Statistik Deskriptif – Pengertian, Materi, Jenis – Jenis, Contoh Soal

Posted on

Rumus.co.id – Setelah sebelumnya kita membahas tentang distribusi frekuensi kali ini kita akan membahas materi tentang statistik deskriptif lengkap, kita akan jabarkan secara detail dan lengkap mulai dari pengertian, jenis – jenis, dan contoh soal statistik dekriptif beserta pembahasannya.

Pengertian Statistik

Statistika/Statistik yaitu merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang cara – cara pengumpulan data, penyajian data, dan juga analisis dan interpretasi tentang data tersebut.

Seorang yang belajar statistika biasanya bekerja dengan data numerik yang berupa hasil cacahan ataupun hasil pengukuran, atau bahkan  mungkin dengan data kategorik yang diklasifikasikan menurut kriteria tertentu. Setiap informasi yang tercatat dan terkumpul, baik numerik dan kategorik disebut juga dengan pengamatan.

Metode statistika yaitu prosedur – prosedur yang digunakan dalam pegumpulan, penyajian, analisis, dan penafsiran data.

Pengertian Statistik Deskriptif

Statistik deskriptif yaitu merupakan metode – metode yang juga berkaitan dengan pengumpulan dan Penyajian suatu gugus data sehingga dapat memberikan informasi yang berguna.

Statistik Deskriptif juga merupakan metode yang sangat sederhana. Metode ini hanya mendeskripsikan kondisi dari data yang sudah anda miliki Dan menyajikannya dalam bentuk tabel diagram grafik dan bentuk lainnya yang disajikan dalam uraian – uraian singkat dan juga terbatas.

Materi Statistik Deskriptif

Statistik Deskriptif
Statistik Deskriptif

Statistika deskriptif memberikan informasi hanya mengenai data yang dipunyai dan tidak sama sekali untuk menarik iferensia atau kesimpulan apapun tentang data – data tersebut.

Penyajian data kategori deskriptif dapat berbentuk grafis dan numerik, yaitu antara lain :

1. Penyajian Data Dalam Bentuk Grafis

Penyajian data dalam bentuk grafis terdiri dari beberapa macam – macam, yaitu antara lain :

  • Pertama, Histogram :

Histogram yaitu merupakan grafik dari distribusi frekuensi suatu variabel. Tampilan histogram berupa balok. Penyajian data ini terdiri dari dua sumbu utama dengan sudut 900 dimana sebagai absis sumbu X dan sebagai ordinat Y. Lebar balok yaitu merupakan jarak dari batas kelas interval, sedangkan tinggi balok menunjukkan besarnya frekuensi.

Histogram
Histogram
  • Kedua, Pie Chart :

Pie Chart / Diagram kue adalah sebuah lingkaran yang dibagi menjadi beberapa sektor. Tiap sektor dapat menyatakan besarnya presentase atau bagian untuk masing-masing kelompok.

Pie Chart
Pie Chart
  • Ketiga, Poligon :

Poligon yaitu merupakan grafik dari distribusi frekuensi tergolong suatu variabel. Tampilan poligon juga berupa garis – garis patah yang diperoleh dengan cara menghubungkan puncak masing – masing nilai tengah kelas. Poligon sangat baik digunakan untuk membandingkan bentuk dari dua distribusi.

Poligon
Poligon
  • Keempat, Ogive :

Ogive yaitu merupakan bentuk gambar dari distribusi frekuensi kumulatif suatu variabel. Untuk suatu tabel distribusi frekuensi, dapat juga dibuat ogive positif dan ogive negatifnya.

Ogive
Ogive
  • Kelima, Diagram Batang Daun (Stem and Leaf) :

Diagram Batang Daun (Stem and Leaf) juga sama dengan histogram, hanya saja informasi yang diperoleh lebih baik karena diagram batang daun memperlihatkan nilai – nilai hasil pengamatan asli. Dalam diagram ini ditampilkan bilangan – bilangan yang juga sebagai batang dan disebelah kananya ditulis bilangan sisanya.

Diagram Batang Daun
Diagram Batang Daun

2. Penyajian Data Numerik

Penyajian data secara numerik terdiri dari beberapa macam – macam, yaitu antara lain :

  • Pertama, Central Tredency.
  • Kedua, Dispersion / pencaran.
  • Ketiga, Fractile.
  • Keempat, Skewness.
  • Kelima, Pengukuran Keruncingan.

Contoh Soal Statistik Deskriptif

Contoh Soal 1

Tiga buah data memiliki rata – rata 10, statistik maksimumnya adalah 13, jangkauannya 6. Berapakah median dari data tersebut ?

Penyelesaian :

Selanjtnya, karena banyak data hanya 3, maka median data tersebut adalah = x2 , dengan menggunakann rumus rata – rata :

Jadi, median dari data tersebut adalah = 10

Inilah pembahasan tentang Statistik Deskriptif mulai dari pengertian, materi, contoh soal dan pembahasannya, semoga bermanfaat…

Baca Juga :

Materi Terkait: