dalam memiliki lapisan dan tersusun dengan rapi hal ini merupakan bagian dalam materi berupa besi atau besi dan nikel sehingga membentuk kedalaman sekitar 6.145 km dan Tebalnya sekitar 1.320 km.

Semua selimut ini tersusun berdasarkan unsurnya terdiri antara nikel (Ni) serta ferum (Fe). Dengan begitu inti bumi termasuk sumber yang dapat menarik bumi sampai atmosfernya.

Baca Juga : Pengertian Atom

Lapisan – Lapisan Pada Bumi

Bumi yang diselimuti oleh lapisan-lapisan gas yang dinamakan dengan atmosfer yang memiliki ketinggiansekitar 800 km antara permukaan bumi. dengan demikian akan membentuk atmosfer yang disebut dengan lapisan luar angkasa.

permukaan yang terdapat pada bumi memiliki batu yang tertutupi oleh air dan memiliki lapisan-lapisan bumi adalah sebagai berikut :

  • Lapisan Atmosfer
Gambar  Atmosfer
Gambar Atmosfer

Atmosfer adalah salah satu lapisan yang membentuk lapisan pada udara yang mengelilingi bumi dan memiliki ketebalan sekitar ± 2.000 km serta mengandung nitrogen atau oksigen, dan gas.

Lapisan ini juga dapat melindungi bumi terhadap sinar ultra dari pancaran sinar matahari yang berbahaya bagi kehidupan.

  • Lapisan Hidrosfer Lautan Perairan
Gambar Hidrosfer lautan perairan
Gambar Hidrosfer Lautan Perairan

Hidrosfer merupakan bentik lapisan yang terdapat di lautan perairan dan membentuk cekungan besar yang berisi air kedalaman nya mencapai rata-rata 3.500 m sehingga mencapai dua per tiga dari permukaan bumi.

  • Lapisan Litosfer
Gambar Litosfer
Gambar Litosfer

Litosfer merupakan unsur atau bentuk lapisan yang terletak di atas lapisan permukaan bumi dan memiliki ketebalan mencapai ketebalan nya 1400 km, dan memiliki suhu mencapai sekitar 1.050º C.

Unsur Struktur Bumi

Sekumpulan planet bumi yang tersusun atas materi-materi dengan struktur dan dapat didefinisikan dari beberpa struktur di antaranya adalah sebagai berikut :

Batuan

Bumi tersusun atas berbagai macam batuan sehingga batuan itu biasanya membentuk berbagai mineral yang bergabung secara vulkanik. hal ini disebabkan antara satu dengan yang lain tidakberhubungan dan tidak tersusun atas satu jenis mineral karena adanya gabungan mineral-mineral bahan organik.

Batuan Beku

Batuan beku memiliki struktur kristalin dengan tekstur yang bervariasi. Batuan beku merupakan batuan yang terjadi dari pembekuan materi yang berasal dari dalam bumi (magma).

Batuan Beku Dalam

Batuan dalam merupakan salah satu benruk batuan plutonis atau batuan intrusi sehingga batuan ini terbentuk dari magma yang panas dan membeku saat bergerak ke atas permukaan bumi sehingga terbentuk di atenosfer dan pendinginannya sangat lambat.

Nah itulah sobat yang dapat kami sampaikan dalamartikel kami ini mengenai referensi Struktur Bumi beserta struktur, komponen penyusun dan penjelasannya.

Semoga adanya artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang ilmu biologi dan memberikan manfaat untuk kita semua. Terima Kasih

Baca Juga : Sistem Tata Surya