Soal Olimpiade Biologi Smp

Posted on

Hallo sobat kesempatan kali ini rumus.co.id akan memberikan pembahasn artikel tentang Soal Olimpiade Biologi Smp – tingkat nasional atau tingkat provinsi & pembahasannya, tahun angkatan 2020/2021 untuk sekolah menengah pertama.

Soal Biologi Smp – Ini adalah bahan dasar untuk melaksanakan tahap ujian nasional berdasarkan kegiatan dalam kompetisi nasional dan internasional, sehingga kompetisi sains nasional (KSN) dilakukan di tingkat nasional dengan pengembangan teknologi dari bidangnya.

Ini juga dapat memaksimalkan potensi dan bakat untuk mengembangkan nama baik Indonesia dengan ikut serta dalam kompetisi Olimpiade berdasarkan kualitas siswa untuk mencapai kualifikasi yang lebih baik.

Langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Latihan Soal Olimpiade Biologi Smp

Soal-Olimpiade-Biologi-Smp
rumus-soal-10

Baca Juga: Soal Olimpiade Fisika Sma

Contoh soal Olimpiade Biologi Smp

1. Cabang biologi yang meneliti sel disebut.

A. Sitologi
B. Histologi
C. Fisiologi
D. Anatomi

2. Proses berikut dilakukan oleh semua makhluk hidup kecuali.

A. Bernafas
B. Reproduksi
C. Eliminasi
D. Fotosintesis

3. Mamalia berikut berkembang biak dengan jelas, kecuali.

A. Dolphin
B. Paus
C. Kangaroo
D. platypus

4. Jika spesies yang hidup tidak dapat bereproduksi.

A. Adaptasi
B. mutasi
C. Kepunahan
D. Migrasi

5. Organisme berikut mereproduksi ovivar, kecuali .

A. Carp
B. Ikan muja
C. Lumba-lumba
D. ayam

6. Pada usia 13, seorang wanita mengalami menstruasi pertamanya (menarse).

Munculnya Menarse adalah karakteristik.

A. Tumbuh
B. ras
C. Pengembangan
D. Eliminasi

Baca Juga: Soal Olimpiade Fisika Smp

7. Fotosintesis terjadi di dalam.

A. Klorofil
B. Chromoplast
C. Amyloplast
D. kloroplas

8. Jaringan yang menghubungkan otot dan tulang disebut.

A. Fascia
B. Pita b
C. tendon
D. subcutis

9. Jaringan yang berfungsi sebagai sistem transportasi pada manusia adalah.

A. epitel
B. darah
C. Otot
D. Saraf

10. Apa yang tidak mengandung sistem ekskresi.

A. hati
B. ginjal
C. kulit
D. paru-paru

11. Secara rotasi, lumut dikenal:

  • Protonem
  • Spora
  • Lumut
  • Sporogonium

Urutan Moosmetagenese yang benar adalah.

A. 2 – 1 – 4 – 3
B. 2 – 3 – 4 – 1
C. 3 – 1 – 2 – 4
D. 2 – 1 – 3 – 4

Baca Juga: Soal Olimpiade Fisika Sd

12. Di alam, organisme yang berada di tingkat teratas dalam jaring makanan termasuk.

A. Adler
B. Hiu
C. orang
D. ular

13. Kita harus melindungi alam dengan mencegah kerusakan lingkungan, karena kerusakan lingkungan menyebabkan.

A. Banjir
B. Hilangnya sumber energi primer
C. Kerusakan pada lanskap alami
D. Kerusakan pada rantai makanan

14. Hutan harus dilestarikan karena.

A. Banyak energi matahari ditangkap di hutan
B. Ada banyak tanaman di hutan, manfaatnya tidak diketahui
C. Hutan adalah sumber utama oksigen di Bumi
D. Semua orang bergantung pada hutan untuk sumber energi mereka

15. Salah satu rantai makanan dalam yang dibentuk pada makluk hidup di laut adalah.

A. Fitoplan – ikan – cumi
B. Fitoplan – ikan – cumi – penyu
C. Zooplankton – ikan – kura-kura
D. Zooplankton – Ikan – Kepiting

16. Pada gambar di atas, yang bertindak sebagai detrivor, adalah.

A. Squid
B. Ikan
C. Kepiting
D. Penyu

17. Dalam ilustrasi di atas, beberapa bertindak sebagai herbivora, detritivor dan predator, dan lainnya.

A. Ada dua herbivora, ikan kecil dan kura-kura
B. Ada tiga herbivora, yaitu ikan, plankton dan cumi-cumi
C. Hiu adalah satu-satunya predator
D. Kura-kura adalah omnivora

Baca Juga: Soal Olimpiade Ips Sd

18. Apa hubungan predator adalah.

A. Kadal monitor – babi hutan
B. Babi hutan
C. Bobcat – kadal monitor
D. tikus ular

19. Apa yang memiliki hubungan buruk dengan suatu pihak adalah.

A. Rumput banteng
B. kerbau babi hutan
C. Monyet Jerami
D. rumput ular

20. Saat menanam tanaman, batang akan dikupas dalam lingkaran yang mengelilingi batang, pada bagian tanaman supaya tidak layu karena.

A. Batang menggunakan suplai makanannya
B. Daun mendapatkan nutrisi yang terbungkus dari tanah
C. Daunnya masih memiliki cadangan makanan
D. Kapal yang membawa nutrisi dari akar tidak terputus

21. Nutrisi pada tanah diserap oleh akar tanaman atau dapat mencapai daun karena.

A. 1, 2 dan 4
B. 1, 2, 4 dan 6
C. 1, 2, 4 dan 7
D. 1, 2, 5 dan 7

22. Seperti organisme pada tanaman harus bernafas, pada pernapasan berlangsung melalui.

A. hanya bekerja
B. daun, batang dan akar
C. Daun dan batang
D. Daun, batang dan akar rambut

23. Perbedaan yang mendasar dalam percobaan yang dilakukan oleh F. Redi atau L. Spallanzani terletak pada.

A. Bahan yang digunakan
B. alat yang digunakan
C. Alur kerja
D. kesimpulan yang ditarik

24. Proses yang dapat mengubah bentuk energi kimia dari berbagai kegiatan pada karakteristik makhluk hidup disebut.

A. Nutrisi
B. Bernafas
C. Asimilasi
D. Transportasi

Baca Juga: Soal Olimpiade Ips Sma

25. Karakteristik pada makhluk hidup dengan eliminasi, yang berarti.

A. Pengaturan proses dalam tubuh
B. pembentukan energi oleh oksidasi zat
C. Produksi Komponen Protoplasma Sel
D. Keluarkan sisa metabolisme dan di dalam tubuh

26. Yang membedakan tanaman mangga sebagai makhluk hidup dari batu sebagai benda mati adalah.

A. mereproduksi
B. bergerak
C. memiliki struktur yang rumit
D. Membutuhkan energi

27. Lima contoh tanaman milik kelompok Kormofita adalah:

  • kelapa (Cococ nucfera)
  • nanas (Ananas sativus)
  • Pisang (Musa paradisiaca)
  • Jahe (Zin giber offcinale)
  • Rumput puzzle (Cyperus rotundus)

Kesamaan tanda sifat 5 tanaman yang disebutkan di atas adalah.

A. Akar dan batang dicampur
B. bundel kapal yang tersebar di batang
C. Daunnya kaku
D. tidak memiliki minat

Baca Juga: Soal Olimpiade PAI SMA

28. Urutan berikut termasuk siklus hidup lumut.

A. Lurnut – Garnet – Zygote – tanaman Thallus
B. Moose – Zygote – Thallus – Garnet
C. talus – sel garnet – zygotes – lumut
D. talus – zygote – sel garnet – lumut

29. Tanaman tebu diberi nama ilmiah Saccharum officinarum, sedangkan tanaman yang dapat digunakan kembali diberi nama ilmiah Saccharum spontaneum, yang miliki.

A. Genera berbeda, tipe berbeda
B. genus, tipe yang sama
C. genera yang berbeda, spesies yang sama
D. Genus Sarna, spesies Herbeda

30. Kategori taksonomi hierarki makhluk hidup dan tingkat tinggi ke rendah adalah

A. Jenis, klan, bangsa, kelas, suku, divisi
B. Jenis, klan, suku, bangsa, kelas, divisi
C. Jenis, klan, bangsa, suku, kelas, divisi
D. Jenis, klan, bangsa, kelas, suku, divisi

Demikian yang dapat kami ulas mengenai soal olimpiade biologi unutk tingkat smp, semoga apa yang sudah kami ulas di atas dapat mudah di pahami, dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Soal Olimpiade Ips Smp