Soal Olimpiade Ipa SMA

Posted on

Hallo sobat rumus.co.id kali ini akan membahas Artikel materi Soal Olimpiade Ipa SMA tingkat nasional – lengkap dengan pembahasannya, kurikulum tahun ajaran 2020-2021, untuk tingkat sekolah menengah atas.

Soal Olimpiade Ipa SMA – adalah sarana dasar untuk menjalankan ujian nasional provinsi (OSN) dan salah satu kompetisi sains nasional yang dapat membuat siswa memanfaatkan sebagai menjadi duta besar untuk kompetisi internasional.

Ketika menjalankan Kompetisi Sains Nasional (KSN), maka siswa diharapkan untuk mudah menguasai sains dengan teknologi di bidang-bidang yang utama dan akan distribusikan untuk memaksimalkan potensi siswa yang berbakat sebagai pencipta di Republik Indonesia.

Kompetisi Olimpiade juga merupakan strategi untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga dapat memegang posisi yang khusus di berbagai acara kelas dunia yang bergengsi sebagai kualitas internasional dengan penguasaan sains siswa.

Baca Juga: Soal Olimpiade Matematika SMA

Langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Latihan Soal Olimpiade Ipa SMA

Soal-Olimpiade-Ipa-SMA
rumus-soal

Baca Juga: Soal Olimpiade Matematika SD

Contoh soal Olimpiade SMA

1. Seorang siswa dapat menggunakan pekerjaan dalam sebuah metode ilmiah, dengan mengumpulkan data, maka siswa akan segera.

a. Lakukan pengamatan
b. Atur hipotesis
c. Melakukan percobaan
d. Uji hipotesis
e. Gambar kesimpulan

2. Penelitian yang memiliki judul “Pengaruh pupuk urea terhadap pertumbuhan “, Yang merupakan variabel sebagai independen disebut.

a. Lama menanam jagung
b. Pertumbuhan Tanaman Jagung
c. Jumlah jagung yang diproduksi
d. Jumlah tanaman yang tumbuh
e. Konten pupuk

3. Pelepasan yang menghasilkan dari proses produksi industri dan domestik, dengan keberadaannya sebagai titik yang tertentu dan di tempat yang tidak memiliki nilai ekonomi, hal ini dianggap.

a. Daur Ulang
b. Polusi
c. Polusi
d. zat
e. Limbah

4. Perhatikan data berikut.
(1) Limbah pertanian
(2) Limbah padat
(3) gas buang
(4) limbah rumah tangga

Jenis sampah diatas berdasarkan sumbernya adalah.

a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (1) dan (4)
d. (2) dan (3)
e. (2) dan (4)

Baca Juga:  Soal Olimpiade Matematika SMP

5. Limbah yang terbuat dari pertumbuahan makhluk hidup yang sesuai dengan habitatnya adalah.

a. Limbah organik
b. Limbah anorganik
c. Limbah cair
d. Knalpot
e. Limbah padat

6. Di bawah ini adalah plastik daur ulang.

a. Botol plastik- ember plastik- kursi plastik
b. botol plastik – ember makanan styrofoam – ember
c. Ember – kipas angin – botol kaca
d. Kursi plastik – wadah minum plastik – pecahan kaca
e. Residu aluminium – botol air – wadah makanan

7. Jalan yang disebut data kuantitatif mengarah pada.

a. Mengukur dan mencium
b. Cicipi dan dengar
c. Timbang dan ukur
d. Sentuh dan hitung
e. Timbang dan cicipi

8. Cabang biologi yang berkaitan pada penyebab demam berdarah disebut.

a. Bakteriologi
b. Virologi
c. Mikologi
d. Sitologi
e. Morfologi

9. Seorang siswa akan mencari informasi tentang penyebab TB, sebagai ilmu yang mempelajari biologi disebut.

a. Bakteriologi
b. Virologi
c. Mikologi
d. Sitologi
e. Morfologi

10. Kepadatan populasi dengan pulau-pulau di Indonesia yang tidak seimbang adalah .

a. Molekul
b. Sel
c. Jaringan
d. populasi
e. Komunitas

11. Bahan yang mengandung komponen biotik ekosistem padi adalah.

a. Nasi, ular dan tikus
b. Tanah, air, dan sinar matahari
c. Kerbau, ular, dan cahaya
d. Temperatur, air dan tanah
e. Beras, tikus, tanah dan air

Baca Juga: Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Semester 1

12. Menurut bidang biologi medis, kecuali.

a. Program IVF
b. Metode keluarga berencana
c. Transplantasi Organ
d. Produksi vaksin
e. Operasi plastik

13. Menulis nama dengan spesies yang benar adalah.

a. MIMOSA PUDICA
b. Mimosa pudica
c. Mimosa pudica
d. Mimosa pudica
e. Mimosa pudica

14. Virus pada organisasi tingkat kehidupan adalah.

a. Molekul
b. Sel
c. Jaringan
d. Organ
e. Organisme

15. Virus yang dapat dianggap sebagai benda mati adalah.

a. Dapat dikristalisasi
b. Terdiri dari protein
c. Dapat membelah
d. Hanya memiliki DNA
e. Mereproduksi dirinya dalam makhluk hidup

16. Amplop virus terdiri atas.

a. Protein
b. gemuk
c. Karbohidrat
d. Vitamin
e. Mineral

17. Yang bukan merupakan bentuk dari virus adalah.

a. trunk
b. Putaran
c. multivalen
d. Suka huruf T.
e. spiral

18. Bakteriage disebut sebagai .

a. Bakteri yang menyerang virus
b. Virus yang menyerang bakteri
c. Bakteri patogen
d. Virus patogen
e. DNA virus

19. Memasang serat ekor pada virus ke dinding sel termasuk tahap.

a. Adsorpsi
b. penetrasi
c. Eclifase
d. pematangan
e. Lyse

Baca Juga: Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Semester 2

20. Dalam siklus dari virus yang mengendalikan DNA bakteri disebut sebagai .

a. Capsid
b. DNA
c. Pelat dasar
d. serat ekor
e. bos

21. Penyakit yang berhubungan pada virus termasuk.

a. Campak, sifilis
b. TB, cacar
c. typhus, influenza
d. Malaria, DBD
e. Chikungunya, poliomielitis

22. TMV adalah virus yang memiliki.

a. Kekebalan manusia
b. daun tembakau
c. Bakteri
d. Beras
e. Kucing

23. F-16 sebagai kecepatan 2.520 km / jam, sesuai dengan.

a. 2,52 m / s
b. 700 m / s
c. 420 m / s
d. 1400 m / s
e. 840 m / s

24. Instrumen dalam mengukur massa elektron adalah.

a. mikrometer elektronik
b. mikroskop elektron
c. neraca elektronik
d. Penguasa elektron
e. spektrometer massa

25. Waktu untuk menemukan objek pada tempatnya dengan memancarkan sebuah gelombang ultrasonik adalah 0,8 detik, dan jika kecepatan akan terdapat perambatan suara di udara 340 m / s, sebagai objek dari kelelawar disebut.

a. 1.360 m
b. 13,60 m
c. 1.360 m
d. 136,0 m
e. 0,1360 m

26. Jumlah angka yang penting 26.275 kg, dengan 23,4 kg adalah.

a. 49.675 kg
b. 49,68 kg
c. 49,67 kg
d. 49,6 kg
e. 49,7 kg

Baca Juga: Contoh Soal Himpunan Dan Penyelesaiannya

27. Ketebalan dapat diukur dengan 0,00304 m, dalam jumlah angka yang dihasilkan dari pengukuran adalah.

a. 3
b. 4
c. 5
d. 6
e. 7

28. Di antara ukuran nya yang bukan ukuran vektor disebut.

a. kecepatan
b. massa
c. gaya
d. sebuah perubahan
e. akselerasi

29. Dua vektor yang masing-masing memiliki ukuran 6 unit dan 8 unit, sebagai sudut yang terdapat pada dua vektor 900. dan vektor yang dihasilkan adalah.

a. 14 unit
b. 16 unit
c. 10 unit
d. 20 unit
e. 24 unit

30. Vektor A memiliki 6 unit dan Vektor B memiliki 5 unit maka jika sudut akan dibentuk dengan perbedaan antara dua vektor disebut sebagai.

a. 45 unit
b. 41 unit
c. 30 unit
d. 21 unit
e. 11 unit

Baiklah sobat mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan ulasan tentang soal Olimpiade Ipa SMA ( sekolah menegah atas ), Semoga apa yang sudah kami sampaikan di atas, dapat mudah di pahami, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Soal Olimpiade Ipa SMP