Sistem Reproduksi Wanita

Posted on

Sistem Reproduksi Wanita dan Organ-Organnya – Di dalam tubuh manusia terdiri dari berbagai macam sistem organ yang mempunyai peran dan fungsinya masing-masing.

Sistem Reproduksi Wanita

Salah satu sistem organ yang memiliki peran sangat penting di dalam tubuh manusia yaitu sistem reproduksi. Sistem ini mempunyai peran yang sangat penting agar manusia dapat menghasilkan keturunannya.

Tidak seperti sistem-sistem yang lainnya, sistem reproduksi antara wanita dan juga pria tentu jauh berbeda. Nah, kali ini kita hanya akan membahas secara rinci mengenai sistem reproduksi wanita beserta organ dan fungsinya.

Difinisi Sistem Reproduksi Wanita

Sistem reproduksi wanita adalah salah satu sistem di dalam tubuh manusia yang terdiri dari serangkaian organ yang ikut terlibat dalam proses perkembangbiakan atau reproduksi, dalam hal ini adalah untuk merancang proses kehamilan hingga melahirkan.

Setiap organ yang terdapat didalam sistem reproduksi wanita sudah dirancang dengan fungsi dan perannya masing-masing. Organ-organ tersebut sudah dimiliki oleh setiap makhluk hidup sejak lahir. Namun, kemampuan untuk bereproduksi baru dimulai setelah pubertas.

Struktur dan juga organ dari sistem reproduksi wanita memiliki peran yang sangat penting dalam proses perkembangbiakan, mulai dari siklus menstruasi, pembuahan (saat sel telur dibuahi oleh sperma), kehamilan hingga ke persalinan.

Organ – Organ Women’s Reproductive System

Sistem Reproduksi Wanita

Jika dilihat dari letaknya, maka organ dari Women’s Reproductive System dapat dibedakan menjadi dua, yaitu alat yang ada di dalam tubuh dan alat yang ada di luar tubuh.

Berikut ini penjelasan dari kedua bagian organ Women’s Reproductive System, yaitu :

1. Organ Women’s Reproductive System Di Dalam Tubuh

Organ – organ dari Sistem Reproduksi Wanita yang ada di bagian dalam tubuh yaitu terdapat di dalam rongga panggul atau pelvis. Organ-organ tersebut meliputi :

  1. Vagina, merupakan salah satu organ yang berada di belakang kandung kemih, umumnya vagina berfungsi sebagai jalan utama utuk masuknya sperma menuju ke tuba fallopi, sebagai jalan untuk keluarnya darah menstruasi, hingga sebagai jalan lahirnya bayi.
  2. Serviks, merupakan organ dalam dari Women’s Reproductive System yang berbentuk seperti dinding sempit namun fleksibel dan dapat melebar pada saat proses persalinan.
  3. Uterus, merupakan sebuah rongga yang tersusun atas lapisan otot yang bersifat elastis sehingga dapat membesar. Uterus memiliki fungsi sebagai tempat untuk tumbuh kembangnya janin selama proses kehamilan.
  4. Tuba fallopi, merupakan sebuah saluran yang terbentang dari ujung kanan hingga ujung kiri yang memiliki fungsi seperti : Sebagai jalan ovum untuk menuju rahim, sebagai tempat pembuahan, sebagai tempat dari hasil pembuahan sebelum dipindahkan ke rahim.
  5. Ovarium (Indung Telur), merupakan sebuah jaringan kecil berbentuk oval yang berada di dekat rahim. Umumnya, indung telur berfungsi sebagai tempat penghasil sel telur dan juga hormon seks wanita. Ovarium kiri dan juga kanan akan memproduksi sel telur secara bergantian setiap 28 hari, hal inilah yang menyebabkan adanya siklus menstruasi.

