Sistem Sosial

Posted on

Sistem Sosial – Social System merupakan elemen-elemen sosial yang saling terkait satu sama lain. Dimana unsur-unsur tersebut terdiri dari berbagai macam tindakan sosial yang dilakukan oleh para individu yang saling berinteraksi sehingga membentuk kesatuan sosial.

Sistem Sosial

Dalam Social System, setidaknya harus terdapat dua orang atau lebih yang saling melakukan kegiatan interaksi, adanya tujuan bersama, adanya struktur serta simbol yang mendasarinya.

Seluruh hubungan sosial membentuk struktur sosial dalam kelompok dan komunitas, yang pada akhirnya akan membentuk gaya masyarakat itu sendiri, yang terpisah dan disebut sebagai sistem.

Social System sebagai konsep telah memasuki dunia sosiologi modern dari pertengahan abad 20 M. Sebelumnya, para pakar sosiologi jarang sekali memakai istilah “sistem” guna menggambarkan mekanisme yang terjadi di dunia sosial.

Karena, sebagian besar waktu, mereka lebih sering menggunakan istilah organisasi sosial guna melihat mekanisme sosial yang sangat terorganisir.

Definisi Social System Menurut Para Ahli

Selain penjelasan yang ada diatas, terdapat juga beberapa para ahli yang juga mengungkapkan definisi dari Social System, diantaranya adalah :

1. Johnson (1986)

Social System hanyalah salah satu dari sistem yang terkandung dalam realitas sosial. Social System merupakan bentuk dari tindakan sosial individu.

2. Nasikun (1993) 

Social System merupakan sebuah sistem tindakan yang dibentuk oleh interaksi sosial yang terjadi antara individu yang berbeda dan tidak tumbuh serta berkembang secara tidak sengaja.

Namun, tumbuh serta berkembang di luar standar umum evaluasi masyarakat. Social System itu sendiri merupakan sistem komunitas itu sendiri.

3. Abdulsyani (1994)

Social System merupakan sebuah konsep yang digunakan sangat sering untuk menggambarkan serta mempelajari hubungan manusia yang terjadi dalam kelompok maupun organisasi.

Dalam hal ini, orang yang berperan sebagai anggota masyarakat yaitu mereka yang saling bergantung satu sama lain. Interaksi antara individu yang meningkat sesuai dengan standar evaluasi dan keputusan bersama berdasarkan norma sosial yaitu dasar untuk pembentukan sistem sosial.

Ciri – Ciri Social System

Terdapat beberapa karakteristik dari Sistem Sosial yang perlu kalian keathui, diantaranya adalah :

  • Setidaknya terdapat dua orang untuk melakukan Social System.
  • Berinteraksi dan bergaul dalam kurun waktu yang cukup lama, sebab interaksi manusia akan menimbulkan individu-individu yang baru.
  • Menyadari kalau mereka adalah satu-kesatuan.
  • Manusia adalah sistem kehidupan bersama, sebab sistem tersebut dapat menghasilkan kebudayaan yang baru.

Baca Juga :
Penyimpangan Sosial
Konflik Sosial
Integrasi Sosial

Fungsi Sistem Sosial

Talcott Parsons adalah salah satu pakar ahli sosiologi yang sudah menyatakan paradigma 4 fungsi dari Social System, yaitu diantaranya adalah :

1. Adaptasi

Kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan sistem sosial sangat penting dilakukan. Sehingga, tidak ada keraguan bahwa Social System merupakan hasil dari lingkungan geografis dan juga proses sejarah yang berlangsung sangat panjang.

Namun, ini seharusnya tidak membuatnya kaku dan juga tidak elastis. Anda membutuhkan fenomena yang fleksibel dan fungsional.

2. Pencapaian Tujuan

Pencapaian tujuan serta kemampuan untuk beradaptasi sangat berhubungan erat satu sama lain. Keduanya saling berkontribusi terhadap penjagaan tatanan sosial. Setiap Social System umumnya mempunyai satu atau lebih tujuan yang hendak dicapai melalui upaya bersama.

Beradaptasi dengan lingkungan sosial dan juga non-sosial jelas diperlukan jika tujuan bersama ingin dicapai. Selain itu, SDM dan non-manusia harus dimobilisasi secara efektif berdasarkan dengan sifat spesifik dari kegiatan tersebut.

3. Integrasi

Pada dasarnya, Social System merupakan berbagai macam bentuk dari integrasi sosial. Dalam kebiasaan kehidupan publik, itu bukan komunitas, akan tetapi berupa kelompok ataupun subkelompok di mana orang-orang merasa lebih terlibat dan juga tertarik.

Masyarakat secara keseluruhan tidak masuk sebagai perhitungan seseorang. Namun, seperti ditunjukkan Durkheim, kita tahu bahwa individu adalah produk dari masyarakat. Emosi, perasaan, dan kekuatan historis begitu kuat sehingga Anda tidak dapat melarikan diri dari tempat Anda.

4. Pemeliharaan Pola Laten

Pemeliharaan model dan juga manajemen ketegangan merupakan fungsi utama dari Social System. Tanpa adanya upaya yang sangat memadai dalam hal ini, pemeliharaan dan kontinuitas tatanan sosial tidak akan terjadi.

Bahkan di setiap Social System terdapat mekanisme yang didirikan untuk tujuan ini. Setiap individu dan juga sub kelompok akan belajar pola dalam internalisasi norma dan juga nilai, sehingga sikap seseorang sesuai dengan norma serta institusi dan juga jalur sosialisasi.

F.A.Q

Apa itu Social System?

Social System merupakan elemen-elemen sosial yang saling terkait satu sama lain. Dimana unsur-unsur tersebut terdiri dari berbagai macam tindakan sosial yang dilakukan oleh para individu yang saling berinteraksi sehingga membentuk kesatuan sosial.

Unsur-unsur dari Social System yaitu?

Secara umum, terdapat beberapa unsur yang mendasari Social System yaitu Keyakinan, Perasaan, Cita-Cita, Tujuan, Norma, Kedudukan, Kekuasaan, Pangkat, Sanksi, Sarana dan juga Ketegangan.

Proses dari Sistem Sosial yaitu?

1. Komunikasi
2. Memelihara tapal batas
3. Penjalinan sistem
4. Sosialisasi
5. Pengawasan
6. Perlembagaan
7. Perubahan

Demikian ulasan singkat dalam artikel yang ada diatas, semoga bisa menjadi wawasan tambahan untuk kita semua.