Strategi Nasional

Posted on

Hallo sobat Rumus.co.id kali ini akan menyampaikan pembahasan artikel makalah Strategi Nasional dalam bidang politik – lengkap dengan pengertian, fungsi, penyusunan, jenis dan tujuannya, supaya mudah dipahami.

Strategi Nasional – Merupakan sebuah kebijakan nasional dalam hal pedoman dengan pengembangan kekuatan untuk mencapai tujuan nasional, sehingga dapat menerapkan sebagai strategi jangka pendek untuk mencapai tujuan yang akan ditetapkan oleh kebijakan nasional.

Langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Daftar Isi :

Apa Itu Strategi Nasional

Strategi-NasionalStrategi-Nasional

Strategi Nasional adalah salah satu kebijakan yang dengan persatuan pada masyarakat yang berdiri sendiri dengan seperangkat prinsip yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu demi kepentingan semua warga negara.

Strategi ini juga digambarkan sebagai proses membangun dan mendistribusikan dalam kekuasaan di masyarakat dengan membentuk proses pengambilan keputusan di negara. Baca Juga:Komponen Pendapatan Nasional

Kata strategi berasal dari baghasa Yunani dan dapat diterjemahkan sebagai komandan militer, dalam bahasa Indonesia strategi dapat didefinisikan sebagai rencana jangka panjang, untuk mencapai sesuatu yang telah direncanakan sebelumnya.

Strategi nasional juga sebuah kebijakan yang umum dan pembuatan kebijakan dalam mencapai cita-cita dan tujuan nasional dengan mengimplementasikan politik nasional dalam rangka mencapai tujuan yang ditetapkan oleh politik nasional.

Strategi nasional disiapkan demi mendukung implementasi pada kebijakan yang ditunjuk oleh MPR dan GBHN sebagai referensi untuk politik dan strategi nasional. Baca Juga: Faktor Penghambat Perdagangan Internasional

Kebijakan ini langsung ditetapkan oleh Presiden dan Wakil Presiden pada tahun 2004, dan dapat digunakan sebagai referensi untuk persiapan Kepolisian Nasional.

Presiden terpilih dan wakil presiden akan bertanggung jawab secara moral atas apa yang telah dijanjikan kepada masyarakat yang terkait upaya mendapatkan simpati melalui kampanye.

Hal ini juga merupakan kewajiban yang mutlak bagi Presiden dan Wakil Presiden untuk memenuhi janji-janji yang telah ditetapkan dan akan digunakan sebagai dasar untuk menyatukan visi dan misi dalam bidang politik. Baca Juga: Perusahaan Multinasional Di Indonesia

Dengan memahami ide-ide pada sistem manajemen nasional yang berdasarkan ideologi Pancasila dan UUD 1945 terhadap Ketahanan Nasional.

Dapat dilakukan oleh para menteri dan kepala lembaga negara, dengan membimbingan langsung Presiden yang dihasilkan dari persiapan yang mencakup tujuan negara.

Pada masa Republik Indonesia tahun 1945-1965 sebagai masa kepemimpinan Soekarno dengan demokrasi, bawah UUD 1945 sebagai Revolusi Kemerdekaan.

Baca Juga: Kerjasama Internasional

Fungsi dan Tujuan Strategi Nasional

Kebijakan strategi nasional juga dapat memberikan dampak dalam kehidupan bernegara dan memiliki beberapa tujuan diantaraya adalah sebgai berikut.

  • Mencapai kesejahteraan dalam kehidupan seluruh bangsa Indonesia, dan dapat membuat kebijakan strategi yang mampu menyampaikan rasa keadilan dan dapat berkembang dan memajukan negara.
  • Dapat mengoperasikan pendidikan yang memiliki dampak dalam kehidupan bangsa untuk memperkuat peran dalam pembangunan.
  • Dapat melindungi hak semua warga Indonesia dengan mempertahankan kepemimpinan dalam implementasi kasus geostrategis.
  • Dapat menjaga keamanan demi menciptakan perdamaian dalam kehidupan sosial yang berada di dalam dan luar negeri.
  • Dapat mengembangkan sistem ekonomi yang berdasarkan mekanisme dan dapat menciptakan keadilan.

Hal ini juga dapat didasarkan pada prinsip dalam persaingan yang sehat dengan nilai-nilai keadilan dengan mengembangan lingkungan dan dapat menjalankan hak-hak konsumen dalam bidang nasional.

Baca Juga: Identitas Nasional

Penyusunan Strategi Nasional

Dari apa yang sudah kami sampaikan di atas maka kamijuga akan memberikan beberapa penyusuan MPR dalam kekuatan pada UUD 1945 dengan rancangan kebijakan negara.

Berikut Beberapa penyusunan adalah sebgai berikut:

  • Penyusunan kebijakan yang dilakukan oleh Presiden dan beberapa dewan atau staf dan jajarannya bentuk undang-undang.
  • Penyusunan pedoman khusus yang akan diterapkan oleh menteri untuk merumuskan strategi yang sesuai dengan tanggungnya .
  • Penyusunan pedoman teknis pada departemen dengan kebijakandan keputusan dari kepala departemen.

Nah demikianlah soba pembahasan dari kami meteri tantang, Strategi Nasional lengkap dengan perinsipnya, semoga apa yang sudah kami sampaikan ini dapat di pahami, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Nilai Pendidikan Karakter