Baca Juga :
Sistem Pencernaan Pada Manusia
Sistem Hormon – Pengertian, Fungsi, Peran, Dan Cara Kerja
Anatomi Tubuh Manusia : Fungsi Sistem Organ Tubuh Manusia (+Gambar)

2. Organ Women’s Reproductive System Di Luar Tubuh

Organ yang terdapat didalam Sistem Reproduksi Wanita bagian luar terletak di sebuah daerah yang bernama vulva, yang mana letaknya berada di luar vagina. Organ-organ tersebut meliputi :

  • Labia, merupakan salah satu organ yang terdiri atas 2 pasang lipatan yang letaknya berada di kedua sisi pintu vagina. Kedua pasang lipatan tersebut bernama Labia Mayora dan Labia Minora.
  • Mons Pubis, merupakan sebuah tonjolan lemak yang letaknya berada di atas labia dan ditutupi dengan rambut apabila sudah menginjak masa pubertas. Umumnya, dalam jaringan ini terdapat sebuah kelenjar yang berfungsi menghasilkan zat feromon, yang digunakan untuk menambah daya tarik seksual.
  • Lubang Vagina, merupakan salah satu organ di dalam Sistem Reproduksi Wanita yang mana fungsinya sebagai pintu masuk untuk menuju ke dalam vagina.
  • Klitoris, merupakan organ reproduksi wanita bagian luar yang berbentuk seperti gumpalan kecil yang mana letaknya ada di bagian atas labia minora. Organ ini termasuk kedalam bagian yang paling sensitif saat melakukan hubungan seksual.
  • Lubang uretra, merupakan salah satu organ didalam Women’s Reproductive System yang berfungsi sebagai tempat keluarnya urine dari kandung kemih.
  • Kelenjar Vestibular, merupakan salah satu organ yang letaknya berada di kedua sisi dari bukaan vagina dan umumnya berfungsi untuk mengeluarkan lendir kental guna melumasi vagina pada saat melakukan hubungan seksual.
  • Hymen, adalah selaput tipis yang letaknya menutupi vagina. Darah haid biasanya akan dikeluarkan melalui selaput dara, karena selaput ini mempunyai lubang yang ukurannya sedikit lebih besar.

Cara Kerja Dari Sistem Reproduksi Wanita

Berbagai aktivitas yang terjadi di dalam sistem reproduksi wanita akan dikontrol oleh hormon yang kemudian dilepaskan oleh otak ataupun ovarium. Penggabungan dari hormon-hormon inilah yang selanjutnya akan dijadikan sebagai awal dari siklus menstruasi pada wanita.

Lamanya siklus menstruasi yang terjadi pada wanita umumnya berkisar 24 sampai 35 hari. Dalam rentang waktu tersebut, sel telur akan terbentuk dan dimatangkan. Pada saat yang sama, kemudian dinding rahim bersiap untuk menerima sel telur yang telah dibuahi.

Jika selama siklus ini tidak terjadi pembuahan, maka dinding rahim yang siap untuk proses kehamilan akan luruh dan dikeluarkan dari tubuh. Proses ini yang disebut sebagai menstruasi.

Darah menstruasi merupakan hasil luruhan dari lapisan dinding rahim yang tidak mendapatkan sel telur yang sudah dibuahi. Hari pertama dari siklus menstruasi sama dengan hari pertama dari siklus reproduksi.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Labia Mayora dan Labia Minora di dalam organ Labia?

Labia Mayora adalah sebuah pintu gerbang yang bertugas untuk melindungi organ lainnya dari sistem reproduksi pada wanita bagian luar. Sedangkan, Labia Minora merupakan salah satu organ yang letaknya berada di sebelah labia mayora, dan umumnya mengelilingi dari pembukaan vagina dan juga uretra.

Contoh Penyakit yang Dapat Mengganggu Sistem Reproduksi Pada Wanita adalah?

1. Endometriosis, adalah suatu kondisi yang terjadi ketika jaringan yang seharusnya bertugas untuk melapisi dinding rahim justru tumbuh di luar rahim.
2. Miom, merupakan suatu kondisi dari terjadinya pertumbuhan jaringan nonkanker di dalam rahim dan umumnya dapat mengakibatkan infertilitas atau keguguran.
3. Radang Panggul, merupakan salah satu kondisi yang terjadi saat saluran reproduksi yang terdapat di bagian atas mengalami peradangan yang disebabkan karena adanya infeksi bakteri dari vagina. 

Bagaimana cara merawat organ dari Sistem Reproduksi Wanita?

Untuk merawat organ yang terdapat didalam sistem reproduksi wanita dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan terus menjaga kebersihan dari Sistem Reproduksi bagian luar. Dengan cara ini maka dapat mencegah berbagai virus memasuki sistem reproduksi internal.

Nah, itulah informasi yang bisa Rumus.co.id berikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.

Related posts: