Sistem Pernapasan Pada Manusia

Posted on
Sistem Pernapasan Pada Manusia

Sistem Pernapasan Pada Manusia – Seperti yang kita ketahui, bernafas adalah salah satu kegiatan yang pasti dilakukan oleh makhluk hidup yang masih didalam kondisi hidup atau bernyawa.

Kegiatan ini sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk memperoleh oksigen demi keberlangsungan hidupnya. Perlu kalian ketahui, tidak hanya manusia dan hewan saja yang bisa bernafas.

Melainkan, tumbuhan juga membutuhkan oksigen dan melakukan kegiatan bernafas untuk membantu melakukan aktivitas fotosintesisnya. Namun, mengapa tumbuhan membutuhkan fotosintesisi? Karena, agar tumbuhan tersebut bisa tumbuh semakin tinggi dan juga besar.

Definisi Pernapasan

Pernapasan adalah sebuah aktivitas pertukaran gas yang terjadi antara makhluk hidup (organisme) dengan lingkungannya melalui suatu proses, dimana kita menghirup oksigen dari udara dan mengeluarkan karbon dioksida serta uap air.

Definisi Sistem Pernapasan Manusia

Sistem Pernapasan dapat juga dikatakan sebagai sistem respirasi adalah sistem organ yang digunakan untuk melakukan proses pertukaran gas yang terjadi didalam tubuh dari suatu makhluk hidup.

Didalam suatu proses pernapasan, oksigen dapat dikatakan sebagai salah satu Zat utama yang dibutuhkan oleh tubuh setiap makhluk hidup demi keberlangsungan hidupnya.

Sebuah oksigen yang digunakan oleh makhluk hidup untuk bernapas dapat diperoleh dari udara yang ada dilingkungan sekitarnya. Sistem pernapasan yang ada dialam tubuh manusia meliputi dua proses, yaitu diantaranya adalah :

1. Pernapasan Eksternal

Pernapasan Eksternal adalah salah satu proses pernapasan, dimana proses pertukaran Oksigen (O2)dan karbon dioksida (CO2) ini terjadi antara udara yang ada didalam gelembung paru-paru dengan darah yang ada didalam kapiler.

2. Pernapasan Internal

Pernapasan Internal adalah salah satu proses pernapasan, dimana proses dari pertukaran Oksigen (O2) dan Karbon Dioksida (CO2) ini terjadi antara darah yang ada didalam kapiler dengan sel-sel jaringan yang ada didalam tubuh.

Baca Juga : Sistem Peredaran Darah Manusia

Organ Sistem Pernapasan Pada Manusia

Secara umum, Sitem Pernapasan yang ada didalam tubuh manusia dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu Sistem Pernapasan Atas dan Sistem Pernapasan Bawah. Berikut ini penjelasan dari kedua macam sistem tersebut, yaitu :

1. Sistem Pernapasan Bagian Atas

Sistem pernafasan manusia yang terdapat dibagian atas tepatnya berada di luar rongga dada, yaitu terdiri dari :

  1. Hidung
    Didalam rongga hidung terdapat selaput lendir yang sedikit lengket dan bulu silia yang melapisi rongga hidung. Fungsi selaput lendir dan bulu silia ini untuk menjebak partikel debu atau kotoran yang masuk ke hidung pada saat manusia menghirup oksigen.
  2. Sinus
    Sinus merupakan sebuah rongga yang didalamnya berisi udara, dan dan terletak di dalam tengkorak, lebih tepatnya terhubung dengan hidung.
  3. Laring
    Laring merupakan salah satu organ yang memiliki fungsi ganda, yaitu didalam hal pernapasan dan juga didalam hal berbicara.
  4. Faring
    Faring merupakan salah satu organ yang dilewati oleh makanan dan juga minuman ketika manusia sedang didalam proses menuju saluran pencernaan. Selain itu, faring juga sangat berperan aktif didalam kemampuan berbicara.

2. Sistem Pernapasan Bagian Bawah

Sistem pernafasan manusia yang terdapat dibagian bawah tepatnya berada di dalam rongga dada, yaitu terdiri dari :

  1. Trakea
    Trakea merupakan saluran pernapasan yang paling utama menuju ke paru-paru, tepatnya organ ini terdapat di bawah organ laring.
  2. Bronkus
    Bronkus yaitu sebuah organ yang memiliki cabang dari trakea menuju ke paru-paru. Fungsi dari bronkus ini mengambil udara lalu akan diteruskan ke bagian paru-paru.
  3. Paru-paru
    Paru-paru bertugas untuk menampung udara dan menyediakan oksigen dari seluruh aktivitas yang ada didalam tubuh yang kemudian dialirkan melalui sebuah pembuluh darah, dan menghembuskan karbondioksida ke bagian luar tubuh.
  4. Diafragma
    Diafragma merupakan sebuah otot pernapasan yang paling utama. Organ ini dapat berkontraksi dan juga rileks secara bergantian, hingga hal ini yang membuat udara dapat masuk ke dalam paru-paru.

