Sistem Tata Surya

Posted on

Sistem Tata Surya – Nah sobat ketemu lagi dengan kami di Rumus.co.id dimana kali nini kami akan membahas ilmu Giografi yaitu tata surya, karena hal ini merupakan cahaya yang terdapat pada planet di angkasa dan berbagai jenis benda yang terdapat pada tata surya.

Matahari yang terdapat pada tata surya di seluruh alam ini dan yang termasuk dalam angkasa yang mengelilingi matahari hal tersebut tersebut terdiri atas beberapa lapisan di dalamnya

Nah supaya lebih mudah kita mengetahui tentang tata surya dan informasi yang terdapat simaklah penjelasan di bawah ini .

Pengertian Tata Surya

Sistem-Tata-Surya

Tata surya mwerupakan bagian yang terdapat pada alam semesta yang memiliki bentuk yang sangat luas, sehingga membetuk galaksi yang terletak pada luar angkasa. Hal yang demikian memiliki bintang atau dengan kata lain adalah sebagai (solar system) di langit dan membentuk bagian gambar bima pada permukaan Bumi.

Sistem tata surya memiliki susunan satelit dan menjadi beberapa bagian yaitu :

  • Matahari
  • Planet luar
  • Planet dalam
  • Sabuk asteroid
  • Sabuk Kuiper

Baca Juga : Pengertian Atom

Sistem Tata Surya

Sistem Tata Surya
Sistem Tata Surya

Sistem tata surya menurut dari beberapa ilmuan astronomi merupakan salah satu sistem yang ada di alam semesta dan banyak mengandung karakter yang berbeda.

Dengan Demikian juga dapat dikatakan ssebagai benda-benda terdapat di langit yang membentuk secara teratur dari semua objek yang ada dilangit dengan gaya gravitasi matahari.

Salah satu sistem tata surya ini sebenarnya mengacu dalam ilmu Astronomi atau objek yang ada di langit dari sumber kehidupan dan sinar cahaya matahri sehingga menghasilkan sumber energi disebut dengan solar system.

Susunan Tata Surya

Menurut dari beberapa penelitian dari para ahli adanya benda langit yang dengan matahari hal tersebut mengakibatkan tonjolan pada planet terjadinya efek gravitasi yang memanjang pada matahari.

Kemudian membentuk banyak materi yang disebut dengan planestisimal dan memiliki ukuran yang besar disebut sebagai protoplanet, sehingga berjalan pada orbit dan sewaktu-waktu dapat bertabrakan.

Secara umum yang di pelajari dari beberapa para ahli hal ini memiliki susunan fokus kepada satu titik terbesar dan terpanas yang pusatnya adalah matahari.

Susunan pusat yang yang terdapat adalah sebagai berikut :

  1. Matahari
  2. Planet
  3. Asteroid
  4. Satelit
  5. Komet
  6. Meteorid
  7. Meteor
  8. Meteorit

Baca Juga : Metabolisme

Planet Yang Terdapat Di Tata Surya

Secara definisi planet yang terdapat di astronomi ini adalah matahari yang mengikuti orbitnya sendiri sehingga tata surya pada benda-benda angkasa, termasuk sebagai lintasan atau jalur planet dari sebuah revolusi pada gerakan yang melakukan putaran matahari.

Selain itu juga mendapatkan gerakan Rotasi sehingga dapat melakukan perputaran di sumbu pada porosnya untuk menjalani satu putaran yang penuh.

Inilah daftar revolusi planet-planet yang terdapat di tata surya :

Planet Merkurius

Planet Merkurius
Planet Merkurius

Planet Merkurius adalah salah satu bentuk planet yang terdekat pada matahari dan memilii jarak sekitar 70 juta kilometer dari matahari sehingga planet ini tidak dapat di lihat dengan kasat mata.

Merkurius memiliki suhu 427° C yang terdapat pada siang hari dan suhu 184° C di malam harinya. Sehngga putaran membutuhkan waktu 88 dalam 1harinya dengan rotasi 50 hari dalam melakukan gravitasi pada permukaan bumi.

Planet Venus

Planet Venus
Planet Venus

Planet venus adalah salah satu bentuk planet yang kedua terdekat dengan matahari membentuk sistem jarak sekitar 107 juta kilometer sehingga permukaan planet ini dikelilingi oleh awan tebal yang akan sulit untuk dilihat.

Venus memiliki ukuran suhu sekitar 480 oC diameter nya, dan hampir berselisih sekitar 600 km yang lenih kecil dari permukaan bumi dan memiliki rotasi 243 hari. Merkurius biasa bisa dilihat ketika pada waktu pagi dan waktu senja saja.

Planet Bumi

Planet Bumi
Planet Bumi

Planet Bumi adalah planet yang memiliki ukuran terbesar sehingga bumi dapat dikatakan sebagai atmosfer yang melindungi pada lapisan matahari yang merupakan satu-satunya planet memiliki anggota tata surya kehidupan pada bumi .

Planet Mars

Planet Mars
Planet Mars

Planet mars merupakan salah satu bentuk planet yang kedua dari matahari sehingga memiliki ukuran yang lebih kecil dari permukaan bumi dengan diameternya sekitar 7.800 km dan jarak sekitar 428 juta km dengan putaran mencapai 687 hari .

Mars permukaan belahan batu tua yang situasinya stabil pada belahan putaranya dan membentuk sistem tata surya, sehingga planet mars hampir sama dengan bumi akan terus melakukan perputaran untuk hidup.

Planet Yupiter

Planet Yupiter
Planet Yupiter

Jupiter adalah salah satu bentuk planet dalam anggota tata surya sehingga diantara planet yang memiliki garis tengah dalam permukaannya sekitar 242.860 km dan volume nya sekitar 1.300 dari volume bumi.

Jupiter ini juga terdapat lapisan atmosfer dari hidrogen dan helium kristal memiliki 17 satelit di antara nya adalah Io, Eropa, Ganymeda, dan C.

Planet Saturnus

Planet Saturnus
Planet Saturnus

Saturnus adalah salah satu bentuk planet yang merupakam planet yang tercantik dibandingkan dari planet lainnya sehingga saturnus memiliki cincin planet lebih besar dibandingkan planet yang lainnya.

Saturnus ini juga diameter dengan ukuran 220.000 km yang terbesar kedua setelah planet jupiter yang banyakmengandung banyak gas hidrogen .

Planet Uranus

Planet Uranus
Planet Uranus

Uranus adalah salah satu bentuk planet yang sangat berbeda dengan planet lainnya dari matahari dan berotasi pada sumbu pada edarnya yang mengelilingi matahari sehingga mengakibatkan bergeser ke sisinya.

Uranus ini juga memiliki jarak dari matahari mencapai 2.870 juta km dan mempunyai diameter mencapai 50.100 km sehingga memiliki waktu rotasi selama 12 jam dalam revolusi selama 84 tahun.

Planet Neptunus

Planet Neptunus
Planet Neptunus

Neptunus adalah salah satu bentuk planet yang memiliki angin sehingga disebut dengan planet yang paling berangin, Planet ini memiliki ukuran jarak yaitu sebesar 4-500 jt km dan revolusi pada planet selama 165 tahun.

Terbentuknya Tata Surya

Dari beberapa penjelasan di atas apa itu sistem tata surya Maka di sini terdapat juga mengenai terbentuknya tata surya menurut para ahli adalah.

  • Asteroid

Asteroid merupakan bentuk benda astronomi pada pecahan kecil dan beredar pada lintasan, sehingga terletak pada orbit planet Mars dan Yupiter. Yang di lakukan dari luar angkasa sehingga pembentukan tata surya melalui proses dengan gaya gravitasi.

Contohnya :

Di masa tahun 1801 seorang ilmuwan dari italia telah melakukan penelitian asteroid untuk pertama kalinya hal ini adalah Guiseppa Piazzi atau asteroid yang diteliti diberi nama ceres.

Sejarah Sistem Tata Surya

Seperti yang telah kami jelaskan di atas maka telah terdapat beberapa hasil dari penelitian dan dapat pula dikategorikan sebagai sejarah yang mampu di di jadikan inti atau fokus dari tata surya. sehingga menghasilkan beberapa sejarah sistem tata surya.

Berikut beberapa pendapat tentang sejarah Tata Surya diantara nya sebagai berikut :

A. Teori Nebula

Teori Nebula merupakan bentuk sejarah sebuah hipotesis mengenai asal sejarah yang pertama kali disampaikan oleh para ahli (1582-1774) dan disempurna kan pada tahun (1786-1872).

Teori Nebula ini menjelaskan tentang tahapan awal tata surya yang masih tersusun dalam kandungan hidrogen yang tinggi pada bumi.

B. Teori Pasang Surut atau Tidal

Teori Pasang Surut atau Tidal merupakan bentuk sejarah dari ratusan juta tahun lalu memiliki bintang yang bergerak dan mendekati matahari yang hilang. Sehingga membentuk lapisan planet-planet seperti pasang surut air laut yang ada pada gaya gravitasi bulan.

C. Teori Planetesimal

Teori Planetesimal merupakan bentuk sejarah yang sama dengan teori pasang surut, hal ini merupakan bentuk gas atau planet yang berada di orbit nya pada matahari. Sehingga terjadi pada massa matahari jatuh ke permukaan bumi dan sekitarnya.

Demikian yang dapat kami sampaikan dalam artikel kami kali ini tentang tata surya disertai penjelasan yang ada di dalamnya.

Semoga artikel inidapat bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi belajar kita semua. Terima kasih

Baca Juga : Piramida Makanan