Macam Macam Pernapasan Manusia

Sejatinya, didalam tubuh manusia terdapat dua macam pernapasan, yaitu diantaranya adalah :

1. Pernapasan Dada

Pernapasan Dada merupakan salah satu jenis pernapasan yang didalamnya melibatkan otot-otot yang terletak diantara tulang rusuk. proses mekanisme pernapasannya sendiri terbagi menjadi dua yaitu diantaranya adalah :

  • Mekanisme Inspirasi, yaitu mekanisme yang diawali dengan terjadinya kontraksi otot yang terletak antar tulang rusuk sehingga rongga dada terangkat.
  • Mekanisme Ekspirasi, yaitu fase ditariknya kembali otot-otot yang terletak diantara tulang rusuk belakang dan dikuti dengan turunnya tulang rusuk hingga rongga dada mengecil.

Baca Juga : Sistem Ekskresi Pada Manusia

2. Pernapasan Perut

Pernapasan perut merupakan salah satu proses pernapasan yang melibatkan otot diafragma didalam perut. proses mekanisme pernapasannya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu diantaranya adalah :

  • Mekanisme Inspirasi, yaitu mekanisme yang diawali dengan terjadinya kontraksi otot diafragma sehingga rongga dada membesar, hal ini mengakibatkan tekanan pada rongga dada menjadi lebih kecil.
  • Mekanisme Ekspirasi, yaitu fase kembalinya otot-otot diafragma ke posisi semula yang dikuti dengan turunnya tulang rusuk sehingga rongga dada menjadi lebih kecil.

Cara Kerja Sistem Pernapasan Manusia

Sistem Pernapasan Pada  Manusia

Proses kerja dari sistem pernapasan manusia sering disebut sebagai Respirasi. Pernapasan dapat terjadi ketika kita menhirup udara yang ada di lingkungan sekitar melalui hidung dan masuk ke dalam tenggorokan. 

Setelah itu, udara tersebut akan turun melewati sebuah laring dan kemudian akan masuk ke dalam trakea. Di saat yang bersamaan, pada saat kita menarik napas, diafragma dan juga otot-otot yang ada di antara tulang rusuk kita akan menyusut.

Hal ini bertujuan untuk menciptakan ruang kosong di dalam rongga dada agar paru-paru dapat menarik masuk udara yang kita hirup. Setelah udara tersebut masuk dan bergerak hingga ke bagian ujung trakea.

Selanjutnya udara tersebut akan melewati bronkus dan akhirnya masuk ke paru-paru. Di bagian ujung bronkiolus terdapat kantung kecil yang berisis udara yang disebut dengan Alveoli.

Kemudian, karbon dioksida yang ada didalam tubuh akan berdifusi dari darah di Kapiler menuju ke dalam Alveoli. Setelah O2 dan CO2 bertukar posisi di dalam Alveoli.

Hal inilah yang akan memungkinan sebuah karbon dioksida akan bergerak keluar melewati paru-paru yang kemudian akan dihembuskan keluar melalui lobang hidung.

Baca Juga : ALVEOLUS Adalah : Pengertian, Ciri Ciri, Letak, dan Fungsi Alveolus

Apa yang dimaksud dengan Sistem Pernapasan?

Sistem Pernapasan dapat juga dikatakan sebagai sistem respirasi adalah sistem organ yang digunakan untuk melakukan proses pertukaran gas yang terjadi didalam tubuh dari suatu makhluk hidup.

Bagaimana proses Pernapasan itu bisa terjadi?

1. Pertama, ketika kita menghirup udara yang ada disekitar, maka udara tersebut akan masuk ke dalam hidung dan melewati laring yang kemudian akan menuju ke trakea sehingga memenuhi paru-paru.
2. Sesampainya udara tersebut di sel tubuh, maka hemoglobin akan melepaskan oksigen tersebut agar dapat masuk ke dalam sel tubuh dan melakukan sebuah proses respirasi yang sebenarnya.

Bagaimana proses terjadinya pertukaran Oksigen dan Karbondioksida?

Pertukaran oksigen dan karbondioksida ini terjadi di dalam paru-paru atau lebih tepatnya di alveolus yang terjadi secara difusi dan menyebabkan adanya perbedaan tekanan.
Udara yang sudah sampai di dalam alveoli mepunyai tekanan O2 yang lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan CO2 di dalam kapiler-kapiler darah alveoli.

Demikianlah penjelasan dari artikel kali ini mengenai Sistem Pernapasan Pada Manusia. Semoga ulasan kali ini membantu dan menambah wawasan baru untuk kita semua.